Sumber Daya Alam Di Dataran Rendah

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Sumber Daya Alam “. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Sumber-Daya-Alam-Di-Dataran-Rendah

Dataran rendah memang menjadi distrik di muka bumi yang paling tidak sedikit dimanfaatkan oleh insan terutama guna dijadikan lokasi tinggal dan sekian banyak macam kegiatan. Hal ini didukung dengan adanya sumber daya alam yang lumayan melimpah di dataran rendah.

Tentunya sumber daya alam yang sedang di dataran rendahmempunyai perbedaan dengan yang sedang di dataran tinggi. Berada di ketinggianmaksimal 200 meter di atas permukaan laut serta mempunyai rata-rata suhu udara mencapai23o – 28oC, menciptakan sumber daya alam pada dataran rendahmempunyai karakteristik tersendiri. Dan berikut ialah beberapa sumber daya alamyang bisa ditemukan di dataran rendah.


Sumber Daya Alam Di Dataran Rendah

Berikut ini terdapat beberapa sumber daya alam di dataran rendah, yaitu sebagai berikut:


1. Hasil Pertanian

Hampir mayoritas makanan pokok tidak sedikit dibudidayakan di dataran rendah laksana padi. Lahan yang tersedia seringkali dimanfaatkan guna lahan persawahan, sebab nyaris sebagian besar penduduk terutama di Asia mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, tergolong negara Indonesia yang menjadikan negara ini sebagai di antara lumbung padi terbesar di Asia Tenggara.

Di samping dijadikan lahan persawahan, dataranrendah juga tidak sedikit dimanfaatkan guna melakukan pekerjaan berladang sebabbeberapa distrik dataran rendah jauh dari sumber air atau mempunyai kadar airyang tidak banyak jika dikomparasikan dengan persawahan.

Artikel Terkait:  Penemuan Gula Dalam Meteor

Jenis tumbuhan yang dibudidayakan di ladangseperti umbi-umbian, kacang-kacangan, jagung, dan sejumlah jenis tanamanbuah-buahan. Terkadang berladang dapat dilaksanakan secara beralih tempat denganmembuka lahan baru.


2. Hasil Perikanan

Hasil perikanan dari dataran rendah jugatidak dapat dipandang sebelah mata. Ada pelbagai jenis ikan air tawar baik yangberasal dari sungai maupun rawa-rawa. Namun, ketika ini sudah tidak sedikit usahabudidaya ikan air tawar yang dilaksanakan di dataran rendah.

Bahkan masing-masing tahunnya, terjadi peningkatankonsumsi ikan air tawar terutama di Indonesia, meskipun jumlahnya masih jauhdari jumlah konsumsi ikan air laut. Jenis ikan air tawar yang sangat banyakdibudidayakan di Indonesia yaitu ikan mas, lele, gurame, nila, patin dan lainsebagainya. Bahkan dari sejumlah jenis ikan tersebut, sudah menyumbang lebihdari 80 persen dari total tangkapan ikan air tawar.


3. Hasil Peternakan

Wilayah dataran rendah pun banyakmelakukan usaha peternakan dan fauna ternak yang dicoba yakni ayam, bebek,sapi, kambing, kambing hingga kerbau. Di sejumlah tempat, ada pun yang melakukanperkembangbiakan kuda yang dimanfaatkan sebagai perangkat transportasi terutama didaerah yang jauh dari keramaian dan berada di distrik terpencil.

Untuk di negara Indonesia, fauna ternak yangpaling tidak sedikit diternakan salah satunya yakni ayam, karena permintaan bakal ayampotong di Indonesia terus meningkat. Bahkan peternakan sapi pun sudah mulaibanyak dilaksanakan di dataran rendah, salah satunya sapi perah sebab memberikankeuntungan yang lumayan tinggi yaitu susu.


4. Hasil Perkebunan

Perkebunan memerlukan lahan yang amat luas guna ditanami pelbagai jenis tumbuhan yang memiliki nilai jual tinggi, khususnya untuk pekerjaan ekspor laksana kopi, kakao, kelapa sawit, tebu dan beda sebagainya. Karena lahan yang diperlukan sangat luas, maka perkebunan mesti dikelola secara profesional dan intensif, mulai dari peralatan, tenaga kerja serta teknik pengolahan hasil perkebunan.

Artikel Terkait:  Perbedaan Epirogenesa dan Orogenesa

Meskipun begitu, masih tidak sedikit ditemukan perkebunandengan luas lahan kecil yang dikelola oleh secara mandiri. Biasanya hasil kebunhanya dimanfaatkan guna masyarakat tersebut sendiri dan tidak mementingkan kualitasekspor.


5. Hasil Tambang

Ada pelbagai hasil tambang yang bisa ditemukan di dataran rendah, mulai dari minyak bumi, batu bara, emas, perak, bijih besi, dan beda sebagainya. Bahkan hasil tambang tersebut tidak sedikit menyumbang penghasilan suatu negara, laksana tambang minyak bumi yang ada di distrik Semenanjung Arab yaitu negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, negara Qatar, negara Oman dan beda sebagainya.

Tidak heran andai negara-negara itu masuk sebagai negara terkaya di dunia. Hasil tambang yang didapatkan tidak hanya dipakai untuk domestik saja, tetapi ada pula yang mengekspornya ke sejumlah negara di dunia.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut ini 5 Sumber Daya Alam Di Dataran Rendah

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :