Sungai Terpanjang di Jepang

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Sungai Terpanjang“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Sungai-Terpanjang-di-Jepang

Jepang, salah satu negara paling maju di Asia Timur, adalah salah satu negara yang terkenal dengan pulau stratovolcano-nya. Negara ini memiliki empat pulau besar: Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Kecuali empat pulau besar yang disebutkan di atas, masih terdapat ribuan pulau kecil di Jepang. Salah satu pulau paling terkenal adalah Pulau Okinawa.

Jepang adalah negara dengan banyak sungai di pulau itu. Tidak hanya sebagai tempat menyiram persawahan, sungai di Jepang memiliki tingkat kesaktian dan religi. Beberapa sungai yang ada di sana dianggap suci.


Sungai Terpanjang di Jepang

Sebenarnya, manakah sungai terpanjang di Jepang? Berikut daftar sungai terpanjang di Jepang:


1. Sungai Sumida (27km)

Sungai-Sumida

Sungai yang paling banyak dikenal dan dimanfaatkan masyarakat. Sungai ini sering digunakan untuk festival kembang api setiap tahun. Sungai yang juga dikenal sebagai Asakusa pada zaman Edo ini dibangun untuk mengatasi banjir. Setelah itu, pada tahun 1965, saluran drainase hulu disebut Sungai Arakawa, dan saluran drainase hilir disebut Sungai Sumita, yang akhirnya mengarah ke Teluk Tokyo.

Artikel Terkait:  Materi Atlas

2. Sungai Kamo (37 km)

Sungai-Kamo

Sungai Kamo (Sungai Kamo) merupakan sungai dengan keindahan yang unik di Jepang. Nyatanya, kalau kamu sudah sampai di Kyoto, tapi belum mampir, nggak ada gunanya disebut “mampir di Kyoto”. Sungai yang sangat populer ini merupakan perairan besar dengan pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Orang biasanya menikmati keindahan ini dengan berjalan kaki menyusuri sungai atau bersepeda bersama pasangannya.


3. Sungai Nagara (166 km)

Sungai-Nagara

Sungai 166 km (setara dengan 103 mil) adalah salah satu sungai utama di Pulau Honshu. Aliran dimulai dari Mt. Odake, menuju Kokujo, mengalir ke prefektur Gifu, dan mengalir ke Teluk Ise. Awalnya, Sungai Nagara disebut juga Sungai Sunomata karena adanya perang yang disebut Pertempuran Sunomata. Sungai tersebut juga diakui sebagai sungai terbersih, sehingga Kementerian Lingkungan Hidup Jepang mencantumkannya sebagai salah satu dari 100 sungai terbaik di Jepang.


4. Sungai Agano (210 km)

sungai-agano

Sungai Agano adalah salah satu sungai di Kota Nigata karena letak geografisnya. Aliran sungai meluap di jantung kota utama Nigata. Setelah itu, saya berkendara ke Laut Jepang. Jika Anda tertarik dengan sungai ini dan ingin pergi ke sana, Anda bisa mencapai kereta cepat Shinkansen dalam waktu 100 menit dari Tokyo.


5. Sungai Mogami (229 km)

Sungai-Mogami

Hal ini umumnya dikenal di Jepang sebagai Sungai Induk. Sungai ini membawa kemakmuran bagi penghuninya setiap musim. Sungai ini mengalir melalui prefektur Yamagata. Banyak turis menjelajah untuk melihat pemandangan


6. Sungai Kiso (229 km)

sungai-kiso

Ini adalah sungai yang disebut “Line” milik Jepang. Sungai ini sangat terkenal karena menyerupai sungai Rhein di Eropa. Sungai sepanjang 229 km ini berfungsi seperti taman bermain. Anda bisa menikmati liburan dengan menunggang bebek bajak dan permainan lainnya. Sungai ini juga biasa digunakan masyarakat untuk memancing burung kormoran, cara tradisional menangkap ikan siang dan malam. Cara ini konon memiliki sejarahnya sendiri 1300 tahun yang lalu.

Artikel Terkait:  Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia

7. Sungai Abukuma (234 km)

Sungai-Abukuma

Di kawasan Toku, terdapat salah satu sungai yang termasuk dalam kelompok sungai terpanjang No 6 di Jepang. Dikenal sebagai Sungai Abukuma yang panjangnya 234 km. Sungai ini banyak dikunjungi pengunjung karena pemandangannya yang indah dan mempesona. Layaknya fungsi danau, banyak orang melintas dengan perahu untuk melihat perbukitan di tengah pergantian musim. Sopir akan menemani Argusong Marumori.


8. Sungai Ishikari (268 km)

Sungai-Ishikari

Ada juga sungai yang cukup panjang di pulau Hokkaido. Ini adalah sungai terpanjang di Hokkaido dan sungai terpanjang di Jepang. Nama Ishikari berasal dari bahasa Ainu, suku Jepang yang tinggal di Hokkaido. Panjang sungai


9. Sungai Tonegawa (298 km)

Sungai-Tonegawa

Selanjutnya sungai panjang di Jepang adalah Sungai Tonegawa. Sekitar 298km di daerah Kanto Jepang. Manfaat sungai tentunya sangat besar sehingga masyarakat memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik yang didukung oleh pembangkit air. Selain itu sangat efektif dalam mendukung irigasi pertanian dan kegiatan industri. Sebagian orang minum air karena masih air bersih.


10. Sungai Shinano (367 km)

sungai-shinano

Jika kalian pernah menonton drama live-action Jepang “New Drama Teacher”, kalian perlu memahami sungai ini. Memang sungai ini menjadi salah satu latar belakang dari film tersebut. Sungai Shinano ini juga dikenal sebagai Shinanogawa panjang yang membentang dari Prefektur Nagano hingga Prefektur Nigata. Sungai ini memiliki panjang sekitar 367 km dan terletak di Pulau Honshu. Salah satu keunikan sungai ini, bagian dari sungai yang ada di prefektur Nagano ini bernama sungai Chikuma. Sungai Shino (367 km)


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 10 Sungai Terpanjang di Jepang Beserta Gambarnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Artikel Terkait:  Reklamasi

Baca Juga :