Pembagian Ilmu Ekonomi

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Ilmu Ekonomi“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Cabang-Ilmu-Ekonomi

Ekonomi adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Praktek ini dilakukan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam produksi maupun dalam distribusi dan konsumsi. Setiap orang terlibat dalam kegiatan ekonomi, tetapi hanya sedikit orang yang menguasai pengetahuan itu.

Jangan salah, ekonomi bukan hanya untuk mahasiswa ekonomi. Anda juga bisa mempelajarinya, termasuk divisi ekonomi itu sendiri. Tidak hanya distribusinya tetapi aplikasi itu sendiri sangat banyak.

Ekonomi adalah salah satu istilah yang terkenal dan sering kita dengar. Ekonomi adalah sektor yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Hampir semua kegiatan yang kita miliki terkait dengan ekonomi. Pada dasarnya, kata ekonomi berasal dari dua kata yaitu oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan nomos yang berarti regulasi.

Kemudian, pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu yang membahas perilaku manusia terkait dengan kegiatan ekonomi seperti produksi, konsumsi dan distribusi, yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang agar dapat mencapai kesejahteraan.


Pembagian Ilmu Ekonomi

Berikut ini terdapat beberapa pembagian ilmu ekonomi, yaitu sebagai berikut:


  1. Ekonomi Deskriptif

Cabang ekonomi deskriptif berfokus pada deskripsi data yang menjelaskan berbagai fakta dan fenomena kegiatan ekonomi yang berlaku di masyarakat. Ekonomi deskriptif, seperti namanya, menggambarkan fakta ekonomi di bidang tertentu pada waktu tertentu berdasarkan data yang direkam. Contohnya adalah nilai rupee dan keadaan pasar uang selama Reformasi 1998.


  1. Teori Ekonomi

Teori ekonomi adalah pembagian ekonomi yang memberikan penjelasan yang disederhanakan tentang bagaimana sistem ekonomi bekerja dan fitur yang sangat penting dari sistem ekonomi. Teori ekonomi ini dibangun atas dasar pengamatan sebab akibat berdasarkan tindakan dan reaksi yang ada dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Secara umum, teori ekonomi dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Keduanya memiliki definisi dan interpretasi yang berbeda.


  • Ekonomi Makro

Pengertian makroekonomi adalah sejenis teori ekonomi yang mempelajari mekanisme aksi ekonomi secara keseluruhan. Masalah yang diteliti dalam ekonomi makro termasuk fenomena ekonomi umum seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat harga. Tujuan makroekonomi adalah untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan untuk merumuskan dan meningkatkan kebijakan ekonomi.

Baca Juga : Pengertian Ekonomi Makro


  • Ekonomi Mikro

Memahami ekonomi mikro adalah semacam teori ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan produksi rumah tangga atau bisnis untuk membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang langka. Secara khusus, mikroekonomi mempelajari bidang-bidang seperti perilaku konsumen dan bisnis dan penentuan harga pasar untuk jenis barang tertentu dan jumlah faktor input untuk barang dan jasa.

Artikel Terkait:  Materi Sistem Demokrasi Ekonomi

  1. Ekonomi Terapan

Ekonomi ini menggunakan ukuran, metode analitik, statistik, dll untuk mengukur dan menjelaskan fenomena ekonomi yang terjadi. Hasilnya kemudian digunakan sebagai referensi untuk perumusan kebijakan yang kemudian diterapkan. Aplikasi ini sebelumnya menggunakan data ekonomi deskriptif dan studi ekonomi makro dan mikro.


Cabang Ilmu Ekonomi

Berikut ini terdapat beberapa cabang ilmu ekonomi, yaitu sebagai berikut:


  • Ekonomi lingkungan

Mungkin kita masih bertanya-tanya apakah ada hubungan ekonomi dengan lingkungan. Ternyata ada, dalam ekonomi lingkungan, kita akan membahas peristiwa atau gangguan lingkungan yang berdampak pada kondisi ekonomi. Di bidang ekonomi, ada 3 poin studi. Pertama, degradasi lingkungan dan menipisnya sumber daya alam yang mengarah pada pengurangan kesejahteraan masyarakat. Tentu saja, ini akan mempengaruhi perekonomian masyarakat, kita ambil contoh banjir di lahan pertanian Kabupaten Malang, yang berarti petani tidak panen dan menderita kerugian hingga puluhan juta. Kedua, penyimpangan atau kesalahan kegiatan ekonomi yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Dalam hal ini, banyak entitas komersial melanggar aturan untuk meningkatkan produksi dan mendapatkan banyak keuntungan dengan membuka cabang industri di hutan, dekat sungai dan membuang limbah mereka di sana. Tentu saja ini akan merugikan banyak orang. Ketiga, itu adalah solusi untuk masalah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor ekonomi. Dalam hal ini, pemerintah dapat menetapkan kebijakan atau undang-undang yang melindungi lingkungan dari ancaman kerusakan yang disebabkan oleh proses ekonomi, seperti pajak tinggi atau pengurangan subsidi dan lain-lain.


  • Ekonomi evolusioner

Ekonomi evolusioner adalah cabang ekonomi yang secara khusus membahas perubahan yang terjadi di dunia ekonomi dari awal hingga sekarang. Elemen-elemen yang diteliti adalah pengembangan, kemajuan, penurunan, upaya alternatif atau terobosan yang belum pernah ada. Karena di sinilah kita menemukan arah evolusi atau perubahan yang terjadi dalam ekonomi dunia. Sehingga kita tahu cerita atau apa yang terjadi sebelumnya agar tidak menghalangi hal serupa.

Selain itu, ekonomi evolusioner ini membahas stabilitas kesinambungan perilaku antara para pihak dari waktu ke waktu, agar dapat merumuskan atau mengetahui bagaimana karakteristik perilaku masa depan berbeda dari yang ada saat ini.


  • Ekonomi eksperimental

Ekonomi eksperimental adalah ekonomi yang berfokus pada meneliti atau bereksperimen dengan sesuatu yang telah terjadi pada ekonomi global. Peran ekonomi ini terdiri dalam mencari semua faktor yang memicu suatu peristiwa atau perubahan, karakteristik ekonomi yang baik, dll. Dengan penelitian yang dihasilkan oleh ekonomi, pihak-pihak yang terlibat dalam dunia ekonomi mendapatkan informasi yang baik untuk mempersiapkan kegiatan di bidang ekonomi. dunia.


  • Ekonomi kesehatan

Ekonomi kesehatan adalah cabang ekonomi yang memiliki peran menganalisis peristiwa di sekitar perawatan kesehatan, mulai dari kesehatan, pekerjaan dan pengeluaran lainnya, serta memprediksi dampak dampak pada hasil akhir nanti, yaitu kesehatan masyarakat. Ekonomi kesehatan memiliki tujuan, yaitu menggeneralisasi pembagian informasi tentang biaya dan manfaat yang diperoleh dari cara lain untuk mencapai suatu tujuan, yaitu kesehatan masyarakat.

Artikel Terkait:  Materi Inflasi

  • Ekonomi kelembagaan

Ekonomi institusional adalah studi ekonomi yang menganalisis sistem sosial yang membatasi penggunaan atau pertukaran sumber daya yang langka, serta upaya untuk menjelaskan perlunya munculnya berbagai bentuk pengaturan kelembagaan yang mengandung konsekuensi mereka sendiri. Kelahiran ekonomi institusional dimotivasi oleh asumsi-asumsi berikut.

  1. Kontrol yang lemah akan mendorong pemborosan dan penggunaan sumber daya yang ada secara sembarangan.
  2. Kontrol yang baik dan ketat akan mengurangi penipuan atau kesalahan, khususnya dalam biaya transaksi untuk produksi dan investasi jangka panjang.
  3. Tekad atau tekad kontrol sosial mempengaruhi distribusi kekayaan dalam suatu masyarakat.
  4. Kontrol organisasi akan memengaruhi seseorang dalam pemilihan organisasi ekonomi.
  5. Kontrol sumber daya dapat dilakukan secara langsung agar dapat ditargetkan dan efektif.
  6. Struktur kontrol akan mempengaruhi masa depan ekonomi.

  • Ekonomi matematika (ekonometrika)

Matematika ekonomi adalah cabang ekonomi yang memusatkan penelitiannya untuk menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di sekitar ekonomi menggunakan metode matematika dan statistik. Misalnya, berdasarkan data yang ada seperti jumlah pendapatan nasional, jumlah dana masuk dan keluar, dan data lain yang diperlukan. Dapat digunakan untuk memprediksi gejala atau masalah yang akan terjadi di masa depan.


  • Ekonomi pertahanan

Ekonomi pertahanan adalah studi ekonomi yang membahas keberadaan biaya yang diperlukan untuk menjaga perdamaian menggunakan metode dan analisis ekonomi, baik ekonomi mikro maupun makro. Ekonomi terkait dengan kondisi suatu negara dalam kaitannya dengan negara-negara dalam situasi darurat akibat krisis moneter, perang dan kolonialisme, dll.


  • Ekonomi sumber daya alam

Ekonomi sumber daya alam adalah cabang ekonomi yang membahas ketersediaan sumber daya alam di suatu negara. Dia juga merancang formula perawatan sumber daya alam untuk menghasilkan hasil dan keuntungan yang signifikan, sambil tetap memperhatikan etika dan aturan penggunaan sumber daya alam sehingga mereka tetap berkelanjutan dan seimbang dan dapat digunakan dan digunakan dalam jangka panjang.


  • Ekonomi sumber daya manusia

Ekonomi sumber daya manusia adalah salah satu cabang ekonomi yang bergerak di bidang sumber daya, yaitu manusia. Di bidang ekonomi, ini berkaitan dengan keberadaan dan peran sumber daya manusia untuk ekonomi. Ada beberapa hal yang dibahas dalam ekonomi sumber daya manusia, mulai dari pekerjaan, pengangguran, lowongan, migrasi penduduk, kepadatan penduduk, dll. Ekonomi ini bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya manusia yang ada agar dapat menghasilkan keuntungan besar dan mampu membuat kehidupan penghuninya sejahtera.


  • Ekonomi moneter

Ekonomi moneter adalah cabang ekonomi yang memfokuskan studi pada fungsi, sifat, dan pengaruh uang pada kegiatan ekonomi saat ini di suatu negara. Di cabang ini, beberapa aspek dianalisis, seperti perbankan, inflasi, suku bunga, dll. Inti dari ekonomi moneter adalah untuk melihat dan memeriksa segala sesuatu yang terjadi pada uang, karena uang adalah alat yang digunakan dalam setiap kegiatan ekonomi, dalam setiap kasus, uang akan selalu dibutuhkan. Tujuan dari studi ekonomi moneter adalah untuk menciptakan komunitas ekonomi yang stabil sehingga dapat mendukung kebutuhan hidup dan kesejahteraan hidup.

Baca Juga : Kebijakan Moneter adalah


  • Ekonomi publik

Kata publik memiliki banyak arti; dapat diartikan sebagai pemerintah, komunitas, atau negara. Tetapi dalam hal ini, ekonomi publik adalah ekonomi yang lebih condong kepada pemerintah, oleh karena itu ia berurusan dengan semua kebijakan pemerintah atau peraturan tentang ekonomi negara, seperti anggaran negara, anggaran daerah, pajak, subsidi, jaminan sosial, dll. Dengan adanya ekonomi publik, pemerintah dapat memeriksa sendiri semua kekurangan yang terjadi, ia juga dapat membuat rencana terkait dengan apa yang akan dilakukan dalam perekonomian.

Artikel Terkait:  Materi Strategi Pemasaran

Tujuan dari ekonomi publik adalah untuk mempelajari atau mempelajari keterlibatan atau upaya pemerintah dalam bidang ekonomi dalam hal menciptakan dana yang stabil untuk efisiensi ekonomi untuk memastikan kesejahteraan dan kesejahteraan rakyatnya.


  • Ekonomi regional

Ekonomi regional adalah cabang ekonomi yang unik karena mencakup unsur-unsur regional. Dengan cara ini, pemilik bisnis tahu bahwa pemerintah dapat menjadikan ekonomi ini sebagai tolok ukur untuk menemukan lokasi atau tempat yang cocok untuk bisnis atau bisnis yang akan dijalankan. Berkat perhitungan dan analisis yang dilakukan oleh ekonomi regional, kami akan dapat mengetahui tempat mana yang efektif, efisien dan menguntungkan bagi perusahaan kami.

Perekonomian daerah dibagi menjadi dua, yaitu ilmu daerah dan perencanaan daerah. Ilmu pengetahuan regional didefinisikan sebagai studi ekonomi yang berfokus pada analisis aspek ekonomi dan geografis. Sementara perencanaan tata ruang adalah poros ekonomi regional studi tentang perencanaan tata ruang, pengembangan, penggunaan dan perencanaan.


  • Ekonomi industri

Ekonomi industri adalah ekonomi khusus yang mempelajari semua aspek yang terkait dengan industri, industri besar dan kecil. Tujuan ekonomi industri adalah untuk menganalisis hubungan antara struktur pasar dan kebijakan suatu perusahaan untuk menentukan efisiensi kerja suatu perusahaan yang merupakan bagian dari proses industri.


  • Ekonomi Islam

Ketika kita mendengar kata syariah, pikiran dan perhatian kita pasti akan fokus pada nilai Islam. Pada dasarnya, ekonomi syariah adalah ekonomi Islam. Di mana ekonomi didasarkan pada nilai-nilai dan aturan Islam. Sehingga ia tidak berpaling dari hal-hal yang tidak murni atau salah. Munculnya ekonomi Syariah dimotivasi oleh meningkatnya jumlah sistem ekonomi yang berasal dari hukum Islam.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 17 Pembagian dan Cabang Ilmu Ekonomi Beserta Pembahasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: