Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Kualitas Air Bersih “. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Negara-Dengan-Kualitas-Air-Bersih-Terbaik

Air menjadi komponen sangat penting dalam kehidupan. Ada pelbagai jenis air yang ada di Planet Bumi, akan namun tidak seluruh air itu dapat dimanfaatkan terutama untuk insan terutama guna dikonsumsi. Sebab pada dasarnya air yang baik guna dikonsumsi oleh insan haruslah bersih, tidak berwarna, dan pun tidak berbau.

Ada sejumlah negara di dunia yang mempunyai air dengan kualitas terbaik. Bahkan air itu dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu melalui proses pemasakan terlebih dahulu. Dan berikut susunan negara dengan kualitas air bersih terbaik di dunia:


Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik

Berikut ini terdapat beberapa negara dengan kualitas air bersih terbaik, yaitu sebagai berikut:


1. Negara Selandia Baru

Keindahaan alam Selandia Baru tidak dapat dipandang sebelah mata. Jejeran pegunungan es yang terbentang di negara ini memberikan guna tersendiri terhadap ketersediaan air untuk negara Selandia Baru.

Lelehan es yang sudah mencair itu mengalir dan tertampung menjadi sebuah telaga berair jernih. Karena kejernihannya bahkan air yang ada di telaga dapat langsung dikonsumsi.

Bahkan terdapat yang menyebut andai air yang berasal dari keran (air siap minum), memiliki kualitas yang sama dengan air minum dalam kemasan. Tidak heran andai negara Selandia Baru tergolong negara dengan kualitas air bersih terbaik di dunia.

Artikel Terkait:  Negara Kiribati

2. Negara Swiss

Tidak bertolak belakang dengan negara Selandia Baru, negara Swiss juga diarungi oleh Pegunungan Alpen. Kualitas air yang berasal dari Pegunungan Alpen tidak butuh diragukan lagi, tergolong air minumnya yang termasuk terbersih di dunia.

Jika disaksikan dari hal alam, curah hujan di negara Swiss termasuk tinggi, diperbanyak dengan lelehan es yang berasal dari lereng-lereng gunung, menciptakan ketersediaan air bersih di negara Swiss paling melimpah.

Selain tersebut kebijakan dari pemerintah turut menyokong ketersediaan air bersih dengan adanya drainase air di Rhine dan Rhone serta ada pengolahan air limbah mempunyai nama ARA Bern yang dirasakan sebagai di antara teknologi sangat maju di Eropa.


3. Negara Jerman

Negara Jerman telah memutuskan Undang-Undang Perlindungan Sumber Daya Alam semenjak lama, tidak heran andai air tergolong sumber daya alam yang sangat dipertahankan baik oleh negara ini.

Air bersih yang dipunyai negara Jerman mayoritas berasal dari telaga dan salju. Bahkan semua penduduk Jerman dapat merasakan air bersih langsung dari keran. Ketersediaan air di Jerman memang sengaja diproduksi dengan kualitas yang amat baik urusan ini bersangkutan dengan keharusan pemerintah dalam menyediakan kemudahan sanitasi untuk penduduk Jerman.

Tidak melulu itu saja pemerintah Jerman selalu meluangkan data secara spesifik tentang zat-zat yang terdapat di dalam masing-masing air keran siap minum. Tindakan ini dilaksanakan sebagai format menyakinkan masyarakat terhadap kelayakan air keran siap konsumsi di negara ini.


4. Negara Inggris

Untuk distrik negara Inggris unsur utara laksana Wales dan Skotlandia, menjadi tempat untuk beberapa telaga air tawar. Tidak heran andai ketersediaan air bersih negara ini paling terpenuhi.

Di samping itu, wilayah itu tidak melulu memanfaatkan telaga air tawar sebagai sumber air bersih saja, namun pun untuk air minum di distrik setempat dan mayoritas wilayah Inggris.

Artikel Terkait:  Materi Ekonomi Kreatif

Tingginya curah hujan yang terjadi di Inggris pun dimanfaatkan sebagai cadangan air bersih negara. Teknologi yang modern membuat negara ini dapat menyaring air yang terdapat menjadi air pantas konsumsi bahkan semua penduduk lumayan meminum air langsung dari keran tanpa butuh menyaringnya lagi.


5. Negara Norwegia

Sebagai di antara negara maju di benua Eropa, Norwegia mempunyai program perlindungan air tanah yaitu “The Midgard Snake” yang dijalankan oleh Depart Oslo Water and Wastewater Departement.

Pengelolaan air yang dilaksanakan oleh Norwegia dengan teknik membangun terowongan berkapasitas 50 ribu kubik yang bermanfaat sebagai waduk penyimpanan dan rute transportasi.

Tidak melulu sebagai waduk penyimpanan saja, terowongan ini juga bermanfaat untuk menambah kualitas air dan mengatasi akibat perubahan iklim, serta meminimalisir konsumsi energi dengan teknik mengurangi sistem pengolahan air negara tersebut.


6. Negara Perancis

Dalam mengawal kualitas air bersih negaranya, Perancis berkolaborasi dengan pihak swasta guna selalu menyimak kandungan bakteri yang terdapat di dalam air keran supaya tetap rendah.

Caranya dengan menambahkan kompresor ke dalam turbin guna menghasilkan air yang segar. Kincir angin yang ada bisa menghasilkan air minum khususnya dalam situasi iklim lembab.

Pemerintah Perancis pun melakukan kampanye guna meminum air keran, sampai akhirnya jumlah warga yang memanfaatkan air keran minum di Perancis semakin meningkat. Para warga Perancis yakin dan tidak butuh ragu guna mengkonsumsi air dari keran, karena kualitasnya sudah paling terjamin.


7. Negara Kanada

Selain familiar sebagai negara terbersih, kualitas air di Kanada pasti tidak diragukan lagi. Pemerintah Kanada terus berkomitmen guna selalu mengawal kualitas air bersih sampai layak guna dikonsumsi untuk masyarakatnya.

Artikel Terkait:  Materi Ekonomi Kreatif

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 7 Negara Dengan Kualitas Air Bersih Terbaik Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :