Persebaran Hutan Musim di Dunia

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Musim di Dunia“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Daerah-Persebaran-Hutan-Musim-di-Dunia

Hutan adalah sebuah area yang bisa ditentukan dengan kriteria-syarat tertentu. Suatu distrik dapat dinamakan sebagai area hutan, andai kawasan itu memiliki sekian banyak macam ciri khas yang cocok untuk ditetapkan sebagai hutan. Kawasan hutan di Planet bumi sendiri memiliki sekian banyak macam jenis dan aneka yang berbeda-beda.

Ada tidak sedikit sekali jenis hutan di dunia yang memiliki ciri khas dan pun ciri yang berbeda-beda. Pada dasarnya ada tidak sedikit sekali teknik atau cara yang dipakai untuk memisahkan setiap hutan yang ada. Terdapat sejumlah point yang dapat digunakan pada umumnya. Jenis vegetasi, tata letak, serta ciri khas dari hutan tersebut sendiri bisa dijadikan sebagai di antara point guna mengelompokkan hutan-hutan yang terdapat di dunia.

Namun, bila melulu di dasarkan pada keanekaragaman vegetasi yang terdapat di dalamnya, masing-masing hutan yang ada diperoleh dibagi menjadi dua kelompok besar yakni hutan homogen dan pun hutan heterogen. Kedua jenis hutan tersebut dipisahkan dengan keanekaragaman jenis pepohonan yang bisa ditemukan. Selain tersebut ada pun hutan yang sangat diprovokasi oleh situasi dinamika evolusi atmosfer, misal dari hutan ini laksana hutan hujan tropis dan hutan musim.

Kali ini anda akan membicarakan mengenai suatu hal yang bersangkutan erat dengan hutan musim. Kita akan membicarakan mengenai persebaran hutan musim di dunia. Hutan musim memang bisa ditemukan pada sejumlah bagian dunia, dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda pula. Ada sejumlah kawasan yang dapat dikatakan menjadi pusat persebaran dari hutan musim tersebut sendiri, seperti

Artikel Terkait:  Hutan Heterogen

PERSEBARAN HUTAN MUSIM

Persebaran hutan musim di sekian banyak daerah yang terdapat di bumi dapat dikatakan lumayan luas, meskipun persebaran tersebut tidak sedikit yang melulu ada pada daerah-daerah eksklusif saja. Secara garis besar hutan musim sendiri dapat dipecah menjadi dua bagian yakni hutan musim tropis dan hutan musim subtropis.

Pada sejumlah kawasan tertentu baik yang terdapat pada area tropik maupun yang terdapat pada area subtropik hutan musim biasanya tidak sedikit bersinggungan dengan hutan sabana maupun hutan stepa. Bioma hutan musim sendiri dalam penyebutannya secara ilmiah memiliki sejumlah nama yang berbeda-beda laksana tropical seasonal forest, tropical and subtropical deciduous forest, tropical and subtropical dry broadleaf forest, atau ringkasnya tropical dry forest. Penyebutan itu di dasarkan pada ciri khas dari hutan tersebut sendiri.

Persebaran hutan musim di dunia dapat anda temukan pada sejumlah lokasi seperti


1. East Deccan dry evergreen forests

Kawasan hutan musim yang satu ini sedang di Negara India. Kawasan ini mempunyai luas yang lumayan besar yakni sekitar 25,500 kilometer persegi. Hutan ini ada pada di unsur tenggara India. Kawasan hutan ini meliputi sekian banyak bagian laksana Adhra Prades, Tamil Nadu, Puducherry. Kawasan yang satu ini merupakans ebuah area yang sangat urgen sebagai penghalang masuknya awan hujan.

Namun, satu urusan yang paling disayangkan merupakan, kini area dari East Deccan dry evergreen forests sudah abnayk dirubah dan telah tidak sedikit digunakan guna kepentingan lehidupan. Ada tidak sedikit sekali area yang sudah berubah fungsi. Maka dari tersebut sisa dari area ini telah pulang menjadi kawasan yang paling di lindungi oleh pemerintah india Itu sendiri.

Artikel Terkait:  Faktor yang Mempengaruhi Suhu Udara

2. Sri Lanka dry-zone dry evergreen forests

Kawasan hutan musim yang terdapat di dunia selanjutnya berada di area Sri lanka. Kawasan hutan musim di wilayah Sri Lanka mempunyai luasan 48,400 kilometer persegi, atau dapat dikatakan nyaris menutupi semua bagian dari negara yang satu ini. Kawasan hutan yang satu ini tidak sedikit sekali di kekuasaan oleh tanaman cemara. Satu urusan yang lumayan menarik ialah iklim dan situasi dari area hutan yang satu ini sedikit tidak sedikit dapat disebutkan serupa dengan East Deccan dry evergreen forests yang ada pada area india.


3. Southeastern Indochina dry evergreen forests

Persebaran hutan musim di Dunia yang selanjutnya berada di area indochina. Kawasan ini meliputi wilayah thailand, laos, vietnam, dan pun kamboja. Bisa disebutkan bahwa area Southeastern Indochina dry evergreen forests adalahsebuah kawana hutan musim yang lumayan luas persebarannya. Bahkan dapat dikatakan persebaran hutan musik terluas dan terbesar terdapat di wilayah semenanjung Indochina. Kawasan hutan ini sendiri mempunyai persebaran jenis yang sangat pelbagai dan lumayan besar, kebanyakan area hutan ini terdapat di unsur delta sungai mekong.


4. Madagascar dry deciduous forests

Kawasan hutan musim yang satu ini dapat dikatakan adalahsalah satu jenis hutan musim yang sangat urgen di dunia. Kawasan hutan musim yang terdapat di madagaskar ini adalahsalah satu hutan yang tidak sedikit sekali menyimpan jenis tumbuhan dan hewan endemik. Bahkan tak mengherankan andai kawasan ini dinamakan sebagai cagar biosfer dunia. Namun, di antara hal yang lumayan disayangkan ialah kawasan ini mengalami kehancuran yang lumayan besar dan berat. Kini area ini menjadi salah satu wilayah yang paling di lindungi pada distrik Madagaskar.

Artikel Terkait:  Nama-Nama Selat Di Indonesia

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 4 Daerah Persebaran Hutan Musim di Dunia

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :