Meteor yang Pernah Jatuh Ke Bumi

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Meteor “. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Meteor-yang-Pernah-Jatuh-Ke-Bumi

Planet Bumi dikenal sebagai satu – satunya planet di dalam sistem tata surya yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Bagi itu, Planet Bumi mempunyai sebuah lapisan pelindung yang mempunyai nama lapisan atmosfer dan bermanfaat melindungi makhluk hidup dari jatuhnya benda – benda langit yang sedang di luar angkasa. Seperti yang anda ketahui andai ada pelbagai jenis benda – benda langit yang tersebar di luar antariksa dan sejumlah di antaranya bergerak mengekor arah gaya gravitasi yang dipunyai oleh planet – planet tergolong Bumi. Bahkan tidak jarang andai benda langit tersebut sukses menembus dan masuk ke dalam planet atau bahkan benda – benda di dekatnya laksana satelit.

Berbeda dengan planet lainnya, sebelum benda – benda langit sukses menyentuh atau hingga ke permukaan bumi, benda – benda itu terlebih dulu bakal berhadapan dengan atmosfer lantas terbakar sampai-sampai benda langit tidak pernah hingga ke permukaan bumi. Jumlah benda langit yang berjuang masuk ke dalam Planet Bumi sangat tidak sedikit untuk masing-masing harinya, dapat dibayangkan bagaimana situasi Bumi andai tidak memiliki lapisan atmosfer.

Akan tetapi, benda – benda langit itu ada yang sukses mencapai ke permukaan bumi meskipun beberapa tubuhnya sudah terbakar oleh lapisan atmosfer, seperti misal yang pernah terjadi jutaan tahun yang kemudian yang menyebabkan kehidupan dinosaurus menjadi punah. Ada istilah tersendiri guna benda langit yang bertabrakan dengan lapisan atmosfer yakni meteor atau biasa anda kenal dengan nama bintang jatuh. Namun andai meteor sukses sampai ke permukaan bumi dalam suasana utuh disebut meteorit. Dan inilah ini ialah daftar meteor yang pernah jatuh di Bumi, ayo disimak!


Meteor yang Pernah Jatuh Ke Bumi

Berikut ini terdapat beberapa meteor yang pernah jatuh ke bumi, terdiri atas:


1. Vredefort, Afrika Selatan

Vredefort yang sedang di Afrika Selatan menjadi lokasi jatuhnnya suatu meteor dan bekas jatuhnya sukses membuat suatu lubang serupa seperti kawah dengan diameter mencapi lebih dari 300 km. Kawah bekas jatuhnya meteor ini sedang di Provinsi Free State, Afrika Selatan dan diberi nama cocok dengan nama kota di mana kawah itu ditemukan. Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman geologi, lubang yang disebabkan oleh jatuhnya meteor itu terjadi selama 2,02 milyar tahun yang lalu. Sebuah studi yang dilaksanakan oleh Desmond Moser, seorang berpengalaman geokronologi dari Western University di Ontario menyatakan bahwa asteroid atau meteor yang mempunyai ukuran 10 km sudah menabrak wilayah itu sehingga menyebabkan munculnya lubang sebesar 10 kali lebih dalam daripada Grand Canyon.


2. Acraman, Australia

Para ilmuwan sukses menemukan dua kawah yang diakibatkan oleh jatuhnya meteor di terpencil Australia yaitu di Acraman. Kawah Acraman diandalkan sebagai saldo – saldo dari kawah meteorit yang sukses sampai ke Bumi dan menghasilkan kawah dengan diameter 463 km, serta menjadikan kawah ini sebagai di antara kawah terbesar yang pernah ditemukan. Para berpengalaman pun percaya andai kawah ini menjadi lokasi terbelahnya meteorit menjadi dua, sejumlah saat sebelum menabrak Bumi. Diperkirakan meteor yang jatuh ke Bumi berusia lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Hal ini didukung dari penemuan saldo – saldo meteorit sejumlah tahun yang kemudian dan menurut keterangan dari seorang peneliti dari Universitas Nasional Australia yang mempunyai nama Andrew Glikson, struktur dari saldo meteorit yang ditemukan berasal dari suatu meteorit yang terbelah.

Artikel Terkait:  Pengertian Pelapukan

3. Sudbury, Kanada

Para berpengalaman meyakini andai ada satu lagi suatu kawah meteor tertua yang pernah terbentuk di Bumi yaitu suatu cekungan serupa kawah mempunyai nama Sudbury yang sedang di Kanada. Diperkirakan kawah itu berusia selama 1,85 milyar tahun dan tergolong kawah terbesar kedua di dunia dengan diameter selama 150 hingga dengan 260 km. Sebuah studi yang dilaksanakan pada tahun 2015, terbentuknya kawah tersebut diakibatkan oleh jatuhnya suatu meteor yang memiliki ukuran selama 15 km. Penelitian yang dilaksanakan oleh para berpengalaman dari tahun 2013 sampai 2014, sukses mengumpulkan sampel yang berasal dari lapisan batu yang mempunyai tebal menjangkau 1,5 km di sekeliling kawah Sudbury.


4. Chelyabinsk, Rusia

Pada tahun 2013, warga yang bermukim di Chelyabinsk dikejutkan oleh suatu bola api berukuran raksasa yang melesat dan meledak di langit. Pecahan dari bola api tersebut sukses melukai ratusan orang yang berada di dekat ledakan meteor tersebut. Kejadian yang lumayan jarang terjadi itu sempat diabadikan oleh sejumlah orang yang menonton meteor itu dan membagikannya di dunia maya. Berdasarkan keterangan dari NASA meteor yang jatuh di Rusia ini adalahmeteor terbesar semenjak tahun 1908 yang sempat meratakan beberapa hutan di Siberia. Meteoroid yang sukses masuk ke atmosfer Bumi ini diduga mempunyai diameter selama 15 meter.


5. Tunguska, Siberia

Di tahun 1908 minimal lebih dari 80 juta pohon yang ada di terpencil hutan Siberia tumbang oleh tabrakan meteor yang mempunyai tinggi selama 190 meter. Luas lokasi yang terbentuk menjangkau 800 mil persegi.

Jika pada saat tersebut area yang menjadi lokasi jatuhnya meteor berada di wilayah pemukiman penduduk, dapat dipastikan terdapat ratusan ribu jiwa yang tewas serta menghancurkan suatu kota rata dengan tanah. Tidak heran andai saat ini bekas jatuhnya meteor masih menyisakan suatu area kosong di hutan Tunguska.

Artikel Terkait:  Proses Sedimentasi

6. Chicxulub, Meksiko

Kawah yang sedang di Meksiko ini terbentuk sebagai hasil dari tabrakan hantaman meteor berukuran besar yang sedang di Semenanjung Yucatn. Diperkirakan kawah itu mempunyai diameter sebesar 150 km dengan kedalaman menjangkau 10 sampai 30 km. Para berpengalaman berpendapat andai kawah itu terbentuk selama 66 juta tahun yang lalu. Tidak melulu membentuk kawah yang berukuran besar dan dalam saja, dampak jatuhnya meteor ini mengakibatkan kehancuran yang lumayan parah serta kepunahan massal. Setidaknya ada selama 75 persen spesies tanaman dan fauna yang terdapat di Planet Bumi merasakan kepunahan tergolong dinosaurus non – unggas.


7. Canyon Diablo, Amerika Serikat

Kawah meteor yang sangat terkenal yang sedang di Amerika Serikat sedang di gurun Arizona unsur utara dikenal dengan nama Canyon Diablo. Kawah bekas jatuhnya meteor ini berada di elevasi 2 kilometer di atas permukaan laut. Diameter dari Canyon Diablo menjangkau 1.200 meter dengan kedalaman 170 meter. Hal yang paling unik dari kawah ini yakni ada garis – garis besar yang sedang di pinggir kawah yang diakibatkan retakan lapisan dampak meteor yang jatuh ketika itu.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 7 Meteor yang Pernah Jatuh Ke Bumi Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: