Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Berpasir

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Tanah Berpasir“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Tanaman-Yang-Cocok-Untuk-Tanah

Sebagian besar makhluk hidup yang menghuni di planet bumi ini, hidup atas lapisan yang mempunyai nama kerak bumi atau secara umum kita dapat menyebutnya dengan sebutan tanah. Meskipun demikian, masih ada tidak sedikit pula ditemukan makhluk hidup yang bermukim di dalam perairan baik perairan dangkal maupun perairan dalam sekalipun. Salah satu makhluk hidup yang hidup di permukaan bumi yaitu tumbuhan atau tumbuhan.

Seperti yang anda tahu andai tanaman adalahsatu – satunya makhluk hidup yang bisa menghasilkan sumber makanannya sendiri. Hal ini diakibatkan karena tumbuhan mempunyai zat hijau daun yang dinamakan klorofil. Klorofil berikut yang menciptakan tumbuhan dapat mengolah air dan karbondioksida ditambah pertolongan dari sinar matahari, sampai akhirnya menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Berdasarkan habitat atau lokasi tinggalnya, tanaman dipecah menjadi tiga yakni xerofit ialah tanaman yang bisa hidup di lokasi kering, hidrofit adalahtanaman yang hidup di lokasi tergenang atau di air sementara higrofit yaitu tanaman yang hidup di lokasi lembab.

Akan tetapi, mayoritas tanaman tumbuh dan berkembang biak di atas permukaan tanah. Hal yang terpenting yaitu situasi tanah mesti dalam suasana subur, berisi tidak sedikit zat hara, tergolong tanah humus, lumayan air dan garam mineral yang diperlukan oleh tanaman. Namun, terdapat kalanya tidak sedikit ditemukan tumbuhan yang masih bertahan hidup meskipun sedang di tanah yang tidak cukup subur laksana di tanah berpasir. Apa sajakah tumbuhan yang bisa tumbuh di tanah berpasir, inilah daftarnya:


Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Berpasir

Berikut ini terdapat beberapa tanaman yang cocok untuk tanah berpasir, yaitu sebagai berikut:


1. Kelapa

Tanaman yang tidak sedikit ditemukan di distrik pesisir (Baca: Contoh Wilayah Pesisir) ini tentu telah tidak asing untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Kelapa tidak sedikit ditemukan di distrik tropis tergolong Indonesia. Tanaman yang tergolong ke dalam kelompok monokotil atau berkeping satu ini bisa tumbuh di elevasi 1.000 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi, kelapa bisa tumbuh dengan baik andai berada di sekitar pantai atau di tanah berpasir. Oleh karena itu, budidaya tumbuhan kelapa tidak sedikit di temukan di distrik pesisir. Semua unsur tubuh dari kelapa semua dapat dimanfaatkan khususnya buahnya. Minyak kelapa menjadi barang berekonomis tinggi karena adalah bahan baku utama di bidang keelokan dan kesehatan.


2. Kurma

Tanaman kurma tergolong ke dalam family palem dan tidak sedikit tumbuh di area Timur Tengah. Seperti yang anda ketahui andai Timur Tengah mayoritas berupa daratan pasir, bakal namun kurma bisa tumbuh dengan baik di area tersebut. Pohon kurma berukuran sedang dengan tinggi antara 15 – 25 meter, batang tunggal yang berasal dari sistem akar tunggal. Buah kurma mempunyai nilai jual yang tinggi dan sudah tidak sedikit di ekspor ke sekian banyak negara. Kandungan nutrisi yang ada di buah kurma bisa menggantikan gula darah yang hilang di dalam tubuh, khususnya pada orang – orang yang sedang berpuasa.


3. Singkong

Bagi masyarakat Indonesia, singkong tidak sedikit dibudayakan di perkebunan atau tegalan dengan stuktur tanah tidak banyak berpasir. Tanaman singkong bisa ditanam pada tanah yang keras atau terlampau padat, bakal tetapi perkembangan umbi singkong tidak sebaik andai ditanam di tanah berpasir. Selain tersebut saat pemanenan, umbi singkong bakal lebih gampang tercabut andai berada di situasi tanah berpasir. Saat ini sudah tidak sedikit bentuk olahan dari umbi singkong salah satunya berupa tepung singkong yang dikenal dengan nama mokaf.

Artikel Terkait:  Proses Terbentuknya Bumi

4. Buah Naga (Pitaya)

Tanaman buah naga masih satu family dengan kaktus dan adalahtanaman yang berasal dari daratan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Saat ini buah naga sudah tidak sedikit dibudidayakan di area Asia tergolong Indonesia. Sesuai dengan habitat asalnya, buah naga mesti ditanam di tanah berpasir dengan durasi sinar matahari yang panjang serta bersuhu 38o – 40o C. Meskipun demikian, buah naga masih membutuhkan unsur hara yang lebih supaya dapat tumbuh dan berbuah lebih cepat. Dalam 1 tahun tumbuhan buah naga bisa mencapai elevasi lebih dari 3 meter.


5. Semangka

Tanaman yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini termasuk tumbuhan merambat yang berasal dari distrik bergurun di Afrika di unsur selatan. Oleh sebab itu, semangka sangat sesuai dibudidayakan di tanah yang mempunyai struktur berpasir. Tidak heran andai para petani semangka akan mengubah lahan mereka dengan pasir guna menciptakan situasi tanah yang kering dan kelembaban rendah. Tidak melulu itu saja, semangka memerlukan sinar matahari yang lebih guna dapat tumbuh dengan baik.


6. Bawang Merah dan Cabai

Saat ini sudah tidak sedikit dilakukan budidaya bawang merah dan cabai di tanah berpasir laksana yang ada di Bantul, Yogyakarta. Sebelumnya mayoritas masyarakat tidak yakin andai lahan berpasir bisa ditanami oleh tumbuhan palawija laksana cabai dan bawang merah. Namun, ketika ini ada selama lebih dari 2.000 meter persegi lahan pasir diubah dan ditanami oleh bawang merah dan cabai. Tentunya urusan itu tidaklah mudah, tumbuhan harus sering diguyur paling tidak dua kali dalam sehari supaya tidak kekeringan.


7. Katang

Katang tergolong tanaman binal dan tidak sedikit ditumbuh di pinggir pantai. Kantang bukan tumbuhan berbatang dan termasuk tumbuhan rambat dengan akar serabut. Meskipun termasuk tumbuhan liar, ternyata katang menjadi tumbuhan penahan abrasi. Bentuk perakaran serabut bermanfaat menahan pasir supaya tidak hilang ketika diterjang oleh ombak saat naik ke daratan. Tidak heran andai pasir yang tertutupi oleh katang bakal berbentuk gunungan.

Artikel Terkait:  Materi Samudra Hindia

8. Tanaman Rumput Lari – Lari

Dari namanya barangkali terdengar lucu dan cocok namanya rumput ini bakal berlari saat diterpa angin. Tanaman rumput lari – lari tidak sedikit ditemukan di dekat pantai yang bergumuk (berbukit) atau sand dunes. Bentuknya serupa seperti landak laut dengan duri panjang yang menyelimuti semua permukaannya. Rumput lari – lari bisa hidup di wilayah yang berisi salinitas tinggi dan gersang. Sama laksana katang, rumput lari – lari memiliki peran yang amat urgen sebagai pengikat pasir di pantai. Akarnya yang masuk ke dalam bisa mengikat pasir supaya tetap berbentuk bukit dalam jangka masa-masa lama meskipun hujan turun.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 8 Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Berpasir dan Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :