Materi Samudra Pasifik

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Samudra Pasifik“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Karakteristik-Samudra-Pasifik

Pengertian Samudra Pasifik

Samudra Pasifik atau Lautan Teduh (dari bahasa spanyol Pacifico, artinya tenang) adalah kawasan kumpulan air terbesar di dunia, serta mencakup kira-kira sepertiga luas permukaan Bumi, dengan luas permukaan sebesar 165.250.000 km² (63.800.000 mil2) . Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross di Antartika di selatan. Samudra Pasifik mencapai lebar timur-barat terbesarnya pada sekitar 5 derajat U garis lintang, di mana ia terbentang sekitar 19.800 km (12.300 mi) dari Indonesia hingga pesisir Kolombia.

Batas sebelah barat samudra ini biasanya diletakkan di Selat Malaka. Titik terendah permukaan Bumi, yaitu Palung Mariana juga berada di Samudra Pasifik. Samudra ini terletak di antara Asia dan Australia di sebelah barat, Amerika di sebelah timur, Antartika di sebelah selatan dan Samudra Arktik di sebelah utara.

Samudra Pasifik terdiri atas sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa. (Lihat: Kepulauan Pasifik.)

Di batasan ireguler Samudra Pasifik terdapat banyak lautan, yang terbesar adalah Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut China Timur, Laut Jepang, Laut China Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman dan Laut Kuning. Selat Malaka menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia di sebelah barat, dan Selat Magelhaens menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik di sebelah timur.

Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens adalah orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magelhaens menuju Filipina, Magellan memang merasakan ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. Di mana Samudra Atlantik melebar, Samudra Pasifik menciut. Hal ini menyebabkan banyak terjadinya gempa bumi. Banyak angin puyuh dan badai yang merusak pulau-pulau di bagian Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi.

Artikel Terkait:  Materi Minyak Bumi

Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan meruntuhkan bangunan-bangunan kota. Samudra Pasifik sendiri dibagi menjadi dua yakni Samudra Pasifik Utara dan Selatan. Samudra Pasifik menjadi dua karena luasnya yang sangat besar.


Peta Samudra Pasifik

Peta Samudra Pasifik


Letak Samudra Pasifik

Samudra Pasifik adalah samudera terbesar di Bumi dan merupakan raja dari lautan. Samudra Pasifik sangat luas dan dalam, sehingga keberadaannya meliputi berbagai wilayah. Secara astronomis, Samudra Pasifik mencapai lebar terbesarnya timur-barat pada sekitar 5 ° LU, yang membentang sekitar 19.800 km dari Indonesia ke pantai-pantai Kolombia.

Kami sudah mengetahui beberapa informasi tentang lokasi Samudra Pasifik. Ada yang mengatakan bahwa permukaan Samudra Pasifik mencapai 1/3 dari permukaan Bumi. Karena Samudra Pasifik mencakup hampir sepertiga permukaan bumi, banyak negara yang terletak atau berbatasan dengan Samudra Pasifik ini.


Bata Wilayah Samudra Pasifik

  1. Batas Selatan : laut koral dan laut tasmania
  2. Batas Barat  : laut cina timur, laut pelifenia, dan laut sulawesi
  3. Batas Utara  : laut bering dan laut okhotsk
  4. Batas Timur  : benua amerika (dari utara ke selatan).

Batas Negara Samudra Pasifik

Berikut ini terdapat beberapa batas negara samudra pasifik, terdiri atas:

1. Benua Amerika

  1. Amerika Serikat
  2. Chili
  3. Ekuador
  4. El Savador
  5. Guatemala
  6. Hondarus
  7. Kanada
  8. Kolombia
  9. Kosta Rika
  10. Meksiko
  11. Nicaragua
  12. Panama
  13. Peru

2. Wilayah Oseania

  • Australia
  • Fiji
  • Kep. Masrshall
  • Kep. Solomon
  • Federasi Mikronesia
  • Kiribati
  • Nauru
  • Palau
  • Papua Nugini
  • Selandia Baru
  • Samoa
  • Tonga
  • Tuvalu
  • Vanuatu

3. Benua Asia

  1. Indonesia
  2. Filipina
  3. Jepang
  4. Brunei Darussalam
  5. Kamboja
  6. Korea Utara
  7. Korea Selatan
  8. Malaysia
  9. Rusia (Siberia)
  10. Taiwan
  11. Thailand
  12. Singapura
  13. Vietnam
  14. Timor Leste

4. Wilayah Dependensi

  • Guam (Amerika Serikat)
  • Kaledonia Baru (Prancis)
  • Kepulauan Cook (Selandia Baru)
  • Kepulauan Mariana Utara (Amerika Serikat)
  • Kepulauan Pitcairn (Britania Raya)
  • Niue (Selandia Baru)
  • Polinesia Prancis (Prancis)
  • Pulau Norfolk (Australia)
  • Pulau Paskah (Chili)
  • Samoa Amerika (Amerika Serikat)
  • Tokelau (Selandia Baru)
  • Wallis dan Futuna (Prancis)
Artikel Terkait:  Ruralisasi adalah

Karakteristik Samudra Pasifik

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik samudra pasifik, terdiri atas:


  1. Merupakan samudera terbesar di dunia

Ukuran Samudra Pasifik jauh lebih besar daripada lautan lainnya di dunia, seperti Atlantik, Arktik, dan Hindia. Ukuran Samudra Pasifik bahkan mencapai 1/3 dari permukaan bumi.


  1. Di cekungan terdalam di dunia

Tahukah Anda bahwa di dunia ini ada titik terendah? Dan lokasi titik terendah di dunia adalah di parit lautan. Ada beberapa parit laut, dan parit terdalam ditemukan di wilayah Samudra Pasifik. Parit terdalam di dunia adalah lubang Mariana, yang kedalamannya 10.911 meter di atas permukaan laut. Parit Mariana sebagai parit terdalam memiliki banyak misteri.

  1. Dilintasi oleh garis tanggal internasional pada bujur barat dan bujur timur yang bertepatan dengan Kepulaian Samoa. Dengan kata lain, ketika bujur barat adalah hari Minggu, wilayah bujur timur tahu Senin.
  2. Arus Samudra Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui Selat Makassar, Selat Lombok, Selat Bali, sebagian oleh Laut Halmahera, Laut Maluku dan juga Laut Arafuru.
  3. Tanggal internasional Wol atau garis tanggal internasional terletak 180 derajat bujur timur dan 180 derajat bujur barat di Samudera Pasifik.
  4. Bagian bawah Samudra Pasifik sering menjadi pusat gempa bumi di Jepang, Filipina, pantai barat Amerika Utara, dan juga di Amerika Latin.
  5. Di tepi arus hangat Kurosyiwo di Samudra Pasifik dan arus dingin Oya Syiwo di mana keduanya bertemu di Laut Bering, yang menciptakan kondisi air laut yang sangat baik untuk pengembangan ikan laut. Dan wilayah ini sering digunakan sebagai daerah penangkapan ikan bagi para nelayan.

Palung Samudra Pasifik

Berikut ini terdapat beberapa palung samudra pasifik, terdiri atas:


  • Palung Mariana

Rahasia Samudra Pasifik mencakup keberadaan beberapa palung yang menempati parit terdalam di dunia. Salah satu parit terdalam adalah parit Mariana. Palung Mariana adalah parit yang terletak di wilayah Samudra Pasifik. Parit Mariana tepatnya terletak di Filipina. Palung Mariana adalah parit terdalam di dunia di mana kedalamannya mencapai 10.911 meter di bawah permukaan laut.

Titik terdalam palung disebut Challenger. Nama ini diperoleh setelah penelitian oleh Challenger II dari Angkatan Laut Inggris pada tahun 1951. Juga di palung ini, beberapa peneliti mengatakan bahwa kehidupan seperti ikan purba seperti hiu tidur Pasifik yang telah mencapai sekitar 30 kaki dipotong.

Artikel Terkait:  Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap

  • Palung Tonga

Setelah lubang Marianas, ada lubang Tonga. Palung Tonga juga merupakan parit di wilayah Samudra Pasifik. Parit ini adalah parit terdalam kedua di dunia, dengan kedalaman mencapai 10.882 meter di bawah permukaan laut. Titik terdalam palung disebut “Deep Horizon”. Palung ini juga merupakan salah satu misteri Samudra Pasifik.


  • Parit Pilliphine

Rahasia lain dari Samudra Pasifik adalah Palung Philliphine. Seperti namanya, palung ini ditemukan di Filipina. Palung ini adalah yang terdalam ketiga di dunia dengan kedalaman 10.540 meter. Parit ini juga disebut parit Mindanao, yang membentang sekitar 1.320 kilometer.


  • Palung Kuril-Kamchatka

Berikutnya adalah Palung Kamchatan Kuril. Sekali lagi, palung terdalam dari tidak atau empat milik rahasia milik Samudra Pasifik. Palung ini memiliki kedalaman hingga 10.500 meter.


  • Palung Kermadec

Palung Kermadec adalah tangki terdalam peringkat nomor lima di dunia. Palung Kermadec sama dengan palung yang disebutkan sebelumnya, yang merupakan rahasia di Samudra Pasifik. Palung ini terletak di sebelah timur Australia. Palung Kermadec adalah 10.045 meter di bawah permukaan laut.


  • Palung Jepang

Palung Jepang adalah Palung yang ada di wilayah Jepang, tentu saja. Palung Jepang juga ditemukan di wilayah Samudra Pasifik. Palung Jepang memiliki kedalaman hingga 9.000 meter. Samudra Pasifik memiliki banyak Palung yang keduanya merupakan rahasia milik Samudra Pasifik.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Karakteristik Samudra Pasifik: Pengertian, Peta, Letak, Batas dan Palung

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: