Materi Pemasaran

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Pemasaran“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Jenis-Pemasaran

Pengertian Pemasaran

Istilah pemasaran dalam bahasa inggris dikenal dengan nama marketing. Kata marketing boleh dikata sudah diserap kedalam bahasa kita, namun juga di terjemahkan dengan istilah pemasaran.Asal kata pemasaran adalah “pasar” = market. Apa yang dipasarkan itu ialah barang dan jasa. Memasarkan barang tidak berarti hanya menawarkan barang atau menjual tetapi lebih luas dari itu.

Didalamnya tercakup berbagai kegiatan seperti membeli, menjual dengan segala macam cara, mengangkut barang menyimpan, mensortir, promosi dan sebagainya. Didalam marketing usaha ini kita kenal sebagai fungsi-fungsi marketing.

Jadi, pemasaran adalah salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang dan sampai saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu di perlukan strategi pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasilnya atau tidaknya dalam memasarkan produknya.

Apabila strategi pemasaran yang di laksanakan perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik,hal ini akan berpengaruh terhadap tujuan pemasaran.


Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

  1. Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  2. Menurut Philip Kotler dan Amstrong, pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  3. Menurut W Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
  4. Menurut William J. Stanton, definisi pemasaran adalah sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau perusahaan yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan, mendistribusikan dan memberi harga barang atau jasa dan memuaskan konsumen.
  5. Menurut Hair dan Mc. Daniel, memahami pemasaran, adalah proses perencanaan dan penerapan konsep, mempromosikan harga, dan menyebarkan ide, barang, dan layanan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan mencapai tujuan organisasi.
  6. Menurut Basu dan Hani, istilah pemasaran adalah proses perencanaan kegiatan dalam pengelolaan barang dan jasa, menentukan harga barang dan jasa, proses periklanan dan distribusi, di mana seluruh proses pemasaran bertujuan memenuhi pemenuhan kebutuhan. dan dapatkan untung.
Artikel Terkait:  Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Jenis

Fungsi Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa fungsi pemasaran, yaitu sebagai berikut:


  • Fungsi Pertukaran

Pemasaran memungkinkan konsumen untuk mencari tahu dan membeli produk yang dijual oleh produsen dengan menukar produk dengan uang atau produk dengan produk. Produk ini dapat digunakan untuk keperluan Anda sendiri atau dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.


  • Fungsi Distribusi Fisik

Proses pemasaran juga dapat dalam bentuk distribusi fisik suatu produk, dengan distribusi berlangsung melalui penyimpanan atau pengangkutan produk.

Transportasi dapat terjadi di darat, air dan di udara. Rangkaian produk tetap tersedia sesuai kebutuhan selama penyimpanan produk.


  • Fungsi Perantara

Pengiriman produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara pemasaran, yang menggabungkan kegiatan pertukaran dengan penjualan fisik.

Dalam proses perantara, kegiatan pendanaan, pencarian informasi, klasifikasi produk dan lainnya terjadi.


Tugas Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa tugas pemasaran, yaitu sebagai berikut:


  1. Perkenalkan Produk

Tugas pertama dan paling penting dari kegiatan pemasaran adalah menyajikan produk perusahaan kepada publik.


  1. Mencapai Target Penjualan

Sasaran penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim pemasaran harus menemukan cara untuk mencapai tujuan ini dengan selalu mengawasi kebutuhan dan kegiatan pasar.


  1. Pastikan Kepuasan Konsumen

Selain tujuan penjualan, kepuasan pelanggan adalah masalah penting dan penting dari tim pemasaran. Dengan memastikan bahwa konsumen puas dengan produk, proses pemasaran itu sendiri dianggap berhasil.


  1. Buat Strategi Tingkat Lanjut

Ada sejumlah strategi pemasaran yang dapat digunakan tim pemasaran untuk memasarkan produk ke publik. Salah satu contohnya adalah pemberian diskon.

Strategi lanjutan ini bertujuan untuk mencapai target laba yang lebih tinggi dari strategi sebelumnya, mis. B. Menawarkan produk-produk lain kepada konsumen untuk mendapatkan potongan harga.


  1. Bekerja dengan Mitra

Pemasaran juga memainkan peran penting dalam membangun kolaborasi dengan mitra. Selain itu, tim pemasaran memiliki tugas membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, terutama dengan pelanggan, dan menjadi media yang menjembatani hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal.

Artikel Terkait:  Materi Likuiditas

  1. Lengkapi Ringkasan Penjualan

Tim pemasaran harus merekap data penjualan dengan benar dan terstruktur. Data penjualan diperlukan oleh perusahaan untuk menentukan tujuan dan strategi pemasaran di masa depan.


Jenis Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa jenis pemasaran, yaitu sebagai berikut:


  • Pemasaran dari Mulut Ke Mulut

Jika Anda memahami jenis pemasaran ini, calon konsumen akan mendapatkan informasi produk dari pelanggan lain. WOMM atau dari mulut ke mulut ditawarkan secara lisan dan dia sangat bersemangat untuk membagikan informasi penting ini kepada orang lain.

Ini menjadi kebiasaan mereka sebagai konsumen ketika mereka bertemu orang lain. Yah, meskipun diketahui bahwa strategi ini sudah sangat tua, metode ini masih efektif sejauh ini. Terlebih lagi tentang sektor makanan.


  • Ajakan Bertindak (CTA)

Jika lalu lintas dari situs web berhasil menghasilkan penjualan, itu berarti bahwa situs web tersebut telah melakukan pemasaran CTA. Jenis kampanye ini menggunakan situs web yang menggunakan teks, grafik, dan elemen web lainnya. Metode ini cukup kuat untuk menarik konsumen dengan jangkauan online yang lebih luas.

Namun, ini tidak berarti bahwa pemilik situs web belum melakukan analisis. Pemasaran dengan CTA sebenarnya harus sangat spesifik karena pengunjung biasanya lebih suka mencari produk berdasarkan kata kunci.


  • Hubungan Pemasaran

Banyak yang berpendapat bahwa pemasaran hubungan jauh lebih efektif. Bahkan, banyak perusahaan melakukan ini daripada menghabiskan uang untuk menarik pelanggan baru. Ini karena sebagian besar pelanggan lebih loyal terhadap peluncuran produk baru.


  • Pemasaran Cloud

Jenis pemasaran ini masih terbilang baru. Cloud marketing menempatkan semua sumber daya dan sumber daya online. Contoh pemasaran cloud adalah program mitra yang dijalankan oleh Amazon.

Amazon memungkinkan karyawan untuk mengubah dan mengembangkan sumber daya ini. Tidak heran konsumen dapat mengakses buku, acara TV, film, dan konten lainnya secara online melalui Kindle Fire.


  • Pemasaran PR

Salah satu jenis pemasaran yang paling penting adalah hubungan masyarakat. Banyak perusahaan bekerja dengan media untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk mereka dan manfaat yang mereka dapatkan ketika produk ini dimiliki oleh konsumen.


Tujuan Pemasaran

Tujuan dari pemasaran adalah untuk menarik perhatian dan membuat bunga. Pemasaran dapat menciptakan citra merek,untuk mengubah citra itu dan membuat orang tertarik pada apa yang akan di jual. Pemasaran produk atau jasa belum pernah dilakukan terutama dengan billboard dan iklan cetak yang sekarang umumnya dilakukan secara online dan melalui media sosial.

Artikel Terkait:  Makalah Pasar Uang

Upaya pemasaran, pendekatan dan pesan terus tumbuh. Sebaliknya mengubah produk untuk bersaing dengan perubahan zaman dan selera dapat mengubah pemasaran untuk membuat produk tanpa seolah-olah tidak ada.


Tingkatan Pemasaran

Jika kita perhatikan struktur sebuah perusahaan maka ada tingkatan-tingkatan tertentu yang masing-masing memiliki penekanan pada tugas pemasarannya.

  1. Pimpinan pemasaran adalah penekanan pada analisis struktur pasar, orientasi dan dukungan pelanggan, serta memposisikan perusahaan dalam mengawasi rantai nilai. dalam sebuah lembaga atau perusahaan banyak bagian-bagian, atau departemen yang menghasilkan nilai atau pelanggan, misalnya bagian pembelian bahan baku, bagian produksi, bagian keuangan, bagian urusan langganan dan sebagainya. aktifitas mereka ini harus dibina atau diarahkan agar lebih memuaskan para pelanggan.
  2. Pada tingkat bisnis atau SBU (strategic business unit). disini pemasaran adalah untuk segmentasi pasar dan targeting pasar. unit bisnis harus lebih menekankan pada karakteristik produk yang akan dipasarkan dan lebih mengenai needs dan want dari konsumen.
  3. Pada tingkat operasional. ini berarti maketing in action, para petugas harus melaksanakan berbagai tektik marketing mix, mencari kombinasi dari bauran yang paling maksimal,apakah akan lebih menekan pada product, price, place, atau promotion dan sebagainya.

Daftar Pustaka:

  1. Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
  2. Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya.
  3. Zulkarnain. 2012. Ilmu Menjual: Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 5 Jenis Pemasaran: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tugas, Tujuan dan Tingkatan

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: