Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Iklim dan Cuaca“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengaruh-Iklim-dan-Cuaca-Terhadap-Kegiatan-Manusia

Iklim adalah hal yang tidak dapat diceraikan dari kehidupan manusia. Bagaimanapun pun iklim dan pun cuaca paling begitu dekat dengan manusia, meskipun terdapat perbedaan cuaca dan iklim sendiri. Aktivitas insan yang super padat sangat diprovokasi oleh suasana iklim dan cuaca, terlebih kegiatan yang dilaksanakan di luar ruangan atau outdoor. Selain kegiatan langsung yang dilaksanakan manusia, iklim dan cuaca pun mempengaruhi pekerjaan di sekian banyak bidang terutama perekonomian manusia. sebetulnya apa saja sih pengaruh iklim dan cuaca untuk kehidupan insan sehari- hari? Berikut ini merupakan sejumlah pengaruh dari iklim dan cuaca terhadap pekerjaan manusia tersebut:


Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia

Berikut ini terdapat beberapa pengaruh iklim dan cuaca terhadap kegiatan manusia, yaitu sebagai berikut:


1. Mempengaruhi lokasi tinggal manusia

Keadaan iklim sangat dominan terhadap pemilihan lokasi tinggal manusia. Hal ini sangat sehubungan dengan kenyamanan dalam mengerjakan aktivitas. Manusia bakal lebih memilih bermukim di lokasi dengan iklim yang nyaman, tidak terlampau panas dan tidak terlampau dingin. Jika terlampau panas maka insan tidak bakal nyaman. Demikian pula andai terlalu dingin maka manusia pun tidak bakal nyaman karena dapat jadi tidak bakal kuat terhadap dinginnya cuaca.

Artikel Terkait:  Pengertian Pemanasan Global

2. Mempengaruhi pekerjaan bercocok tanam baik pertanian maupun perkebunan

Iklim dan cuaca pun sangat dominan terhadap pekerjaan bercocok tanam baik berupa pertanian dan pun perkebunan. Banyak orang yang memungut profesi sebagai pengelola perkebunan maupun sebagai petani. Kesuksesan mereka dalam bercocok tanam akan paling bergantung untuk iklim dan pun cuaca. Iklim yang dingin akan membuat keterbatasan terhadap tumbuhan yang dapat tumbuh, contohnya saja hanyalah tembakau, the dan pohon- pohon berdaun jarum. Demikian pula dengan iklim yang panas barangkali hanya sejumlah tanaman yang dapat tumbuh. Nah, urusan ini menjadi kendala tersendiri untuk petani. Persebaran curah hujan yang terlalu tidak sedikit akan mengakibatkan akar tumbuhan menjadi busuk, tetapi curah hujan yang paling sedikit pun akan merugikan petani karena ongkos produksinya akan meningkat untuk pengairan.


3. Mempengaruhi kesehatan manusia

Iklim dan cuaca juga dominan terhadap kesehatan manusia. Banyak penyakit yang hadir di cuaca tertentu. Sebagai contoh ialah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk laksana demam berdarah dan malaria. Seperti yang anda tahu bahwa nyamuk berkembang biak pada genangan air yang tidak sedikit ditemukan saat musim hujan. Dengan demikian penyakit yang sejenis ini akan tidak sedikit berkembang saat musim hujan. Lalu terdapat pula penyakit yang datangnya saat musim kemarau atau panas, laksana gangguan tenggorokan, panas dalam dan beda sebagainya.


4. Memicu terjadinya alergi dan sejumlah penyakit lain

Ada sejumlah alergi dan pun penyakit tertentu yang timbul saat musim tertentu juga. Seperti yang terjadi di benua Afrika, terdapat penyakit kulit tertentu yang tersebar sebab iklim di Afrika begitu panas. Maka dari itulah penularan penyakit di Afrika termasuk cepat, terlebih dengan ditolong oleh serangga tertentu. urusan ini pun tidak lepas dari peranan suasana iklim.

Artikel Terkait:  Negara Swedia

5. Mempengaruhi pekerjaan perindustrian dan perekonomian manusia

Iklim tidak sedikit mempengaruhi suasana perindustrian yang menjadi mata pencaharian tidak sedikit orang di Indonesia bahkan di dunia. Sebagai misal di wilayah dingin, maka akan tidak sedikit kita temukan industri yang membuat sekian banyak pakaian hangat dan pun akan tidak sedikit kita temukan penjaja makanan yang menolong meghangatkan tubuh. Demikian pula di wilayah yang panas maka perindustrian bakal lebih terfokus dalam penciptaan pakaian yang berbahan katun atau yang bisa membuat insan menjadi segar. Demikian pula dengan makanan yang dipasarkan pastilah makanan atau minuman dingin yang bisa menyegarkan badan.


6. Mempengaruhi pekerjaan di luar ruangan

Pengaruh yang tidak bisa dihilangkan dari iklim dan pun cuaca terhadap pekerjaan manusia ialah terhadap pekerjaan manusia di luar ruangan atau pekerjaan outdoor. Saat anda berkegiatan di luar ruangan maka anda akan langsung bersangkutan dengan alam, jadi andai cuaca dingin maka bakal terasa dingin yang sangat sebab tidak terdapat pemanas udara laksana di dalam ruangan. Demikian pula andai cuaca panas maka anda akan langsung terhubung dengan pencahayaan matahari yang menyengat kulit kita. Jika hujan turun juga maka anda akan langsung basah. Nah, hal- hal laksana inilah yang bakal menghambat pekerjaan manusia di luar ruangan. Kebanyakan insan akan lebih mengharapkan cuaca yang terik daripada jenis-jenis hujan guna melakukan pekerjaan di luar ruangan.


7. Berpengaruh terhadap pekerjaan budidaya ternak maupun perikanan

Kegiatan perekonomian insan memang bermacam- macam. Di samping dalam bidang bercocok tanam maka, insan juga tidak sedikit yang mengerjakan budidaya hewan seperti ikan. Beberapa jenis ikan hidupnya pun tergantung situasi iklim dan pun cuaca. Kesuksesan perkembangbiakan ikan- ikan ini akan dominan pada peradaban perekonomian masyarakat.

Artikel Terkait:  Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Iklim

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 7 Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Sehari-hari

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :