Negara Montenegro

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Montenegro“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Negara-Montenegro

Montenegro merupakan negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa Selatan. Kata Montenegro sendiri memiliki arti. Dengan kata lain, Gunung Hitam. Berdasarkan konstitusinya, negara ini adalah negara yang sosial, demokratis, dan ekologis.


Karakteristik Negara Montenegro

Negara Montenegro memiliki ibukotanya di Podgorica, yang juga merupakan salah satu kota terbesar. Terletak di Semenanjung Balkan, negara ini secara astronomis terletak di antara garis lintang 41 hingga 44 derajat utara dan garis bujur 18 hingga 21 derajat barat.

Selain itu, Montenegro berbatasan dengan beberapa wilayah, antara lain:

  • Perbatasan utara: Bosnia dan Herzegovina, Serbia.
  • Perbatasan timur: Kosovo
  • Sisi selatan berbatasan dengan Albania dan Laut Adriatik.
  • Perbatasan Barat: Negara Kroasia.

Negara Montenegro mencakup area seluas 13.812 kilometer persegi dan terdiri dari beberapa wilayah pegunungan yang terletak di sepanjang perbatasan Serbia, Kosovo, dan Albania. Merupakan bagian dari wilayah karst di Semenanjung Balkan bagian barat hingga dataran pantai sempit selebar 1,5-6. km.

Ada juga kawasan karst yang cukup luas di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Meski demikian, di beberapa daerah, seperti Gunung Orgen, yang berada di atas 2.000 meter di atas permukaan laut, Lembah Sungai Zeta merupakan segmen terendah di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Pegunungan Montenegro terjal di benua Eropa, dengan ketinggian rata-rata lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Puncak tertinggi terletak di Bobotofukuku di Pegunungan Dermitre pada ketinggian 2.522 m.

Artikel Terkait:  Pengertian Angin

Penduduk Negara Montenegro

Total populasi Montenegro pada tahun 2020 akan menjadi sekitar 609.859. Sebagian besar penduduk Montenegro adalah penduduk Montenegro, tetapi sisanya berasal dari kelompok etnis lain seperti Bosnia, Albania, Kroasia, dan Slovakia.

Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Montenegro adalah bahasa Montenegro yang dikenal sebagai Montenegro. Perlu dicatat bahwa orang-orang Montenegro secara tradisional berpegang pada Gereja Ortodoks. Namun, beberapa penduduk tetap memeluk agama lain seperti Islam, Budha, dan Yudaisme, beberapa tidak memiliki agama, dan beberapa tidak dikenal.


Ekonomi Negara Montenegro

Perekonomian Montenegro pada dasarnya berbasis layanan dan sedang dalam transisi ke ekonomi pasar. Berdasarkan Dana Moneter Internasional, PDB negara Montenegro mencapai US $ 5,424 miliar pada 2019, dan PDB Daya Beli Parsitas mencapai US $ 20,083 per orang (2019).

Bank Sentral Montenegro bukan bagian dari sistem euro, tetapi menggunakan euro sebagai mata uangnya.

Montenegro juga secara aktif terlibat dalam impor dan ekspor barang. Ekspor utama adalah aluminium dan produk olahannya, bahan bakar mineral dan minyak bumi, kayu dan produk olahannya, mesin dan mesin, besi, baja dan farmasi.

Impor utama adalah listrik dan peralatannya, bahan bakar mineral, minyak bumi, mesin dan peralatan, produk baja olahan, daging dan obat-obatan.

Lebih dari 5.000 perusahaan asing terdaftar dan dioperasikan di Montenegro. Negara ini juga menerima banyak investasi dari beberapa negara seperti Italia, Norwegia, Fugalia, Rusia, Austria, Amerika Serikat, dan Inggris.


Kekayaan Negara Montenegro

Pertanian adalah andalan Montenegro dan meluas ke lima wilayah, termasuk zona pesisir, karst, pegunungan utara, Polymusco Ibar, dan Zeta Bjello Pavlici. Pegunungan utara merupakan area yang banyak digunakan untuk lahan pertanian. Di sisi lain, produk utama negara adalah anggur, gandum, tepung jagung, dan oat.

Artikel Terkait:  Kristalisasi Magma

Hutan juga merupakan sumber daya alam Montenegro, dan bahkan keberadaannya dapat menutupi sekitar 45% dari total luas daratan Montenegro. Hasil hutannya meliputi pohon ek, pinus Makedonia, dan maple.

Banyak stok ikan berasal dari Laut Adriatik. Ada banyak jenis ikan yang ditangkap oleh nelayan setempat, termasuk tuna, trout, dan gurame. Ikan terbang merupakan jenis ikan yang populer di tanah air, bahkan ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai Eropa.


Fakta Menarik Negara Montenegro

  1. Nama Monte Negro terdiri dari dua kata: “Monte” yang artinya hitam dan “Negro” yang artinya gunung. Istilah ini sudah digunakan sejak abad ke-15.
  2. Tentara Turki dikalahkan dalam Perang Kursima, perang 1796 antara Montenegro dan Kekaisaran Ottoman. Pasukan Turki berjumlah sekitar 30.000, tetapi pasukan Monte Negrin hanya berjumlah 7.000.
  3. Negara Montenegro adalah salah satu anggota pendiri Palang Merah. Selain itu, negara tersebut juga memperkenalkan mobil pos pertama pada tahun 1903.
  4. Republik Montenegro secara resmi merdeka dari Serbia pada 3 Juni 2006.
  5. Podgorica tidak hanya ibu kota Montenegro, tetapi juga pusat administrasi, budaya, ekonomi dan pendidikan.
  6. Bendera Montenegro adalah gambar singa emas. Bendera ini didasarkan pada bendera yang digunakan oleh Nikola I dari tahun 1910 hingga 1918.
  7. Danau Skadar adalah danau terbesar di Balkan. Sepertiga wilayah milik Montenegro dan sisanya berada di Albania.
  8. Desa Crkvice adalah lokasi Montenegro, yang memiliki curah hujan tahunan tertinggi di Eropa.
  9. Ada resor ski tertinggi di Balkan yang disebut Zabljak.
  10. Montenegro memiliki tebing terdalam di Eropa, 1.333m, disebut Taracliffe. Taracliffe adalah bagian dari Taman Nasional Dermior dan merupakan situs warisan UNESCO.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 10 Fakta Negara Montenegro: Karakteristik, Penduduk dan Ekonomi

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Artikel Terkait:  Tanah Organosol

Baca Juga :