Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Air Tanah

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Air Tanah“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Kelebihan-dan-Kekurangan-Penggunaan-Air-Tanah

Kita mengetahui tidak sedikit orang memanfaatkan air sumur atau air dari dalam tanah guna memenuhi keperluan hidup sehari-hari. Sejatinya, air tanah mempunyai peran urgen untuk mengawal tersedianya bahan baku lokasi tinggal tangga dan industri serta menjaga ekuilibrium bahan baku tersebut.

Apakah definisi air tanah? Menurut sejumlah ahli, air tanah ialah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikoleksi dengan sumur, terowongan atau sistem saluran hingga bahkan dengan sistem pemompaan. Air tanah dapat pun disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melewati pancaran atau rembesan.

Proses terjadinya air tanah diakibatkan oleh air hujan yang mayoritas mengalir ke permukaan laksana sungai, danau, atau rawa. Sebagian dari air hujan itu akan meresap ke dalam tanah dan andai berjalan terus menerus mengarah ke zona bosan maka air itu akan menjadi air tanah. Letak air tanah bisa mencapai sejumlah puluh bahkan ratusan meter di bawah permukaan bumi. Berikut ini ialah beberapa keunggulan dan kelemahan pemakaian air tanah yang mesti diketahui dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.


Kelebihan Air Tanah

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan air tanah, terdiri atas:


1. Pemenuh keperluan hidup

Di dalam diri insan sendiri secara mayoritas berisi air. Kehidupan anda tidak dapat lepas dari air. Manusia dapat bertahan hidup dengan tidak santap dalam kurun masa-masa tertentu, namun insan tidak dapat bertahan hidup lebih lama tanpa air. Air tanah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum, mandi, memasak, membasuh dan beda sebagainya. Pada umumnya, setiap lokasi tinggal dilengkapi dengan sumur tanah dengan kedalaman dari 5 hingga 15 meter dicocokkan dengan wilayah tempat bermukim atau situasi tanah di wilayah yang akan diciptakan sumur.

Artikel Terkait:  Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan

2. Sebagai irigasi

Sistem irigasi mesti didukung dengan ketersediaan air yang lumayan dan di antara solusi dari persediaan air guna irigasi ialah keberadaan air tanah. Irigasi adalahhal yang urgen dalam bidang pertanian. Semisal petani dapat menciptakan sumur bor lantas memompa air dari dalam sumur mengarah ke ke permukaan tanah untuk lantas di alirkan ke sawah. Keberadaan air tanah ini akan menolong petani andai curah hujan rendah atau menginjak musim kemarau.


3. Penyedia air bersih

Keuntungan dari air tanah ialah sebagai penyedia air bersih secara alami. Air tanah yang tertutup di dalam tanah, telah melalui penyaringan secara alami di dalam dengan batu-batuan yang memang dikenal sebagai penyaring air alami sehingga kesucian air tanah juga lebih terjamin. Salah satu ciri dari air tanah yang baik ialah jernih, tidak berasa dan tidak berwarna, memiliki PH netral dan tidak berisi bakteri yang riskan seperti bakteri E coli. Air tanah lebih baik bila dikomparasikan dengan air permukaan yang rentan terhadap perusakan air sebab tidak terlindung oleh media lain.


4. Sebagai pembangkit listrik

Seperti yang anda ketahui sesungguhnya pembangkit listrik tenaga air atau PLTA sering memakai air permukaan laksana waduk, sungai atau danau. Namun, ternyata air tanah pun dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik. Seperti di wilayah Gombong Selatan yang memang wilayah tersebut belum tersentuh oleh teknologi listrik dari PLN, sampai-sampai masyarakatnya berinisiatif guna penerangan dengan menciptakan pembangkit listrik yang bersumber dari aliran sungai bawah tanah. Caranya dengan menahan aliran air bawah tanah yang lantas dipompa ke atas dan dialirkan mengarah ke rumah daya guna menjadi penggerak turbin guna menghasilkan listrik.

Artikel Terkait:  Negara Yang Bahasanya Mirip Indonesia

5. Sebagai laboratorium alam

Keberadaan air tanah di dalam gua dapat dipakai peneliti sebagai laboratorium alam. Karena letaknya yang agak terbuka menciptakan sumber air tanah di gua lumayan mudah guna diteliti. Banyak urusan yang dapat dianalisis pada air tanah di dalam gua, pasalnya banyaknya organisme menarik yang menempati air tanah dan sangat unik untuk dianalisis lebih lanjut.


6. Pemenuh keperluan industri

Industri pun memerlukan air sebagai bahan baku mereka. Salah satu industri yang memerlukan air sebagai bahan baku ialah industri air minum dalam kemasan. Selain tersebut ada pula industri batik yang memerlukan air guna proses penciptaan kain batik dengan pemenuhan keperluan air berasal dari air tanah.


Kekurangan Air Tanah

Berikut ini terdapat beberapa kekurangan air tanah, terdiri atas:


1. Banyak tereksploitasi

Air tanah memang termasuk ke dalam sumber daya alam yang bisa diperbaharui, tetapi begitu air tanah dieksploitasi dengan paling pesat. Pengambilan air tanah secara terus menerus menyebabkan jumlah volume air tanah semakin berkurang, ini akan dominan pada semua petani atau kompleks yang melulu bergantung pada pemakaian air tanah ketika musim kemarau mendarat dan mendapati stok air yang tinggal tidak banyak atau habis.


2. Menimbulkan tanah longsor

Berkurangnya volume air tanah dapat mengakibatkan penurunan muka tanah yang bila tidak dipedulikan akan berdampak penurunan pada dataran tanah. Selain menyebabkan adanya ruang kosong di dalam tanah yang menyebabkan amblesnya permukaan tanah, kelemahan air tanah mengakibatkan pun penurunan dataran tanah yang menciptakan letak wilayah yang sedang di pesisir atau dataran rendah menjadi gampang banjir atau terendam air laut.


3. Kontaminasi air

Banyak riset yang menunjukkan sejumlah daerah di Indonesia masih mempunyai kualitas air tanah yang buruk. Air tanah yang telah terkontaminasi tidak bakal hilang melulu dengan dimasak saja sebab memasak air melulu menghilangkan bakteri dan bukan kandungan kontaminasi di dalam air tanah. Air tanah yang terkontaminasi dan tetap dikonsumsi bakal menimbulkan pelbagai gangguan kesehatan, laksana gangguan pencernaan, hipertensi, ancaman dalam pertumbuhan mental dan jasmani bayi dan beda sebagainya.

Artikel Terkait:  Fauna Paleartik

4. Rugi masa-masa dan biaya

Memanfaatkan air tanah telah jelas akan memerlukan tenaga dan masa-masa lebih untuk mengerjakan proses ekskavasi dan pemungutan air tanah guna disalurkan ke dalam rumah. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit sebab selain melakukan pembelian peralatan yang dibutuhkan, anda harus mengeluarkan ongkos untuk membeli keperluan air andai terjadi masalah atau stok air habis.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 10 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Air Tanah dan Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: