Manfaat Sungai

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Sungai“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Manfaat-Sungai

Sungai merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Sungai tidak hanya dapat ditemukan di daerah pedesaan dan pegunungan, tetapi juga di perkotaan. Sungai ini juga terkenal dengan nama “Kari”, dan sebagian orang salah menggali parit. Pada dasarnya kalau bisa mengalirkan air, bisa disebut sungai. Sungai itu sendiri dapat terbentuk secara alami, yaitu melalui proses yang terjadi secara alami, atau melalui proses campur tangan manusia. Sekarang dikenal sebagai Sungai Sodetan.


Manfaat Sungai

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia tentunya sangat penting dan sangat penting, dan setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan sungai. Apa manfaat sungai bagi manusia? Berikut ini beberapa manfaatnya:


1. Penampung air

Keuntungan pertama dari sungai adalah dapat menangani drainase yang jatuh ke tanah akibat hujan. Air hujan yang jatuh biasanya mengumpul di suatu tempat dan mengalir. Tempat-tempat yang berfungsi sebagai penampung air hujan ini adalah sungai dan danau.


2. Alirkan air ke hilir

Air memiliki sifat bergerak dari tinggi ke rendah. Berdasarkan sifat air tersebut, sungai dapat mengalir ke hulu atau hilir dari sumbernya, dimana sungai tersebut dikosongkan. Ini akan mencegah penumpukan air di hulu dan mencegah sungai meluap.

Artikel Terkait:  Pengertian, Sejarah, Teori dan Proses Terbentuknya Benua dan Samudera

3. Pembangkit listrik

Keunggulan lain sungai, sama pentingnya dengan keunggulan lainnya, adalah sungai dapat menjadi sumber energi yang dapat digunakan sebagai generator. Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yang menggunakan sungai sebagai pembangkit listrik. Aliran sungai yang deras digunakan untuk memutar turbin, yang mengaktifkan generator di pembangkit listrik, yang kemudian menghasilkan listrik yang dapat disuplai untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun walaupun terdapat banyak sungai di Indonesia namun sangat mengecewakan karena hanya sedikit sungai yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air.


4. Pusat ekosistem

Ekosistem adalah kumpulan tempat tinggal makhluk hidup dan semua pendukungnya. Secara umum terdapat beberapa ekosistem yang ada, antara lain ekosistem laut, darat, gurun, dan sungai.

Dari sudut pandang biologis, sungai bisa menjadi rumah bagi semua makhluk yang hidup di ekosistemnya. Jenis ikan dan tumbuhan air merupakan contoh manfaat sungai sebagai pusat ekosistem yang ada.


5. Mencari nafkah

Sungai juga sering digunakan sebagai sumber pendapatan berbagai kelompok masyarakat. Dengan kandungan dan keanekaragaman hayati yang begitu banyak, sungai bisa menjadi sumber nutrisi. Seorang nelayan yang menggunakan sungai sebagai kolam dan sebagai tempat untuk memanen dan menjual kembali ikan.

Atau, mungkin para penambang batu sungai yang mencari nafkah dengan menemukan dan menambang batu di sungai. Di bawah ini adalah beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai.

  • Nelayan memancing
  • Kolam dengan ikan (beternak ikan)
  • Riverstone minor
  • Pasir kecil
  • Penambang emas
  • Menambang mineral bumi lainnya seperti timah.

6. Sumber bahan konsumsi

Selain sebagai sumber mata pencaharian, sebagian keanekaragaman hayati sungai dapat dimanfaatkan sebagai konsumsi baik bagi manusia maupun organisme lain. Banyak manusia dan hewan bergantung pada sungai untuk konsumsi sehari-hari. Biasanya bahan habis pakai yang paling banyak ditemukan di sungai adalah jenis ikan air tawar yang sangat berkhasiat bagi kesehatan kita.

Artikel Terkait:  Materi Cuaca

7. Tempat rekreasi

Selain fungsi hutan bakau, jika lelah dengan aktivitas sehari-hari, Anda juga bisa memanfaatkan sungai. Kemudian nikmati area sungai untuk rekreasi. Banyak sekali jenis hiburan yang bisa Anda dapatkan saat berada di sungai. Di bawah ini adalah jenis hiburan dan rekreasi yang dapat Anda lakukan selama berada di sungai.

  • Renang
  • Bermainlah dengan air
  • Arung jeram
  • Piknik

8. Tempat mencari ketenangan dan relaksasi

Beberapa orang menggunakan sungai sebagai tempat yang tepat untuk menemukan ketenangan dan pencerahan. Dapat membuat tubuh rileks karena suara air sungai dan suara sungai. Suara aliran sungai ini juga memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Meredakan stres dan depresi
  • Relaksasi

Sejak zaman kuno diyakini bahwa beberapa sungai memiliki kekuatan magis, sehingga banyak orang telah berlatih atau bersemedi di tepi sungai dan daerah hulu. Alasannya adalah secara mental dan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.


9. Untuk kebutuhan sehari-hari

Sungai juga memiliki keunggulan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlepas dari apa yang dikatakan sebelumnya bahwa sungai merupakan sumber mata pencaharian dan dapat menjadi sumber bahan habis pakai, namun keunggulan lainnya sungai adalah dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti: ..

  • Mandi
  • Membersihkan dan membersihkan
  • Untuk toilet
  • Air diambil untuk air minum dan kebutuhan rumah tangga sehari-hari

Akan tetapi, manfaat sungai seperti yang disebutkan di atas telah terbengkalai karena modernisasi. Namun bagi yang memiliki rumah di tepi sungai besar, hal ini masih menjadi kebiasaan.


10. Mencegah banjir

Sungai merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat mengatur timbulnya banjir dan penyebab banjir. Jika sungai memiliki kedalaman yang baik dan terjaga dengan baik, kondisi ini dapat mengurangi risiko banjir di wilayah tersebut. Banjir sering kali diakibatkan oleh banjir sungai. Karenanya, kondisi sungai yang baik dan terawat membantu mencegah banjir.

Artikel Terkait:  Fungsi Penghijauan

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 10 Manfaat Sungai Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :