Negara Kiribati

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Negara Kiribati“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Negara-Kiribati

Negara Kiribati adalah salah satu negara berdaulat yang terletak di Samudera Pasifik atau masuk ke sebagai negara di benua Oseania. Di samping itu, Negara Kiribati tergolong negara terkecil di dunia dengan total luas distrik sekitar 811 km persegi.

Nama Kiribati diadopsi ketika telah negara ini merdeka dengan pelafalan orang lokal sebagai Gilberts. Sebenarnya nama tersebut dipungut dari nama pulau utama yang menyusun negara ini.

Sebelum mempunyai nama Kiribati, negara ini mempunyai nama Kepulauan Gilbert (1820) yang dipungut dari nama seorang pengembara Inggris mempunyai nama Thomas Gilbert. Dalam sejumlah catatan, pengucapan Kiribas adalahpengucapan resmi karena “ti” dalam bahasa Gilbert berbunyi “s”.


Karakteristik Negara Kiribati

Negara Kiribati adalahsebuah negara kepulauan yang terdiri atas 32 atol dan suatu pulau yang mempunyai nama Banaba. Atol-atol itu tersebar di Samudera Pasifik sepanjang 3.500.000 km persegi, dekat garis khatulistiwa.

Atol itu membentuk sejumlah kepulauan, antara lain:

  • Kepulauan Gilbert, terdiri atas 16 atol yang sedang di 1.500 km sebelah unsur utara negara Fiji.
  • Kepulauan Phoenix, terdiri atas 8 atol dan kepulauan karang yang sedang di 1.800 km sebelah tenggara Kepulauan Gilbert.
  • Kepulauan Line, terdiri atas 8 atol dan satu karang yang sedang di 3.300 km sebelah unsur timur Kepulauan Gilbert.
  • Banaba, adalah sebuah pulau terisolasi yang berada salah satu Nauru dan Kepulauan Gilbert.

Perlu diketahui andai tiga dari pulau-pulau yang sedang di Kepulauan Line sedang di bawah dominasi Amerika Serikat. Di samping itu, di antara atol di Kepulauan Line yang mempunyai nama Kiritimati (Pulau Christmas), ialah atol terbesar di dunia.

Artikel Terkait:  Materi Ekonomi Kreatif

Pulau Banaba adalah sebuah pulau karang yang telah disanjung dan dahulu menjadi surganya fosfat. Namun ketika ini eksistensi fosfat itu telah berakhir sebelum negara ini merdeka dari Britania Raya pada tahun 1979.


Penduduk Negara Kiribati

Penduduk Kiribati lebih dikenal dengan sebutan I-Kiribati dalam bahasa Gilbert. Bahasa Gilbert sendiri ialah bahasa asli warga bangsa Mikronesianya dan telah dipakai secara luas. Penggunaan bahasa Inggris sendiri melulu berlaku guna konstitusi di bidang hukum.

Hal menarik dari pemakaian bahasa Gilbert yakni, tidak ditemukan huruf “s” dan diganti dengan “ti”. Sama halnya dengan Kiritimati yang memakai bahasa Gilbert maka menjadi Christmas dalam bahasa Inggris.

Hampir beberapa besar warga Kiribati beragama Kristen tetapi agama itu telah dibaur dengan abad istiadat yang berasal dari keyakinan setempat. Di samping agama Kristen, ada sejumlah penduduk yang menganut keyakinan Bahá’í.


Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Kiribati

Kondisi perekonomian negara Kiribati tidak dapat disebutkan stabil, bahkan sering merasakan kenaikkan dan penurunan dalam sejumlah tahun terakhir. Hal ini diakibatkan karena terbatasnya pekerja ahli, infrastruktur yang kurang, serta tempat negara ini yang lumayan jauh dari pasar dunia.

Meskipun begitu, negara Kiribati masih mengandalkan sektor pariwisata yang menyumbang lebih dari seperlima PDB negara ini. Tidak melulu itu saja, Kiribati pun mendapat pertolongan dana internasional yang berasal dari Britania Raya dan negara Jepang. Bantuan itu menjadi ekstra yang amat penting untuk PDB negara Kiribati yang menyumbang selama 25%-50%.

Sumber daya alam yang dipunyai Kiribati tidaklah banyak. Dahulu negara ini kaya bakal cadangan fosfat yang mempunyai nilai jual tinggi. Namun kini cadangan fosfat telah berakhir saat negara ini merdeka.

Artikel Terkait:  Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik

Meskipun begitu, negara Kiribati masih mempunyai sumber daya alam lainnya berupa kelapa dan ikan. Kelapa tumbuh dengan baik di negara ini dan sudah dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan negara dengan mengekspornya ke sebanyak negara dalam format kopra.

Tidak melulu itu saja, sebab ketersediaan pohon kelapa yang lumayan melimpah, pohon kelapa diubah dengan baik oleh warga Kiribati guna memenuhi keperluan hidup, seperti menciptakan kapal, bangunan, atap dan lantai, sampai serat dalam menciptakan tali dan kain.


Fakta Menarik Negara Kiribati

  1. Negara Kiribati menjadi lokasi kesatu di dunia untuk menyaksikan matahari keluar kesatu kali atau dengan kata beda negara ini menjadi lokasi kesatu menikmati sinar matahari. Sebab negara ini tergolong negara yang tempatnya berada sangat timur bumi tepatnya berada di sekitar International Date Line.
  2. Ibu kota negara Kiribati mempunyai nama Tarawa yang tempatnya berada di suatu pulau kecil. Jika diukur, pulau ini sedang di tengah-tengah antara Hawaii dengan Australia.
  3. Sejak tahun 1999, sudah tidak sedikit pulau-pulau kecil di Kiribati terbenam dan hilang. Bahkan dampak pemanasan global dan kenaikkan volume air laut, bukan tidak mungkin andai negara Kiribati tidak pantas huni dampak tenggelam.
  4. Negara Kiribati mempunyai sebuah cagar alam laut yang dibentengi dan terbesar di dunia yaitu Cagar Alam Pulau Phoenix. Cagar alam itu menjadi lokasi tinggal untuk 120 spesies tanaman karang dan lebih dari 500 spesies ikan.
  5. Berada di sekitar International Date Line, negara Kiribati menjadi negara kesatu di dunia yang merayakan tahun baru kesatu kali.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 5 Fakta Negara Kiribati: Karakteristik, Penduduk dan Ekonomi

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Artikel Terkait:  Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik

Baca Juga :