Jenis Tanaman Pantai

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Tanaman Pantai“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Jenis-Tanaman-yang-Tumbuh-di-Daerah-Pantai

Ada berbagai jenis tumbuhan yang telah teridentifikasi dan salah satunya dikelompokan menurut habitatnya. Tidak heran sejumlah jenis tanaman mempunyai format morfologi maupun fisiologi tertentu cocok dengan tempat tinggalnya dan salah satunya yakni distrik pesisir atau pantai.

Tidak seluruh tanaman bisa tumbuh di area pantai yang berpasir, berangin, memiliki kandungan garam serta bersuhu tinggi. Dan berikut ini ada sejumlah jenis tumbuhan yangdapat hidup di pantai:


Jenis Tanaman Pantai

Berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman pantai, yaitu sebagai berikut:


1. Pandan Pantai (Pandanus utilis)

Pandan-Pantai

Sepintas pandan pantai memang terlihat serupa seperti pandan yang biasa dipakai untuk memasak. Hanya saja secara morfologi pandan pantai mempunyai format daun panjang dengan unsur tepi berduri.

Ukuran akar lumayan besar bertipe tunjang guna menopang tubuh tanaman. Tinggi pandan pantai lumayan bervariasi yaitu berkisar 50 cm hingga 5 meter, bahkan di distrik Papua pandan pantai bisa tumbuh sampai 15 meter.


2. Bakau / Mangrove (Rhizophora racemosa)

Bakau

Mangrove atau bakau menjadi tumbuhan yang paling tidak sedikit ditanam dan dibudidayakan sebab mempunyai peran sebagai penangkal abrasi di distrik pesisir atau pantai. Tidak heran andai saat ini ada tidak sedikit hutan mangrove yang tersebar di distrik pesisir pantai, bahkan menjadi lokasi wisata dan rekreasi.

Artikel Terkait:  Hutan Sabana

Tanaman bakau memiliki format akar tunjangyang berbelah dengan format daun elips, tebal, licin berwarna hijau dan lancipdi unsur ujungnya.


3. Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa

Sebagian besar dari anda tentu telah tidak asing dengan kelapa, sebab tanaman ini paling tidak sedikit ditemukan di distrik pesisir atau pantai. Berdasarkan keterangan dari sejarah kelapa berasal dari pesisir Samudera Hindia di distrik Asia, tetapi saat ini kelapa tidak sedikit tumbuh di wilayah pesisir beriklim tropis.

Tinggi pohon kelapa dapat mencapai 30 meterdan masih bisa bertahan hidup pada elevasi 1.000 meter di atas permukaanlaut, meskipun begitu pertumbuhannya tidak sebaik di wilayah pesisir. Hampir setiapbagian tanamannya tidak sedikit dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang,daun sampai daging buahnya.


4. Ketapang (Terminalia catappa)

Ketapang

Ketapang menjadi tumbuhan yang bisa hidupdi pesisir pantai dan bahkan bisa menjadi tumbuhan peneduh sebab memilikitajuk yang bertingkat dan format daun yang lumayan lebar. Ketapang termasuktanaman berkayu dengan tinggi yang dapat menjangkau 40 m dan gemang batang bisaberukuran 1,5 meter.

Bentuk daunnya laksana telur terbalik,berada di ujung ranting dengan tangkai pendek dan unsur ujung lebar, semakinkecil dan meruncing di unsur pangkal. Ketapang memiliki nama tersendiri,dalam bahasa Inggris dikenal sebagai binal almond, indian almond, malabaralmond dan beda sebagainya.


5. Cemara Laut (Casuarina equisetifolia)

Cemara-Laut

Sesuai dengan namanya, cemara laut ataucemara udang bisa bertahan hidup di wilayah pesisir atau pantai sebab dapatmencegah abrasi serta menyangga gelombang tsunami. Cemara laut masih satukeluarga dengan cemara gunung dan cemara sumatera.

Tinggi cemara laut dapat menjangkau 50 meterdengan diameter batang selama 100 cm. Ranting berbentuk jarum dengan panjangmaksimal sampai 30 cm, daun bersisik dan tersusun secara melingkar denganjumlah 6 sampai 10 helai di masing-masing bukunya. Selain menangkal abrasi, cemara lautjuga dapat menyangga tiupan angin kencang atau wind barrier, hempasan ombak yang besar, dan merehabilitasi lahanberpasir.

Artikel Terkait:  Perbedaan Bijih Logam dan Bijih Besi

6. Waru Laut (Hibiscus tiliaceus)

Waru-Laut

Waru laut atau baru laut tergolong tanamandari suku kapas-kapasan ini tidak sedikit ditemukan sebagai tumbuhan pinggir laut ataupantai. Waru laut tidak sedikit tersebar di distrik pesisir khususnya yang beriklimtropis di semua dunia, tetapi menurut keterangan dari sejarah tumbuhan ini berasal dari dunialama yaitu Asia, Afrika dan Eropa.

Di samping di distrik pantai, tumbuhan ini pun dapat ditemukan di elevasi 800 mdpl dengan curah hujan selama 900 – 2.500 per tahun. Adaptasi waru laut paling baik khususnya di lingkungan berpasir dan bergaram, koral, kapur, genangan air dan basal sekalipun. Waru laut tidak sedikit ditemukan di sejumlah belahan bumi laksana Australia bagian unsur timur dan barat, negara di benua Oseania, Kepulauan Maladewa, Asia Selatan dan Asia Tenggara.


7. Pohon Stigi (Pemphis acidula)

Pohon-Stigi

Pohon stigi pun menjadi tumbuhan yangbanyak ditemukan di pantai atau selama hutan mangrove. Tumbuh paling baik didaerah beriklim tropis khususnya di area pesisir Asia Selatan, Asia Tenggaradan Australia unsur utara.

Pohon stigi adalahtanaman perdu yangdapat tumbuh tidak lebih dari 6 meter. Dan ketika ini pohon stigi tidak sedikit dicarikarena bisa dijadikan sebagai tumbuhan bonsai serta dijadikan sebagai obatherbal untuk menanggulangi diabetes, reumatik sampai pencegah kanker.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 7 Jenis Tanaman yang Tumbuh di Daerah Pantai.

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :