Materi Benua Australia

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Benua Australia“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Iklim-Benua-Australia

Sejarah Benua Australia

Australia memiliki sejarah panjang. Cerita panjang ini dimulai dengan kedatangan orang-orang Aborigin yang berimigrasi ke negara besar ini. Sejarah Benua Australia juga memiliki sejarah berdarah seperti di sebagian besar sejarah manusia. Kisah berdarah terjadi selama kolonialisme dan pendidikan Australia sebagai negara.

Sejarah berdarah di benua Australia terkait erat dengan orang Aborigin. Hanya satu negara di benua ini, yaitu Australia, yang lebih dikenal sebagai Persemakmuran Australia. Negara ini memiliki wilayah berupa benua Australia, pulau Tasmania dan pulau-pulau kecil lainnya yang terletak di sekitar benua. Benua Australia berbatasan dengan Indonesia di selatan.

Australia adalah benua yang paling kecil. Sejarah ditemukannya benua ini adalah sebagai berikut

  • Tahun 1606 orang Belanda yang bernama Willem Jansz  menemukan teluk yang    paling utara yang disebut Teluk Carpentaria.
  • Tahun 1644 orang Belanda yang bernama Abel Tasman,menemukan Tasmania dan Selandia Baru.
  • Tahun 1770 orang Inggris yang bernama James Cool mendarat di pantai timur yang tanahnya lebih baik dan mengetahui bahwa Selandia Baru merupakan dua buah pulau. Kemudian daerah itu menjadi jajahan Kerajaan Inggris.
  • Tahun 1786 Benua Ausrtalia digunakan oleh Kerajaan Inggris sebagai tempat pembuangan penjahat-penjahat dari Inggris. Setelah abad ke-19 dengan ditemukannya tambang emas disana, pengiriman penjahat dihentikan  dan mulailah orang Inggris berdatangan ke Australia.

Bendera Australia

Bendera Australia

Australia memiliki satu bendera nasional dan satu bendera lain untuk setiap negara bagian dan setiap daerah khusus. Banyak pula kota-kota yang memiliki bendera sendiri. Bendera Australia berwarna biru dan di bagian kiri atas terdapat lambang yang berasal dari bendera Inggris (Union Jack).

Di bawah lambang itu terdapat bintang putih berujung tujuh yang merupakan Bintang Persemakmuran. Bintang ini mewakili enam negara bagian dan daerah-daerah khusus yang membentuk persemakmuran Australia. Di sebelah kanan bendera terdapat konstelasi bintang pari yang merupakan salah satu konstelasi (susunan, tatanan) bintang terkemuka di angkasa bagian selatan. Konstelasi bintang ini dapat di dilihat dari Indonesia, dan tampak rendah angkasa bagian selatan.


Lambang Negara Australia

Lambang Negara Australia

Lambang tersebut diangkat menjadi lambang nasional Australia pada tahun 1912 dan terdiri atas empat bagian utama:

  • Seekor kanguru dan seekor emu
  • Sebuah perisai yang memuat lambang – lambang setiap negara bagian dalam persemakmuran Australia
  • Bintang Persemakmuran, dan
  • Latar belakang bunga wattle yang mekar.

Letak, Batas dan Luas Benua Australia

Letak, Batas dan Luas Benua Australia

Benua Australia, secara astronomis terletak pada posisi 10°41’LS – 43°39’LS dan 113°BT – 153°39’BT. Akibat dari letak astronomis ini, Australia dibagi menjadi tiga bagian daerah waktu, yaitu:

  • Waktu Australia bagian barat
  • Waktu Australia bagian tengah
  • Waktu Australia bagian timur

Batas wilayah Australia adalah:

  1. Sebelah utara dibatasi oleh Laut Timur, Laut Arafura, dan Laut Koral
  2. Sebalah barat dan selatan dibatasi Samudra Hindia
  3. Sebelah timur dibatasi oleh Samudra Pasifik.
Artikel Terkait:  Pengertian Benua, Proses, Jumlah Serta Macam-Macamnya

Luas wilayah Australia adalah 7.682.300 km2. Lebar wilayah tersebut kira-kira 3200 km dari pantai timur ke barat dan panjangnya 3700 km dari Tanjung York di pantai utara sampai Tanjung Tenggara di Tasmania. Australia adalah benua terkecil, sedangkan yang terbesar adalah Asia yang luasnya 44.614.000 km2.

Australia adalah negara terbesar keenam di dunia dari segi luasnya, lebih kecil bila dibandingkan dengan Rusia, Kanada, Cina, Amerika Serikat, dan Brasil.


Negara Bagian Di Australia

Negara Bagian Di Australia

Negara Bagian atau Daerah Ibu Kota Km2
New South Wales (NSW)

Victoria (VIC)

Queensland (QLD)

Australia Barat (WA)

Australia Selatan (SA)

Tasmania (TAS)

Wilayah Australia Utara (NT)

Wilayah Ibukota Australia (ACT)

Sydney

Melbourne

Brisbane

Perth

Adelaide

Hobart

Darwin

Canberra

801.600

227.600

1.727.200

2.525.500

984.000

67.800

1.346.200

2.400


Keadaan Alam Benua Australia

Berdasarkan keadaan alamnya, Benua Australia dibagi  menjadi lima bagian berikut ini:


1). Australia Bagian Barat

Daerah ini umumnya kering dan tandus. Di sini terdapat Daratan Tinggi Australia Barat yang releifnya kasar. Sebelah timurnya dikelilingi oleh gurun-gurun pasir Great Sandy Desert, Gibson Desert, dan Great Victoria Desert. Sebelah barat Dataran Tinggi Australia Barat terdapat dataran rendah yang sempit di sepanjang pantai.


2). Australia Bagian Timur

Daerahnya berbentuk pegunungan dengan dataran tinggi yang membentang sepanjang pantai timur dengan arah utara-selatan. Pegunungan ini disebut Great Di viding Range atau pegunungan Biru. Bagian selatan pada umumnya releifnya lebih kasar. Di Australia terdapat pegunungan Alpen Australia dengan puncak  yang  tertinggi  Gunung Kosciusko (2.234m). Dataran rendahnya sempit, terletak dipantai-pantai.


3). Australia Bagian Tengah

Daerahnya terdiri atas daratan rendah yang terbentang sampai kepantai selatan. Daratan ini di sebut daratan Muray Darling. Dari sungai-sungai inilah disebut saluran-saluran irigasi. Mata air sungai tersebut berasal dari mencairan salju di pegunungan Alpen Australia. Di Australia bagian tengah terdapat pegunungan Macdonuel, pegunungan Flinders, Danau Fyre, Torens, dan Danau Gairder.


4). Australia Babian Selatan

Daerahnya berupa daratan rendah membujur sepanjang pantai selatan Australia. Di sebelah selatan Australia terdapat Pulau Tasmania yang dipisahkan oleh Selat Bass.


5). Australia Bagian Utara

Daerahnya mempunyai reliefnya agak kasar berupa dataran tinggi dan pegunungan, seperti  Dataran Tinggi Dampier Dataran Tinggi Arnhem. Terdapat sebuah teluk besar yang menghadap ke utara yang terkenal dengan Teluk Carpenntaria dan Jazirah Besar York. Di lepas pantai Australia Timut Laut terdapat sebuah pegunungan karang  yang  terkenal dengan nama The Barier Reef atau Karang Penghalang Besar.


Iklim Benua Australia

Daerah iklim di Australia dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa faktor pembentuknya, antara lain letak lintang dan faktor angin.

Berdasarkan letak lintang, Australia memiliki iklim tropis dan iklim sedang.

Berdasarkan pengaruh angin, Australia memiliki bermacam-macam iklim, yaitu sebagai berikut:

  • Iklim musim, iklim yang terjadi pada bulan-bulan musim panas angin yang berhembus adalah angin barat laut yang telah melewati samudera, sehingga membawa hujan di Australia utara.
  • Iklim gurun pasir, iklim ini berpengaruh di wilayah Australia barat dan Australia tengah. Hujan rata-ratanya kurang dari 250 mm per tahun. perbedaan suhu di musim panas dan musim dingin sangat besar. Demkian pula antara siang dan malam hari.
  • Iklim hujan, iklim ini terdapat di daerah tropisdan berpengaruh di pantai timur Australia. Angin pasat tenggara yang banyak membawa uap air menurunkan hujan di daerah ini. Daerah sebelah barat pegunungan kurang mendapat hujan karena merupakan daerah bayangan hujan.
  • Iklim sub tropis, iklim ini terdapat di kawasan Australia sebelah barat daya sepanjang pantai selatan. Daerah ini dipengaruhi oleh angin musim tenggara. Pada musim dingin, angin barat banyak membawa air.
  • Iklim laut sedang, iklim ini dialami wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania. Daerah ini banyak mendapat hujan karena pengaruh angin barat yang bertiup sepanjang tahun.

Penduduk Benua Australia

Penduduk Autralia, berdasarkan perhitungan pada pertengahan tahun 2004 berjumlah 20,1 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk Australia rata-rata 0,6% per tahun dengan tingkat kepadatan 2,5 jiwa/km². Angka kelahiran 13 dan angka kematian 7. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah penduduk Australia pada tahun 2025 diperkirakan akan mencapai24,2 juta jiwa. Komposisi etnis yabg terdapat di Australia adalah sebagai berikut.

  1. Orang-orang kulit putih (94,4%)
  2. Orang-orang dari Asia (2,1%)
  3. Orang Aborigin (1,1%)
  4. Lain-lain (2,4%)

Pada umumnya, gaya hidup rakyat Australia bergaya masyarakat Eropa dan Amerika Utara. Gejala ini merupakan pertanda bahwa kebanyakan penduduk Australia berasa dari luar/imigran. Orang-orang pribumi (aborigin) pada ummunya lebih rendah dalam standar pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan perumahan.

Tingkat kesejahteraan penduduk Australia relative tinggi. Pada tahun 1983 tercatat 86% penduduk memiliki mobil, 85% memilii telepo, 99,6% memiliki alat pendingindan lemari es, 91,7% memiliki mesin cuci, dan 98,7% memiliki kamar air panas. Pelayanan kesehatan di Australia juga tergolongnmaju. Satu dokter hanya melayani 552 penduduk.

Australia merupakan negara anggota persemakmuran dan secara formal tunduk kepada kerajaan Inggris. Penguasa dari Inggris diwakili oleh seorang gubernur jendral. Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.


Fauna Benua Australia

Fauna Benua Australia

Di Australia tidak ada binatang menyusui besar, kecuali binatang yang dipelihara oleh manusia. Binatang asli Australia adalah hewan berkantung dan berkaki empat serta bermoncong paroh bebek. Binatang menyusui tersebut, antara lain jenis kanguru, koala, wambat,dingo, possum, dugong (binatang laut menyusui), landak, dan platypus (binatang menotremata yang kulitnya berbulu, berparuh, berkaki, seperti itik, bertelur, dan menyusui anaknya).

Jenis burung yang terdapat di Australia, antara lain burung emu, merak bower, kooka barra, bellbird, dan whipbird. Burung-burung tersebut dianggap sebagai burung endemik, yaitu burung yang hanya tinggal di habitat tertentu saja di satu wilayah.


Flora Benua Australia

Flora Benua Australia

Flora khas Australia adalah eucalyptus akasia. Jenis eucalyptus terdapat di sebagian besar wilayah Australia. Jenis eucalyptus terbesar adalah pohon Mountain Ask yang ketinggiaannya mencapai 100 m. Jenis lain adalah pohon jarak dan pohon para saljuyang tahan dingin. Berbagai jenis akasia juga banyak tersebar di Australia. Disamping kedua Flora tadi, terdapat berbagai jenis bunga liar dan pohon botol-botolan. Jenis bunga liar, antara lain waratah, flannel, sertpea, Christmas bush, dan bunga cakar kanguru.

Persebaran Flora di Australia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu perbedaan curah hujan dan perbedaan musim masing-masing daerah. Akibatnya adalah sebagai berikut:

  • Daerah pantai tenggara memiliki musim tumbuh selama 9 bulan. Daerah Queensland Utara dan New South Wales Utara, mempunyai daerah pantaiyang selalu hijau. Tasmania mempunyai hutan, sedangkan bagian lain di tenggara ditutupi semak-semak yang daunnyaberlapis lilin.
  • Daerah pantai utara memilikimusim tumbuh sekitar 5-9 bulan, dengan tumbuhan semak-semak dan hutan yang tumbuhannya jarang.
  • Bagian selatan Queensland dan New South Wales memiliki musim tumbuh 5 bulan. Di daerah ini terdapat padang rumput dan savanna. Khusus daerah yang berbatasan dengan gurun terdapat stepa.
  • Di daerah alpen Australia dan pegunungan di Tasmania terdapat daerah sempit yang ditumbuhi Flora Alpina.

Perekonomian Benua Australia

Hasil perekonomian Australia meliputi  pertenakan, pertanian, pertambanagn, perindustrian, perikanan, dan kehutanan.


1). Petenakan

Lebih kurang 55% dari lahan yang diusahkan di Australia digunakan untuk keperluan peternakan-peternakan. Sebagian besar  wilayahnya terdiri atas sabana dan stepa , sehingga peternakan merupakan mata pencaharian utama penduduk  di pedalaman. Jenis hewan ternaknya adalah biri-biri, lembu potong, lembu perah, kuda, dan unggas. Peternakan sangat maju dan dilaksakan secara intensif dan ilmiah. Oleh karena itu ,dibuatlah sumber-sumber  sumur artesis  untuk memenuhi kebutuhan  air.

Pemilik tanah peternakan  disebut squatters. Untuk memperbaiki jenis hewan ternaknya didatangkan jenis ternak unggul, seperti domba dari Itali, lembu dari Benggala dan Negeri  Belanda. Hasil utama dari peternakan ini berupa bulu domba (wol),daging, susu,dan keju. Hasilnya banyak diekspor.


2). Pertanian

Hasil pertanian adalah sebagai berikut.

a). Daerah dataran rendah Australia bagian utara  menghasilkan tebu, kapas, padi, jagung, pisang, dan sebagainya.

b). Daerah dataran rendah bagian selatan banyak menghasilkan gandum, kentang, padi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

c). Daerah Victoria dan Pulau Tasmania banyak menghasilkan buah-buahan, seperti jeruk manis, citrum, apel, anggur, dan sebagainya.


3). Pertambangan

Hasil pertambangan yang penting adalah emas. Emas terletak di Australia Barat dan Victoria dengan pusat pertambangannnya di Kalgorli dan Kalgordi. Minyak bumi terdapat  di lepas pantai Selat Bass Victoria, Queensland, dan daerah Cooper Basin di Australia Selatan, sedangkan  tembaga, bauksit, dan uranium terdapat  di Queensland. Bijih besi banyak dihasilkan di Australia Selatan dan Australia Barat. Perak, seng, dan timah hitam terdapat di New South Walesbagian dan batu bara di New Castle dan Sydney.


4). Perindustrian

Industri  yang  paling maju adalah industri yang mengolah hasil peternakan biri-biri yang merupakan potensi terbesar  bagi  Australia. Pendapatan dari  industri peternakan biri-biri ini merupakan sumber utama dan menghasilkan ekspor terbesar yang berupa wol, daging, daging biri-biri, dan anak domba. Hasil wol mendapat saingan dari industri rayon dan tekstil, industri lain adalah susu bubuk,  mentega, keju, dan daging. Industri beratnya berkembang di New South Weles bagian barat sebab di daerah  ini terdapat  tambang batu bara, bijih besi, dan seng.


5). Perikanan

Usaha perikanan menghasilkan ikan tuna ,ikan salem, ikan paus, udang, dan kerang mutiara. Kota-kota pelabuhan perikanan ialah Brisbane dan Sedney. Hobart adalah pelabuhan pusat penangkapan ikan paus. Kerang mutiara  ditangkap di Selat Torres dan berpusat di Pulau Thursday.


6). Kehutuhan

Hutan-hutan ekaliptus di Australia menghasilkan kayu dan getah.


Hubungan Australia dengan Indonesia

Australia telah berjasa baik terhadap Indonesia. Negara ini sanggup menjadi anggota Komosi Tiga Negara (KTN) bersama Amerika Serikat dan Belgia, ketika menengahi konflik antara Indonesia dan Belanda.

Indonesia dan Australia sudah lama menjalin kerjasama di bidang perdagangan, berkat kerjasama ini ekspor Indonesia selama tahun 1990-2002 terus mengalami kenaikan. Walaupun antara tahun 1998-2001 sempat ada ketegangan antara Australia dengan Indonesia, karena adanya masalah Timor-Timur. Setelah permasalahan tersebut diselesaikan dengan baik, kini hubungan dagang dengan Australia dan Indonesia lancer seperti tahun sebelumnya.

Ekspor utama Indonesia berupa minyak bumi mentah, teh kopi, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Selain itu, dijalin pula kerjasama di bidang pendidikan, berupa pertukaran pelajar antara kedua negara. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Australia.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Keadaan Alam Benua Australia: Sejarah, Letak, Batas, Luas, Iklim, Penduduk, Flora dan Fauna

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: