Manfaat Atmosfer

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Atmosfer“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Manfaat-Atmosfer

Bagaimana jadinya andai rumah anda tidak mempunyai atap? Kira-kira segawat itulah andai bumi tidak punya atmosfer. Semua benda langit yang riskan bisa masuk ke dalam bumi dan menghancur yang terdapat di dalamnya. Ibarat suatu payung raksasa, atmosfer ialah lapisan terluar yang menangkis meteor dan komet, serta mengayomi bumi dari ancaman lainnya.

Beberapa tahun terakhir ini dunia sangat menyimak ancaman pemanasan global yang berpotensi merusak lapisan atmosfir bumi. Bahkan negara anda Indonesia yang ketika ini mempunyai hutan tropis terbesar dapat diinginkan menjadi penyeimbang situasi atmosfer yang ketika ini paling mengkhawatirkan.


Pengertian Atmosfer

Atmosfer sendiri sebenarnya ialah lapisan udara yang terdiri dari sekian banyak macam bagian dan senyawa kimia dan menutupi semua permukaan bumi. Jika anda uraikan satu persatu maka atmosfer tersusun dari nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (1%), air (0-7%), ozon (0-0.01%), dan karbondioksida (0.01-0.1%) dan gas lainnya. Di samping tersusun dari gas-gas di atas, atmosfer pun mempunyai lapisan dibuka dari lapisan atmosfer yang sangat dekat dengan bumi, lantas stratosfer, mesosfer, ionosfer dan eksosfer yang adalahlapisan atmosfer yang sangat jauh dari bumi.


Manfaat Atmosfer

Di bawah ini ialah manfaat atmosfer yang akan diterangkan menurut tiap lapisan yang menyusunnya.


1. Manfaat Lapisan Troposfer

Sebagaimana anda ketahui bahwa semesta anda mempunyai begitu tidak sedikit benda langit dengan warna dan ukuran yang berbeda-beda. Baik secara langsung atau juga tidak tidak sedikit dari benda langit yang mempunyai radiasi negatif yang efeknya bisa menggangu organ tubuh insan dan makhluk biologi lainnya.

Artikel Terkait:  Profil Negara Asia Timur

Meski juga letaknya jauh di sana, namun dengan ukuran dan daya yang powerful efek radiasi tersebut dapat masuk ke dalam bumi. Nah, di sinilah faedah dari lapisan troposfer yaitu, mengayomi kita dari sengatan radiasi negatif benda-benda langit.

Pada lapisan troposfer ini tercipta evolusi cuaca yang tentunya berfungsi untuk manusia, terutama menciptakan siklus alam yang harmonis.


2. Manfaat Lapisan Stratosfer

Lapisan kedua ialah stratosfer. Tidak laksana lapisan troposfer yang masih dapat merasakan evolusi suhu serta cuaca secara signifikan, lapisan stratosfer tidak terdapat pola evolusi cuaca yang berarti. Oleh sebab sifat alamnya yang bisa dibaca dengan gampang dan paling jarang terjadi evolusi cuaca secara tiba-tiba, maka insan memanfaatkannya guna dijadikan jalur kemudian lintas pesawat. Jika anda pernah naik pesawat, maka waktu tersebut kamu terbang di lapisan stratosfer ini.


3. Manfaat Lapisan Mesosfer

Di lapisan ini terdapat pergeseran udara yang berdampak terciptanya suhu yang paling panas di lapisan mesosfer. Tentunya ini bukan berita buruk, sebab suhu panas yang terdapat di atas sana malah sangat bermanfaat untuk kita yang hidup di bumi. Fungsinya ialah sebagai pengikis benda-benda langit yang jatuh ke bumi, sampai-sampai dengan panasnya itu meteor dan benda langit lainnya sudah berakhir terbakar sebelum menyentuh bumi. Kalau juga ada kejadian hujan meteor dan terdapat serpihannya yang jatuh ke bumi, tersebut berari meteor itu sangatlah besar dan mempunyai kecepatan tinggi, sampai-sampai masih terdapat sisa-sisanya yang lolos dan jatuh ke bumi.


4. Manfaat Lapisan Ionosfer

Dari namanya saya dan anda bisa mengetahui bila lapisan ini mempunyai muatan listrik. Kita bisa memanfaatkan muatan listrik itu untuk memantulkan gelombang radio, sampai-sampai lapisan ini sangat bermanfaat untuk pekerjaan telekomunikasi.

Artikel Terkait:  Dampak Pencemaran Tanah

Pada lapisan ini tidak jarang terjadi eskalasi temperatur yang lumayan tinggi, dampak proses penyerapan radiasi dari sinar ultra violet.


5. Manfaat Lapisan Eksosfer

Sebagai lapisan terakhir, lapisan termosfer ialah tameng kesatu yang mengayomi bumi dari batu meteor, komet, dan benda langit beda yang tertarik oleh gravitasi bumi. Benda langit yang menghampiri akan terbakas dan lenyap atau andai benda itu sangatlah besar, lapisan termosfer bakal mengikisnya habis-habisan supaya ketika jatuh meteorit atau benda beda menjadi paling kecil dan tidak menimbulkan kehancuran yang signifikan.

Selain guna di atas, gas-gas yang menjadi komposisi atmosfer pun mempunyai manfaatnya masing-masing, antara beda sebagai berikut:

  1. Nitrogen, gas ini adalahunsur terbanyak yang sedang di dalam atmosfer. Gas ini berfungsi sebagai bahan makanan untuk tumbuhan.
  2. Oksigen, ini gas yang sangat diperlukan manusia dan makhluk hidup lain, yaitu guna pernapasan. Dalam insdutri kesehatan bahkan oksigen dikemas kedalam format tabung. Zat ini tersedia tidak sedikit di daratan rendah. Semakin tinggi letak daratan dari permukaan bumi, maka jumlah oksigen di sana bakal semakin sedikit.
  3. Karbondioksida, gas yang tidak berbau dan tidak berwarna ini sangat diperlukan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis mereka. Walau juga gas ini menggangu pernafasan manusia, tapi saya dan anda bisa memanfaatkannya sebagai pemadam api, pun untuk penciptaan sodium karbonat, sodium bikarbonat, dan bahan kimia lainnya.
  4. Neon, umumnya dipakai untuk lampu listrik. Selain tersebut juga dapat dimanfaatkan dokter untuk menyaksikan hasil rontgen, dan dapat dijadikan indikator tegangan tinggi.
  5. Ozon, lapisan ozon sangat urgen dalam menyerap beberapa radiasi matahari. Selain tersebut gas ini pun mulai dimanfaat untuk membumihanguskan bakteri dalam air dan mulai digunakan untuk menciptakan air mineral yang bersih dari bakteri.
  6. Argon, di antara unsur yang dipakai untuk memenuhi lampu listrik bareng zat neon. Biasanya lampu yang memakai
  7. argon lebih irit dalam pemakaian listrik.
    Metana, gas yang satu ini gampang terbakar dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar.
  8. Helium, di samping dimanfaatkan untuk memenuhi balon meteorology dan balon reklame, gas ini juga dipakai sebagai bahan bakar penggerak roket.
  9. Hidrogen, gas ini tidak jarang dimanfaat untuk penciptaan amonia dalam industri pupuk.
Artikel Terkait:  Faktor yang Mempengaruhi Suhu Udara

Manfaat beda dari atmosfer ialah menjaga supaya suhu udara di bumi lebih stabil. Jadi, saat siang tidak terlampau panas, dan saat malam tidak terlampau dingin. Tanpa adanya atmosfer, maka suhu di bumi pada siang hari diprediksikan selama 93ºC dan menurun dratis saat malam menjadi -184ºC. Dengan suhu tersebut paling mustahil manusia dapat hidup.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 14 Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Manusia dan Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: