Ilmu Ekonomi

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Ilmu Ekonomi“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian-Ilmu-Ekonomi-Menurut-Para-Ahli

Ilmu Ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia ketika memilih dan menciptakan kekayaan. Di jantung masalah ekonomi adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan sarana yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan. Masalahnya kemudian mengarah pada kelangkaan.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut terdapat 42 pengertian berdasarkan dari para ahli dunia maupun di indonesia, yaitu sebagai berikut:


Menurut Aristoteles

Dapat dikatakan bahwa ekonomi adalah cabang yang dapat digunakan dalam dua cara, yaitu kemungkinan penggunaan dan kemungkinan pertukaran untuk barang. Nilai penggunaan dan nilai tukar.


Menurut Ahmed Khursad

Mengatakan bahwa ekonomi adalah upaya sistematis yang berupaya memahami masalah ekonomi dan perilaku manusia terkait masalah ini dari perspektif Islam.


Menurut M. Akram Khan

Mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang bertujuan untuk mempelajari kesejahteraan manusia (petani) yang dicapai melalui pengaturan sumber daya bumi berdasarkan kerjasama dan partisipasi.


Menurut dana

Perhatikan bahwa ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan atau studi yang menjelaskan cara menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan individu / masyarakat.

Artikel Terkait:  Materi Manajemen Pendidikan

Menurut Lillian Beveridge

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia bekerja bersama untuk mendapatkan kebutuhan material.


Menurut Louis Cantouri

Definisi ekonomi dalam hal Islam, katanya, ekonomi adalah: “Masalah memastikan bahwa kekayaan berputar di antara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Tuhan untuk mencapai kemakmuran di dunia dan di luar . “


Menurut A. C. Pigou

Untuk mengatakan bahwa ekonomi adalah studi untuk menambah jumlah pengeluaran untuk meningkatkan standar hidup.


Menurut Edwin Canan

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi yang bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor umum yang menentukan kepentingan material.


Menurut Lionel Robbins (1995)

Untuk berpendapat bahwa ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia yang terkait dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber daya terbatas dengan meningkatkan minat.


Menurut Heinbmann

Bagian terbesar dari teori ekonomi, terutama teori nilai, dibebankan dengan menganalisis manusia dan reaksi mereka terhadap kehidupan ekonomi.


Menurut Dr. Solestigo, MBA

Pelajari bagaimana orang atau masyarakat memilih untuk menggunakan sumber daya yang langka dan kemungkinan penggunaan alternatif untuk menghasilkan barang dan jasa yang berbeda dan mendistribusikannya untuk konsumsi berbagai orang dan kelompok orang di masyarakat, baik sekarang atau di masa depan dan dengan menggunakan uang atau tidak.


Menurut Frank, hal itu terungkap

Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang bagaimana berperilaku ekonomis.


Menurut Profesor Dr. JLMi Jr.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya manusia untuk berkembang.


Menurut Von Neumann dan Morgenstern

Ekonomi adalah bidang yang disayangkan jika tidak ditangani secara ilmiah karena tokoh-tokoh utamanya sibuk mengurus solusi untuk menangani masalah-masalah mendesak di era ini.


Menurut Samuekon

Ekonomi adalah ilmu yang menganalisis kerugian dan keuntungan dari peningkatan pola penggunaan sumber daya tertentu.


Menurut Paul A. Samuelson

Menunjukkan bahwa ekonomi adalah ilmu tentang cara orang dan masyarakat mengambil, melalui penggunaan atau tanpa penggunaan dana, untuk menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat digunakan dengan cara yang berbeda untuk menghasilkan berbagai jenis barang dari waktu ke waktu dan mendistribusikan mereka untuk konsumsi sekarang atau di masa depan, untuk orang atau kelompok yang berbeda dalam masyarakat.


Menurut Adam Smith

Dia mengatakan bahwa ekonomi adalah penyelidikan kondisi dan penyebab kekayaan negara.

Artikel Terkait:  Sumber Dana Bank adalah

Menurut J. Say

Memperhatikan ekonomi sebagai studi regulasi yang dapat menentukan kekayaan.


Menurut J. S. Mile

Mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu praktis untuk produksi dan distribusi kekayaan.


Menurut Alfred Marshall

Untuk mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu tentang kemanusiaan dalam upaya untuk mempelajari bagian dari pekerjaan individu dan sosial yang paling dekat dengan mencapai dan menggunakan kesejahteraan materi.


Menurut Benson

Dia mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu kesejahteraan materi.


Menurut Lionel Robbins

Dikatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai penghubung antara ujung (ujung) dan sarana langka (sarana langka) yang memiliki banyak kegunaan alternatif.


Menurut Richard J. Lipsy

Untuk mengatakan bahwa ekonomi adalah studi menggunakan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.


Menurut N. Gregory Manco

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana orang mengelola sumber daya yang langka.


Menurut Robert B. Ecclund Jr. dan Robert Tolleson

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang cara individu dan masyarakat yang memiliki keinginan tak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya terbatas untuk memenuhi keinginan mereka.


Menurut Sorman Rosidy

Mengatakan bahwa ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memungkinkan upaya memberikan pengetahuan dan memahami gejala-gejala masyarakat yang timbul akibat tindakan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan atau mencapai kemakmuran.


Menurut ensiklopedia Indonesia

Dikatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya manusia untuk mencapai kemakmuran, gejala dan hubungan yang dihasilkan dari upaya ini.


Menurut Gir Hirschliver

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang keputusan dalam memilih di antara tindakan berbeda yang dapat diambil, atau ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi ketika keputusan orang yang berbeda saling mempengaruhi.


Menurut Case and Fair

Mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat memilih untuk menggunakan sumber daya yang langka yang disediakan oleh alam untuk generasi sebelumnya.


Menurut Manulang

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dalam upaya mencapai kemakmuran (kemakmuran adalah kondisi di mana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik dalam bentuk barang maupun jasa).


Menurut Roynes

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menghadapi kebutuhannya dengan cara terbatas yang memiliki beragam fungsi.


Menurut Alfred Stoner

Alfred W. Stoner membagi ekonomi menjadi 3 kelompok:

  1. Ekonomi deskriptif
    Ekonomi menggambarkan data yang menjelaskan berbagai fenomena dan fakta yang terjadi.
  2. Teori ekonomi
    Ekonomi memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang cara kerja sistem ekonomi dan fitur-fitur penting dari sistem ini.
  3. Ekonomi terapan
    Ekonomi menggunakan kerangka kerja umum dan analisis yang disediakan oleh teori ekonomi untuk menjelaskan alasan dan signifikansi peristiwa yang dilaporkan oleh ekonom deskriptif.
Artikel Terkait:  Pengertian Usaha Mikro

Menurut Rostow

Rostow membagi ekonomi menjadi lima tahap pertumbuhan, yaitu:

  • Masyarakat tradisional
  • Kondisi dasar untuk tinggal landas
  • Ditanggalkan
  • Dewasa (mastury)
  • Masa konsumsi massal

Menurut J.S. pabrik

Ekonomi adalah ilmu yang berkaitan dengan pengeluaran produk negara.


Menurut David Ricardo

Ekonomi adalah studi hukum dari berbagai jenis masyarakat.


Menurut F. Walke

Ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kekayaan.


Menurut KBBI

Ekonomi adalah studi tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang. Serta berbagai masalah yang berkaitan dengannya.


Menurut Rosedi

Ekonomi adalah cabang ilmu sosial yang mempelajari seputar fokus topiknya pada orang dan masyarakat.


Menurut Albert Myers

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kebutuhan yang harus dimiliki dan dibutuhkan manusia serta cara memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang dapat dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Menurut Gunnar Myrdal

Ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari ilmu-ilmu sosial, sehingga ekonomi tidak dapat dipisahkan dari ilmu sosial lainnya, seperti politik, psikologi, geografi, antropologi, dll.


Menurut Frank Knight

Ekonomi adalah cabang ilmu yang mempelajari pengetahuan dan pendapat semua orang tentang cara hidup ekonomi.


Menurut Wikipedia

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Inggris: scarcity).


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 42 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli dan Kesimpulannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: