Materi Kesenjangan Sosial

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sosiologi yaitu Tentang “Kesenjangan Sosial“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Dampak-Kesenjangan-Sosial

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat  yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Dalam hal kesenjangan sosial sangatlah mencolok dari berbagai aspek misalnya dalam aspek keadilanpun bisa terjadi. Antara orang kaya dan miskin sangatlah dibedakan dalam aspek apapun, orang desa yang merantau dikotapun ikut terkena dampak dari hal ini, memang benar kalau dikatakan bahwa “ Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”.

Adanya ketidak pedulian terhadap sesama ini dikarenakan adanya kesenjangan yang terlalu mencolok antara yang “kaya” dan yang “miskin”. Banyak orang kaya yang memandang rendah kepada golongan bawah, apalagi jika ia miskin dan juga kotor, jangankan menolong, sekedar melihatpun mereka enggan.


Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian kesenjangan sosial menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:


1. Soerjono Soekanto.

Kesenjangan sosial adalah suatu ketidak-sesuaian  antara unsu-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.


2. Abad Badruzaman.

Kesenjangan sosial adalah suatu ketidak-seimbangan sosial yang ada di masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Atau dapat juga kesenjangan sosial diartikan sebagai suatu keadaan di mana orang kaya mempunyai kedudukan lebih tinggi dan lebih berkuasa dari pada orang miskin.


3. William Ogburn.

Kesenjangan sosial adalah perubahan sosial yang melibatkan segala unsur masyarakat yang saling berhubungan satu sama lain. Hubungan tersebut ada yang memiliki sifat cepat dan ada pula yang lambat. Jika masyarakat melakukan keterlambatan dalam sisi positif perubahan sosial maka masyarakat akan tertinggal dan berdampak pada kesenjangan sosial yang semakin nampak pada struktur sosial masyarakat.


4. Max Weber.

Kesenjangan sosial adalah hasil dari perbedaan kepentingan masing-masing individu yang diekspresikan dalam sistem perilaku dan tindakan.


5. Emile Durkheim.

Kesenjangan sosial adalah pembedaan fungsi dalam struktur sosial yang tidak terhindarkan.

Artikel Terkait:  Pengertian Integrasi Nasional Menurut Para Ahli

6. Karl Max.

Kesenjangan sosial adalah pembedaan kelas sosial berdasarkan kepemilikan alat produksi.


7. Robert Chambers.

Kesenjangan sosial adalah gejala yang timbul di dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya di antara masyarakat yang di sebuah wilayah tertentu.


Bentuk Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat berbentuk, sebagai berikut :


  • Ekonomi

Kesenjangan sosial yang banyak terjadi dalam masyarakat adalah dalam hal ekonomi. Sudah menjadi pandangan kebanyakan masyarakat bahwa ekonomi merupakan faktor penentu status sosial masyarakat.Masyarakat yang memiliki  pendapatan ekonomi baik akan diberikan status sosial yag baik, dan sebaliknya masyarakat dengan pendapatan ekonomi rendah akan mendapatkan status sosial yang biasa saja. Kondisi kesenjangan sosial karena ekonomi ini mendorong manusia untuk mengejar ketertinggalannya, baik dengan cara positif maupun dengan cara negatif.


  • Psikologis

Kesenjangan sosial yang sangat berhubungan erat dengan kondisi perasaan. seperti perasaan ketertinggalan, miskin, dan lain-lain. Hal ini dapat memicu rasa putus apa, stress, atau bahkan gila. Oleh karena itu, banyak ahli yang berpendapat bahwa kesenjangan sosial yang merugikan diri sendiri adalah kesenjangan sosial psikologis.


  • Budaya

Kesenjangan sosial sektor budaya, umumnya terjadi karena eksistensi antara budaya-budaya yang ada di dunia. Budaya yang bereksistensi baik akan mendapatkan penerimaan yang baik dalam masyarakat, dan sebaliknya budaya yang eksistensinya kurang baik seringkali akan mendapatkan penolakan dari masyarakat.


  • Lingkungan alam

Kesenjangan sosial dalam hal sumber daya alam yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Kesenjangan alam ini akan menimbulkan keserakahan masyarakat dengan berlomba-lomba menghabiskan sumber daya alam yang ada tanpa mempedulikan kepentigan generasi yang akan datang.


Fator Penyebab Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia diakibatkan beberapa hal yaitu :


1. Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Masyarakat

Pada umumnya kesenjangan sosial yang terjadi di dalam suatu masyarakat disebabkan oleh faktor :

  1. Ketidak-adilan, yaitu suatu perilaku yang didasarkan atas kepentingan dan keuntungan pribadi dengan mengorbankan orang lain.
  2. Diskriminasi, yaitu suatu perbuatan atau perlakuan mengistimewakan pihak tertentgu atau memandang dengan sebelah mata orang lain.
  3. Seksisme, yaitu suatu perlakuan diskriminatif berdasarkan identitas gender.
  4. Primodialisme, yaitu suatu perlakuan yang didasarkan pada identitas individu, bukan pada kemampuan dan keterampilan personalnya.

2. Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial Ekonomi

Sementara dalam hal ekonomi, ada beberapa faktor sebagai penyebab terjadi kesenjangan sosial ekonomi, yaitu :

  • Faktor perbedaan sumber daya alam. Sumber daya alam di suatu daerah mempengaruhi tingkat perekonomian daerah tersebut. Pengelolaan sumber daya alam yang baik akan meningkatkan perekonomian dari suatu daerah. Suatu daerah dengan sumber daya alam yang terbatas akan mempunyai pengaruh yang besar terhadap perekonomian daerah tersebut.
  • Faktor kebijakan pemerintah. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkadang juga dapat menimbulkan kesenjangan sosial di dalam suatu masyarakat. Kebijakan masalah ekonomi tertentu terkadang justru menguntungkan para pemodal besar dan mematikan usaha kecil dan menengah masyarakat.
  • Faktor demografi. Tingkat pertumbuhan masyarakat, pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, dan struktur kependudukan menunjukkan kondisi demografi suatu daerah, yang antara daerah yang satu dengan daerah yang lain pasti berbeda. Perbedaan inilah yang bisa menyebabkan timbulnya kesenjangan sosial, dikarenakan produktivitas kerja masyarakat satu daerah dengan daerah yang lainnya tidak sama.
  • Faktor letak dan kondisi geografis. Tingkat pembangunan suatu daerah pada umumnya dipengaruhi oleh letak dan kondisi geografisnya. Masyarakat yang hidup di daerah terpencil, di dataran tinggi, ataupun daerah-daerah lain yang sulit untuk dijangkau akan membutuhkan waktu yang reletif lebih lama dalam hal pembangunan.
  • Faktor pengaruh globalisasi. Efek dari globalisasi bagai dua sisi mata uang, di satu sisi globalisasi dapat dimanfaatkan untuk mencapai suatu kemajuan, di sisi yang lain juga sebagai penyebab terjadinya kesenjangan ekonomi di masyarakat. Kesenjangan sosial karena globalisasi terjadi ketika sebagian masyarakat tidak bisa beradaptasi dan tidak bisa memanfaatkan globalisasi dengan baik.
Artikel Terkait:  Materi Integrasi Sosial

Dampak Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat suatu negara akan memiliki berbagai macam dampak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kemiskinan dan pengangguran. Kesenjangan sosial ditandai dengan angka kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Kesulitan mencari tenaga kerja yang kompeten. Kesenjangan sosial menyebabkan tingkat dan kualitas pendidikan masyarakat menjadi banyak yang berada di bawah rata-rata. Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran karena rendahnya kualifikasi sumber daya manusia.
  3. Penyimpangan sosial, dapat terjadi karena status yang diperolehnya lebih tinggi atau lebih rendah.
  4. Meningkatnya tindak kejahatan. Kesenjangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat, akan memicu meningkatnya tindak kejahatan. Hal tersebut seringkali dipicu karena masalah perekonomin yang rendah di sebagian masyarakat.
  5. Konflik sosial. Perbedaan status yang didapatkan oleh seseorang bisa menjadi sebab munculnya konflik sosial dalam masyarakat. Hal ini disebabkan karena faktor kecemburuan maupun rasa tidak senang yang dapat berakibat pada rusaknya tatanan sosial dalam masyarakat.
  6. Target pasar yang tidak jelas. Kesenjangan sosial merupakan suatu ketimpangan di semua bidang, terutama ekonomi yang sangat jelas yang terjadi dalam masyarakat, hal tersebut membuat target pasar hasil produksi suatu perusahaan menjadi tidak jelas.
  7. Kompetisi. Kompetesi yang semakintinggi dalam masyaralat adalah salah satu dari dampak kesenjangan sosial yang positif, dengan kompetisi ini masyarakat akan berlomba-lomba mendapatkan apa yang diinginkannya. Keadaan ini akan menyebabkan masyarakat untuk berupaya kreatif serta berinovasi dalam berbagai sisi kehidupan.

Upaya Mengatasi Kesenjangan Sosial

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam usahanya mengatasi kesenjangan sosial di dalam masyarakat, diantaranya yaitu :

  • Membuat dan meningkatkan sistem peradilan yang lebih efektif, serta melakukan pengawasan yang ketat terutama kepada pemangku kebijakan, pelaksana kebijakan, serta para penegak hukum, sehingga penyelewengan kebijakan bisa diminimalisir.
  • Membuat suatu peraturan yang memudahkan investor untuk menanamkan sahamnya di dalam negeri.
  • Meningkatkan dan mengutamakan kualitas pendidikan.
  • Membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk menekan angka pengangguran.
  • Memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang terjadi di dalam negeri.
Artikel Terkait:  Materi Pengangguran

Sementara untuk menekan kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan, pemerintah dapat mengupayakannya dengan :

  1. kebijakan yang dikeluarkan harus menekankan kepada peningkatan dan perbaikan infrastruktur desa, terutama desa-desa terpencil atau yang kondisi geografisnya tidak menguntungkan.
  2. mempermudah akses terhadap pendidikan, informasi, dan kesehatan di pedesaaan.
  3. meminimalisir dan menghapuskan perbedaan yang disebabkan karena aspek suku, agama, etnik, gender, dan lain-lain.
  4. memberikan bantuan modal bagi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa contoh kesenjangan sosial, yaitu sebagai berikut:

  • Ekonomi, kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat bisa menjadi salah satu fakta  sosial nyata dalam kehidupan masyarakat. Orang yang memiliki perekonomian baik akan mendapatkan fasilitas yang lebih dibandingkan orang yang perekonomiannya kurang baik.
  • Perlakuan sosial, seperti perlakuan yang berbeda antara orang kaya dan miskin dalam  suatu pelayanan umum.
  • Fasilitas umum, seperti kurang tersedianya fasilitas buat kaum difabel.
  • Dalam bidang hukum, seperti perlakuan yang tidak sama di depan hukum antara orang kaya dan miskin, sanksi pidana yang tidak mencerminkan rasa keadilan antara koruptor dan pencuri ayam, dan lain-lain.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sosiologi Tentang Bentuk Kesenjangan Sosial: Pengertian Menurut Para Ahli, Faktor, Dampak, Upaya dan Contoh

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: