Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Satelit“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Kegunaan-Satelit-Dalam-Bidang-Geologi

Satelit produksi adalah salah satu teknologi yang diciptakan oleh insan untuk mempermudah dalam sekian banyak hal. Beberapa urusan yang ditunjang dengan adanya satelit laksana halnya komunikasi serta sekian banyak informasi lainnya yang diperlukan oleh insan dalam sekian banyak bidang. Dalam cabang bidang geografi, satelit tidak lepas dengan pengembangan Sistem Informasi Geografis.

Satelit memang tidak sedikit sekali fungsinya dalam bidang ilmu geografi terutama dalam cabang- cabang ilmu geografi tersebut. Salah satu cabang ilmu geografi yang tidak sedikit dibantu dengan adanya satelit ialah ilmu geologi. Pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai manfaat atau guna satelit dalam bidang ilmu geologi. Bagi lebih jelasnya, ayo kita simak uraian berikut.


Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi

Sebelum membicarakan kegunaan satelit dalam bidang ilmu geologi, saya dan anda butuh mengetahu mengenai apa ilmu ilmu geologi terlebih dahulu. Ilmu geologi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari mengenai Bumi yaitu komposisi, struktur, sifat- sifat fisik, serta sejarah pebentukannya. Dalam perkembangannya geologi pun mencakup sejumlah hal yang semakin luas. Dengan demikian peranan citra dalam Sistem Informasi Geografis sangatlah berarti. Cara kerja dalam Sistem Informasi Geografi ini memakai satelit sebagai alatnya. Oleh sebab itulah satelit memiliki tidak sedikit kegunaan dalam bidang geologi. Beberapa manfaat satelit dalam bidang geologi antara beda sebagai berikut:

Artikel Terkait:  Profil Negara Indonesia

1. Menentukan struktur geologi dan macam- macamnya

Salah satu manfaat satelit dalam ilmu geologi ialah untuk menilai struktur geologi di sebuah daerah. Kita seluruh tahu bahwa setiap wilayah memiliki ciri khas yang berbeda- beda, tergolong struktur tanah dan pun batuan. Nah oleh sebab adanya pertolongan dari satelit dan segala kecanggihan di dalamnya maka anda akan dapat memahami struktur geologi di sebuah tempat serta macam- macamnya. Bahkan sebab letak satelit yang bisa menjangkau wilayah yang luas maka anda akan bisa mengetahu wilayah lain yang mempunyai struktur geologi yang sama sehingga dapat kita kelompokkan daerah- wilayah yang mempunyai struktur geologi sama.


2. Pemantauan wilayah bencana laksana gempa dan kebakaran

Kegunaan satelit yang selanjutnya ialah untuk mengawasi daerah- wilayah yang terkena akibat bencana alam, laksana gempa dan pun kebakaran (sebagai contoh ialah kebakaran hutan). Daerah yang terkena akibat bencana akan susah dipatau bilamana kita berada di lokasi dengan bidang datar yang sama. Namun sebab satelit mengawasi dari antariksa maka daerah- wilayah yang terkena akibat bencana bakal lebih gampang terlihat sampai-sampai kita tahu wilayah mana saja yang terkena akibat bendana bahkan tingkat keparahannya.


3. Pemantauan debu vulkanik

Selain pengawasan terhadap bencana alam laksana gempa dan kebakaran, manfaat satelit lainnya pun termasuk dalam pengawasan arah debu vulkanik. Hal ini paling penting untuk Indonesia menilik negara anda ini memiliki tidak sedikit sekali gunung api yang masih aktif dan sering merasakan erupsi. Terkadang letusan yang dimunculkan gunung- gunung api ini mempunyai sifat kecil, tetapi tidak jarang pula mempunyai sifat besar dan merusak.

Di samping arah dari material cair yang dimuntahkannya, perlu diacuhkan pula material yang berupa debu vulkanik sebab debu vulkanik pun adalah material yang berbahaya. Dengan adanya satelit maka saya dan anda bisa memantau arah pergerakan debu vulkanik yang ingin mengikuti arah angin. Dengan demikian petugas dapat memberikan peringatan yang lebih dini untuk masyarakat agar lebih waspada.

Artikel Terkait:  Batu Gabro

4. Pemantauan penyaluran sumber daya alam

Kegunaan satelih mayoritas memang untuk pekerjaan pemantauan. Selanjutnya satelit juga bermanfaat dalam pekerjaan pemantauan penyaluran sumber daya alam. Kita tahu bahwa ciri khas tanah di sekian banyak saerah berbeda- lain antara satu dengan lannya. Maka dari itulah sumber daya alam khususnya tumbuhan yang tumbuh pun berbeda- lain antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Nah, dengan pertolongan satelit anda akan dapat memantau penyaluran atau persebaran sumber daya alam di daerah- daerah. Sehingga dengan ini maka kita dapat mengetahui dimana wilayah yang mempunyai sumber daya alam lebih dan mana wilayah yang kelemahan sumber daya alam. Dengan demikian maka dapat melengkapi antara satu dengan lainnya.


5. Pemantauan perusakan laut dan lapisan minyak di laut

Pemantauan yang dilaksanakan oleh satelit memanglah menjangkau wilayah yang luas sehingga didapatkan hasil yang efektif. Salah satu yang diperhatikan oleh sitra satelit ialah mengenai perusakan laut. Pencemaran laut dapat disebabkan oleh sekian banyak hal laksana kebocoran kilang minyak atau sebab pembuangan limbah cair. Pencemaran laut bisa menimbulkan akibat yang serius sebab dapat mecemari biota- biota laut dan membuatnya mati.

Oleh sebab itulah perusakan laut perlu guna dipantau. Satelit pun akan dapat mendeteksi lapisan minyak yang sedang di laut serta kadarnya. Dengan demikian anda akan dapat menginformasikan wilayah mana saja yang terkena akibat pencemaran dan pun tingkat keparahannya.


6. Pemanfaatan bidang pertahanan dan militer

Satelit juga berfungsi dalam bidang pertahanan dan pun kemiliteran. Hal ini akan paling membantu untuk negara dalam memperkuat pertahanan negaranya. Satelit akan dapat memantau wilayah mana saja yang perlu guna diperketat penjagaannya dan juga wilayah mana saja yang seandainya rawan untuk ditembus musuh.

Artikel Terkait:  Komponen Peta

7. Pemantauan permukaan, disamping pemotretan dengan pesawat terbang dan software Sistem Informasi Geografis (SIG)

Satelit memiliki tidak sedikit sekali kegunaan terutama dalam bidang geologi. Satelit ini paling erat kaitannya dengan pertumbuhan Sistem Informasi Geografis sampai-sampai akan bisa mencptakan sekian banyak penemuan yang paling memudhkan insan dalam sekian banyak bidang. Kebanyakan manfaat dari satelit memang berupa pemantauan sebab letaknya yang mengambang di angkasa sehingga bakal lebih akurat dan merangkum wilayah yang besar. Adapun pmantauan ini di samping dari satelit juga dilaksanakan pemantauan atau pemotretan dengan pesawat terbang.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 7 Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi dan Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :