Perbedaan Kilat dan Petir

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Kilat dan Petir“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Perbedaan-Kilat-dan-Petir

Pernahkah kita ketakutan bilamana melihat kilat yang menyambar di langit, lantas disusuk dengan petir yang menggelegar? Dalam musim hujan di Indonesia, adakalanya kita mengejar moment- moment laksana ini, yaitu moment dimana petir, guntur dan kilat silih berganti datang pada hujan yang turun dengan lebat.

Secara sederhana, barangkali kita memaknai kilat, guntur dan pun petir dengan definisi yang sama. Yang membedakan ialah kilat yang berupa cahaya sedangkan guntur yang bersuara keras. Namun butuh kiranya untuk kita guna mengetahui sekian banyak perbedaan yang ada di sejumlah hal tersebut.

Pada kali ini anda akan membicarakan mengenai perbedaan antara petir dan pun kilat. Dalam tulisan ini kita dapat menemukan jawaban bahwa kilat dan petir bukan adalah sesatu yang sama, meskipun dua-duanya selalu datang secara beriringan. Kilat dan petir memang tidak jarang kali datang nyaris bersamaan, dan perbedaan diantara dua-duanya akan diterangkan di bawah ini.


Perbedaan Petir dan Kilat

Petir anda kenal sebagai kilatan cahaya yang berbunyi keras di awang yang datang saat hujan lebat atau mendung yang gelap. Sementara kilat pun adalah hal yang serupa dengan urusan tersebut. Namun dua-duanya ternyata meniliki perbedaan. Adapun perbedaan- perbedaan petir dengan kilat antara beda sebagai berikut:


1. Berdasarkan penyebabnya

Sebuah penampakan di planet Bumi ataupun peristiwa alam tentu ada penyebab terjadinya. Seperti halnya hujan yang terjadi dampak adanya pemanasan terhadap air yang lantas menjadi uap air, kemudian uap air itu menjadi awan hitan yang mengalami bosan sehingga menumpahkan airnya ke Bumi, petir dan kilat pun pun ada penyebabnya. Dilihat dari penyebabnya saja kedua urusan ini telah berbeda. Kilat ialah sebuah bunga api besar yang mucul dampak adanya muatan listrik yang dibangunkan awan- awan hujan angin.

Artikel Terkait:  Negara Yang Kekurangan Wanita

Kilat terjadi dampak adanya perbedaan muatan listrik antara bumi dan awan yang terus membesar. Pada masa-masa yang demikian, udara menjadi lebih mudah dimasuki dari Bumi ke awan. Udara yang dimasuki ini lantas menjadi sebuah drainase pelepasan energi listrik. Pelepasan energi listik dari awan ke bumi berikut yang dinamakan dengan kilat, kemudian pelepasan energi listrik dari bumi ke awan yang dinamakan dengan petir.


2. Waktu munculnya

Dilihat dari masa-masa munculnya, kilat dan petir pun berbeda. Kilat seringkali muncul lebih dahulu yang berupa kilatan- kilatan cahaya. Kilat tidak melulu muncul saat hujan telah berlangsung, namun dapat juga muncul saat cuaca mendung tetapi belum turun hujan. Kilat juga dapat mempercepat terjadinya hujan. Dan petir hadir belakangan, seringkali setelah kilat. Jadi dapat dikatakan bahwa kilat dan petir mempunyai waktu hadir yang berbeda dimana kilat timbulnya lebih dulu dan petir menyusul dibelakangnya.


3. Kenampakannya

Salah satu urusan yang gampang untuk menjadi suatu tanda perbedaan antara kilat dan petir ialah kilat melulu berupa cahaya, tetapi petir seringkali diikuti dengan suara menggelegar yang dinamakan dengan guruh. Jadi, petir berupa dua kenampakan, cahaya dan pun suara. Sementara itu, kilat melulu berupa cahaya saja.


4. Tempat terjadinya

Hal beda yang mengindikasikan perbedaan diantara keduanya ialah tempat terjadinya. Kilat, terkadang terjadi di atas permukaan bumi sehingga dapat dilihat oleh manusia, tetapi terkadang juga melulu terjadi di atas awan sampai-sampai yang disaksikan manusia melulu pantulan sinarnya saja. Sementara tersebut petir seringkali terjadi di atas permukaan Bumi dan lebih dekat dengan kerak bumi. jadi, bilamana kita mendengar berita adanya pohon tumbang, urusan itu disebabkan oleh petir bukan kilat.

Artikel Terkait:  Contoh Hutan Konservasi di Indonesia

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 4 Perbedaan Kilat dan Petir Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: