Malam Kutub

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Malam Kutub“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Malam-Kutub

Istilah malam kutub memang melulu terjadi di area kutub saja, dan tidak bakal pernah dirasakan oleh distrik yang sedang di luar kutub laksana di wilayah iklim tropis maupun sub tropis. Dapat disebutkan jika malam kutub adalah salah satu dari gejala alam yang terjadi pada distrik dan masa-masa tertentu.

Untuk memahami lebih lanjut apa tersebut malam kutub inilah penjelasannya.


Pengertian Malam Kutub

Sebagian besar dari kita pasti asing dengan istilah malam kutub. Fenomena alam ini adalah kebalikan dari Matahari tengah malam dan terjadi di distrik kutub.

Malam kutub menjadi suatu istilah yang dipakai untuk mencerminkan bahwa waktu saat matahari tidak keluar lagi selama sejumlah hari atau bahkan sejumlah bulan.

Malam kutub atau dikenal pun sebagai civil twilight (senja sipil) merupakan situasi saat malam hari terjadi sekitar 24 jam. Peristiwa ini melulu terjadi di lingkaran kutub saja, baik kutub unsur utara maupun kutub selatan.


Penyebab Terjadinya Malam Kutub

Hal yang menjadi penyebab utama terjadinya malam kutub yaitu kemiringan poros dari planet Bumi sehingga menciptakan durasi malam menjadi lebih panjang. Bahkan untuk wilayah yang terletak sangat ujung Bumi atau kutub, untuk menyaksikan Matahari terbit melulu dapat dialami sekali dalam setahun.

Akibatnya orang-orang yang bermukim di area tersebut tidak mengenal siang dan malam hari masing-masing harinya. Sebab distrik kutub mengalami situasi siang hari dan malam hari sekitar 24 jam dalam kurun masa-masa berbulan-bulan.

Artikel Terkait:  Materi Banjir Bandang

Kapan Dan Dampak Terjadinya Malam Kutub?

Seperti yang diketahui andai malam kutub melulu terjadi di area kutub saja, tepatnya di ketika matahari sedang di bagian unsur utara atau unsur selatan bumi. Gerakan revolusi Bumi dan format kemiringan planet Bumi menjadi pengaruh terjadinya malam kutub.

Malam kutub melulu terjadi saat wilayah kutub merasakan musim dingin saja. Saat posisi Matahari sedang di bagian unsur utara Bumi, maka di bagian unsur selatan Bumi merasakan musim dingin dan secara bersamaan menciptakan wilayah itu tidak merasakan situasi siang hari.

Dengan kata lain, wilayah unsur selatan yang tidak mendapat sinar matahari merasakan durasi malam yang panjang. Malam kutub yang terjadi di Kutub Selatan dilangsungkan antara bulan Mei sampai bulan November atau tidak cukup lebih sekitar 6 bulan.

Begitupun sebaliknya, saat posisi Matahari sedang di bagian unsur selatan Bumi, sisi unsur utara Bumi akan merasakan musim dingin, bersamaan gejala malam kutub. Malam kutub yang terjadi pada bagian unsur utara Bumi dilangsungkan sekitar bulan November sampai bulan Januari.


Negara-Negara Yang Mengalami Malam Kutub

Fenomena malam kutub terjadi di negara-negara yang sedang di lingkar kutub salah satunya yaitu Alaska. Terdapat suatu kota kecil di Alaska yang tidak menikmati Matahari terbit sekitar dua bulan mempunyai nama Kota Utqiagvik (sebelumnya mempunyai nama Barrow).

Malam kutub yang dirasakan di kota Utqiagvik bukan berarti menciptakan kota ini benar-benar gelap gulita. Penduduk masih dapat menyaksikan cakram Matahari dan situasi siang dilalui dengan periode sore kecil, yakni situasi langit yang terlihat laksana Matahari sebelum keluar atau sesudah Matahari terbenam.

Negara Rusia pun menjadi negara yang menikmati malam kutub, terutama kota dan desa yang terletak di sangat ujung utara. Kota dan desa itu antara lain:

  1. Dikson, Semenanjung Taimyr (80 hari).
  2. Tiksi, Yakutia (67 hari).
  3. Pevek, Chukotka (50 hari)
  4. Norilsk (45 hari)
  5. Murmansk (41 hari)
  6. Naryan-Mar (25 hari)
  7. Vorkuta (11 hari)
Artikel Terkait:  Materi Cuaca

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Malam Kutub adalah: Penyebab, Dampak dan Negara Yang Mengalami

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: