Kelebihan dan Kekurangan Masyarakat di Daerah Beriklim Muson Tropis

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Daerah Beriklim Muson Tropis“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Kelebihan-dan-Kekurangan-Masyarakat-yang-Tinggal-di-Daerah-Beriklim-Muson-Tropis

Muson tropis adalah salah satu unsur dari wilayah yang beriklim tropis. Biasanya, iklim dengan muson tropis sama laksana iklim di Indonesia. Muson tropis memang jarang anda dengar, yang seringkali sering anda dengar melulu musim tropis saja, tetapi pembagian musim di Indonesia terdapat sejumlah jenis-jenis musim di Indonesia yang di kelompokkan menjadi sejumlah macam musim di Indonesia.

Sekarang Iklim muson tropis sendiri memiliki sejumlah karakteristik, laksana :

  • Curah hujan yang tinggi
  • Kelembaban yang tinggi
  • Suhu yang ingin lebih tinggi dan panas
  • Sering megnalami bencana alam ringanng sampai berat.

Berikut ialah Kelebihan dan Kekuraan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis :


Kelebihan

Dengana adanya iklim muson tropis yang melulu ada di Indonesia, iklim muson tropis ini pun mempunyai manfaat untuk masyarakat yang bermukim di lingkungan selama yang mempunyai iklim muson tropis yang memberikan tidak sedikit keuntungan saat iklim muson tropis terjadi.

Berikut ialah penjelasan mengenai keunggulan dari masyarakat yang bermukim pada distrik beriklim muson tropis :

Artikel Terkait:  Contoh Tumbuhan Hutan Hujan Tropis

1. Sumber daya alam yang melimpah

Daerah dengan iklim muson tropis seringkali memilki sumber daya alam yang berlimpah. Sumber daya alam ini tidak melulu berasal dari bahan makanan yang dapat langsung dimaakan, namun pun sumber daya alam yang bisa diolah, laksana minyak bumi dan pun pertambangan. Hal ini akan menolong masyarakat yang bermukim pada wilayah seperti ini guna lebih makmur dan pun sejahtera, sebab kebutuhannya bisa lebih gampang untuk terpenuhi.


2. Curah hujan yang ingin tinggi

Daerah dengan iklim muson tropis pun memilki curah hujan yan gcenderung tinggi, teruama pada ketika musim penghujan. Dengan curah hujan yang paling tinggi ini, amak bakal mmebantu warganya dan pun masyarakat dalam :

  • Bercocok tanam
  • Berternak
  • Menyimpan persediaan air
  • Pemanfaatan air untuk kebutuhan sehari-hari
  • Stok air yang ingin melimpah dan pun banyak.

3. Tanah yang subur

Daerah dengan iklim muson tropis pun merupakan wilayah dengan kontur dan pun kondisi tanah pada lapisan atmosfer yang ingin psubur dan gampang untuk ditanami. Hal ini bakal semakin menciptakan kualitas sumber daya alam dari tempat dan juga wilayah yang berada pada iklim muson tropis menjadi semakin baik dan berlimpah. Masyarakat bakal lebih gampang dalam bercocok tanam dan pun menghasilkan bahan pangan dari sector pertanian dan pun agrarian.


4. Memiliki tidak sedikit hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis di samping menyediakan sekian banyak sumber daya alam yang sangat urgen untuk kelangsungan hidup masyarakat sekitarnya, pun memproduksi oksigen dengan paling banyak. Karena itu, masyarakat yang bermukim di tempat dengan iklim muson tropis lebih sering mencium udara segar dan pun mengkonsumsi bahan makanan dan pun sumber daya alam yang langsung dari sumbernya, yang melimpah.

Artikel Terkait:  Ruralisasi adalah

5. Tidak menikmati cuaca pada musim salju

Terkadang salju adalahgangguan yang paling mengganggu dan pun sangat menghambat kegiatan masyarakat. Nah, masyarakat yang bermukim pada wilayah dengan iklim muson tropis tidak butuh menghadapi sekian banyak macam gangguan yang diakibatkan oleh musim salju, sebab pada wilayah beriklim muson tropis ini tidak akan melewati musim salju.


6. Sangat sesuai dengan keperluan masyarakat yang suka berkebun dan pun bertani

Bagi masyarakat agrarian, maka wilayah dengan iklim muson tropis adalahsalah satu wilayah yang sempurna. Masyarakatnya dapat mengerjakan bercocok tanam dan pun berkebun guna memenuhi keperluan hidupnya sehari-hari, dan pun mendukung keperluan pangan di engaranya.


7. Memiliki keragaman tumbuhan dan pun fauna

Daerah yang bertempat di iklim muson tropis pun memilki keanekaragaman tumbuhan dan pun faunga yang paling beragam. Tentu saja dengan keberagaman tumbuhan dan hewan akan menolong kehidupan masyarakat menjadi lebih baik lagi.


Kekurangan

Meskipun memilki tidak sedikit kelebihan, tetapi demikian, masyarakat yang bermukim pada distrik yang memilki iklim muson tropis bakal mengalami sejumlah masalah dan pun kekurangan.

Berikut ini ialah kekurangan dari masyarakat yang bermukim pada distrik beriklim muson tropis :


1. Terkadang tidak jarang diterpa suhu yang tinggi

Suhu yang tinggi adalahsalah satu kekurangannya. Hal ini terkadang menciptakan suasana dan pun lokasi dari suatu wilayah menjadi paling tidak nyaman. Dengan suhu yang paling tinggi ini, terkadang kegiatan dari masyarakat bakal menjadi terganggu.


2. Sering terserang bencana alam baik enteng maupun berat

Kekurangan yang sangat terasa dari masyarakat yang bermukim di wilayah dan pun wilayah beriklim tropis ialah bencana alam. Ya, wilayah beriklim tropis memilki bisa jadi bencana alam yang paling tinggi, sampai-sampai warganya mesti tetap waspada bakal kehadiran bencana alam yang paling dekat dengan kehidupan mereka, laksana bencana banjir, tanah longsor, dan pun badai tropis.

Artikel Terkait:  Materi Minyak Bumi

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 9 Kelebihan dan Kekurangan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :