Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Terluas“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Provinsi-Dengan-Hutan-Terluas-di-Indonesia

Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia menyerahkan kita bukti bahwa hutan di indonesia sangatlah luas. Indonesia adalah negara tropis yang mempunyai hutan sangat tidak sedikit di masing-masing daerahnya. Dimana masing-masing wilayah yang terdiri dari daratan tentu mempunyai hutan didalamnya, serta laut dan pun pantai. Kekayaan alam ini menjadikan Indonesia sebagai di antara paru-paru dunia, dan juga wilayah hijau yang dapat melindungi bumi dari kekeringan.

Luas hutan di Indonesia sendiri diketahui menjangkau 133.300.543,98 hektar. Tentunya dengan jumlah yang besar didalamnya terkandung sekian banyak hutan laksana hutan lindung, hutan suaka alam dan pun hutan produksi. Sayangnya tidak sedikit sekali hutan yang sudah ditebas dan dihabisi guna kepentingan bisnis dan pun ekonomi, luasan hutan di Indonesia juga berkurang jauh dikomparasikan dengan data hutan Indonesia 5 tahun silam.


Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia

Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia Hutan ialah suatu distrik yang memiliki tidak sedikit sekali tanaman yang lebat, yang mengandung rumput, pohon, jamur dan juga tidak sedikit ekosistem lainnya. Hutan umumnya menduduki wilayah yang lumayan luas dengan ukuran berhektar-hektar. Dimana hutan sendiri memiliki faedah penting dalam bumi, yaitu menampuk karbon dioksida yang didapatkan manusia, habitat hewan, pelestari tanah  dan pengumpul air tanah yang baik sampai-sampai menyajikan alam yang berbobot berkualitas baik guna ditempati maupun guna dijadikan bahan konsumsi makhluk hidup tergolong manusia.

Kita bisa menemukan format hutan yang bertolak belakang seperti di dataran tinggi, di dataran rendah, pegunungan atau juga pulau kecil di benua besar. Sayangnya tidak sedikit sekali hutan yang sudah ditebas dan dihabisi guna kepentingan bisnis dan pun ekonomi, luasan hutan di Indonesiapun berkurang jauh dikomparasikan dengan data hutan Indonesia 5 tahun silam. Maka guna data terbaru wilayah mana saja yang mempunyai hutan terluas di Indonesia ?

Artikel Terkait:  Pengertian Pencemaran Lingkungan, Jenis dan Caranya

1. Sulawesi Barat

Sulawesi Barat ialah salah satu provinsi di Indonesia yang sedang di ujung barat pulau Sulawesi dengan jumlah warga sekitar 1,5 juta jiwa. Luas wilayah tidak cukup lebih 1,7 juta hektar dimana 1,1 juta hektar berupa hutan.


2. Jambi

Jambi ialah salah satu provinsi di Indonesia yang sedang di pulau Sumatera dengan jumlah warga sekitar 3,4 juta jiwa. Luas wilayah tidak cukup lebih 5 juta hektar dimana 2,1 juta hektar berupa hutan dan 0,6 juta hektar ialah lahan gambut.


3. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan mempunyai luasan 2.118.992 hektar. Salah satu alih faedah lahan secara besar-besaran terjadi di areal hulu Sungai Jeneberang, Kabupaten Gowa. Kondisi hutan di lereng Gunung  Bawakaraeng sekarang tinggal 8.259 hektar atau melulu 13,3 persen dari total luas wilayah wilayah aliran sungai (DAS) Jeneberang yang menjangkau 61.733 hektar. Sehingga tadinya besar sayangnya sekarang melulu sebesar itu.


4. Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara mempunyai luasan provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2011 SK. Menteri No. 465/Menhut-II/2011 menjangkau 2.518.377 Ha atau selama 68,13% dari luas distrik daratan. Kawasan hutan itu terdiri dari area hutan lindung seluas 1,081,489 ha atau 40,84% dari luas area hutan. Sedangkan luas area hutan produksi, baik hutan buatan biasa, hutan buatan terbatas, maupun hutan buatan yang bisa dikonversi secara keseluruhan ialah 968,742 ha atau 48,67%.


5. Sumatera Barat

Sumatera Barat menduduki urutan ke-11 Setelah Aceh yang dapat menunjukan hutan terluas di Indonesia. Luasan hutan di Sumbar yaitu 2.600.286 hektar dengan posisi baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tak tidak sedikit hutan bukan berarti Sumbar tidak asri, sebab masyarakat di sana memilih bercocok tanam menjadi petani atau dan bersawah.


6. Nanggroe Aceh Darussalam

Aceh adalahsebuah provinsi yang terdiri bakal pantai  hutan dan berdampingan langsung dengan samudera serta laut lepas. Aceh menjadi provinsi dengan luas hutan terbesar ke 10 di Indonesia. Dengan total luasan menjangkau 3.335.713 hektar menciptakan Aceh pun memiliki sekian banyak jenis perkebunan. Sayangnya luas hutan meningkatkan kembali sesudah Aceh terjadi Tsunami yang tidak sedikit menerjang kompleks dan gedung disana. Hal


7. Sumatera Utara

Kepulauan yang cukup tidak sedikit menambah susunan panjang hutan yang terdapat di Sumatera Utara, dengan luasan yang bertolak belakang tipis dengan Sumatra Selatan yaitu 3.742.120 hektar menurut keterangan dari data Menteri Kehutanan tahun 2005. Hal ini menunjukan meskipun Sumatera Utara mempunyai ibukota dengan hiruk pikuk yang sama dengan Jakarta, tetapi hutan disana masih tergolong yang terluas di Indonesia.

Artikel Terkait:  Hujan Meteor Taurid

8. Sumatera Selatan

Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan memanglah ramai dan telah menjadi kota metropolitan layaknya Surabaya atau Medan. Namun Sumatera Selatan menjadi provinsi dengan hutan terluas ke 8 sesudah Sulawesi Tengah dan provinsi lainnya. Dengan Sumatera Selatan mempunyai luas 3.742.327 hektar. Selain tersebut Sumatera Selatan pun termasuk donatur perkebunan cukup tidak sedikit di Indonesia.


9. Sulawesi Tengah

Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia ke lima ialah Sulawesi Tengah,yang menjadi wilayah dengan daratan yang terisi hutan cukup tidak sedikit dibandingkan Sulawesi lainnya. Dimana SK No. 757/KPTS-II/99 menyimpulkan bahwa Sulawesi Tengah mempunyai luasa sampai 4.394.932 hektar. Sedangkan Sulawesi lainnya diisi oleh pinggiran sungai dan pun laut.


10. Maluku dan Maluku Utara

Sama halnya laksana Papua, di samping laut dan pun selat hutan merupakan kehormatan hati rakyat Maluku. Dimana provinsi ini terpisah menjadi tidak sedikit pulau yang memang terdiri dari hutan alam dan hutan lindung  yang lebat dan belum tersentuh orang atau manusia. Berdasarkan keterangan dari SK No. 415/KTPS-II/99 melafalkan bahwa luasan hutan di Maluku dan Maluku Utara menjangkau 7.146.109,00 hektar. Hal ini menyatakan bahwa wilayah Timur Indonesia masih paling asri.


11. Kalimantan Barat

Kembali lagi Kalimantan menjadi daratan dengan hutan terluasi di Indonesia. Bagi beberapa masyarakat, menempuh perjalanan ke Kalimantan Barat sangatlah sulit. Karena perjalanan yang terjal dan pun berliku, Kalimantan Barat merupakan wilayah yang terdiri atas hutan tropis yang luas dan disertai sekian banyak macam ekosistem dan pun habitat didalamnya. Besaran luas yang dipunyai mencapai 9.101.760,00 hektar.


12. Riau

Riau menjadi daratan luas hutan yang selanjutnya terdapat di Indonesia. Riau sendiri bergabung dengan Kepulauan Riau dengan luasan 9.456.160,00 hektar. Riau memang familiar akan hutan yang luas sayangnya sejumlah tahun terakhir kebakaran hutan marak terjadi. Baik dampak disengaja maupun tidak disengaja, urusan ini dilaksanakan untuk menolong pengolahan lahan gambut yang dominan pada kebakaran hutan disengaja atau juga tidak disengaja.

Artikel Terkait:  Sumber Daya Alam Negara Myanmar

13. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menjadi provinsi selanjutnya yang mempunyai jumlah luasan hutan sebesar 14.651.053, hektar. Meskipun sebagain orang tahu bahwa Kalimantan Timur merupakan wilayah penghasil tambang yang paling banyak. Namun di samping itu, mereka pun mempunyai luasan yang paling bagus. Kalimantan Timur menempati hutan terluas ke 4 di Indonesia.


14. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah adalahprovinsi di urutan kedua yang masih menguasai hutan terluas di Indonesia. Provinsi dengan ibukota Palangkaraya adalahprovinsi dengan tingkatan luas yang paling tidak sedikit kedua sesudah Papua, yaitu 15.300.000,00 hektar. Hal ini yang mengakibatkan terpilihnya isu Ibukota pindah ke kota ini. Banyak pun masyarakat Indonesia yang bekerja di bidang perkebunan di kota ini sebab luasan hutan yang dapat dikelola tidak sedikit perusahaan.


15. Papua

Papua merupakan wilayah yang tidak terjamah tidak sedikit orang atau juga pemerintah. Dimana Masyarakat Papua mempunyai suku dan adat yang kental bakal hubungan dengan alam, sampai-sampai mereka benar-benar melestarikan lokasi tinggal dan hidup untuk mengabdikan diri diri dengan alam. Papua mempunyai luasan sampai 40.546.360,00 hektar yang tergabung dari Papua dan pun Papua Barat. Banyaknya orang asing yang menempatkan investasi di Papua dan malah pergi ke Papua, sebab provinsi ini menjadi benteng yang diandalkan Indonesia dalam menyumbang hutan terluas di Dunia dan mengawal polusi udara.

Terlepas dari seberapa luas juga hutan yang dipunyai masing-masing daerah, anda sebagai insan haruslah menjaganya. Mengingat bumi sudah paling tua dan pun rapuh, dan andai tidak menjaganya dengan salah satunya mengawal hutan maka bakal ada tidak sedikit bencana yang terjadi dan menyebabkan insan menjadi kendala baik dalam hidup maupun memenuhi keperluan setiap harinya. Termasuk hutan di Indonesia yang mesti benar-benar dipertahankan dan menjadi di antara negara dengan donatur hutan terbanyak.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 15 Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia dan Persebarannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :