Jenis-Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

5 Jenis-Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya dan Cirinya

Hutan adalah sebuah unsur dari Bumi. Secara umum kita memahami bahwa hutan adalah sekumpulan tumbuhan atau pohon yang rimbun dan berada di sebuah wilayah, dengan jumlah yang tidak sedikit dan berdampingan satu dengan yang lainnya. Hutan dipecah menjadi sejumlah jenis dan menurut kelompok yang berbeda- beda. Kategori yang menjadi dasar pembagian jenis hutan ini disaksikan dari jenis tanamannya, hutan menurut keterangan dari iklimnya, jenis hutan berdasar letak elevasi tempatnya, hutan menurut kegunaannya dan pun tempat tumbuhnya. Jenis hutan yang bakal kita kupas dalam tulisan kali ini ialah mengenai jenis hutan menurut lokasi tumbuhnya.

Tempat tumbuh hutan adalah tempat tumbuh pohon- pohon yang terdapat di dalam hutan tersebut. Atau dapat juga disebutkan bahwa jenis hutan menurut lokasi tumbuh adalahjenis hutan berdasrkan keberadaannya. Beradasarkan lokasi tumbuhnya, jenis jenis hutan menurut lokasi tumbuhnya dipecah menjadi tiga macam, yaitu:


Jenis-Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis hutan berdasarkan tempat tumbuhnya, yaitu sebagai berikut:


1. Hutan pantai

Jenis hutan yang kesatu menurut lokasi tumbuhnya ialah hutan pantai. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, hutan pantai ini adalahhutan yang berada atau tumbuh di daerah- wilayah pesisir pantai. Hutan pantai ini pastinya dapat menjaga pantai dari sejumlah gangguan yang dapat saja merusak pantai tersebut.

Artikel Terkait:  Bencana Hidrometeorologi

Jenis hutan pantai ini yang biasa anda temui ialah hutan mangrove atau hutan bakau. Hutan mangrove ini biasanya kita temui di pantai yang mempunyai ombak tenang. Hutan bakau atau hutan mangrove ini pastinya memiliki ciri khas khusus yang dapat membedakannya dengan hutan lainnya, sebab hutan bakau atau mangrove ini adalahhutan yang khas. Beberapa ciri khas atau ciri hutan bakau atau hutan mangrove ini diantaranya merupakan:

  • Memiliki akar nafas yang menyembul ke permukaan
  • Selalu tergenang air
  • Mempunyai daun yang berlapis tebal untuk meminimalisir penguapan
  • Lingkungan selama hutan memiliki kadar garam yang tinggi
  • Tanahnya berisi oksigen yang tidak cukup atau melulu sedikit oksigen

Itulah sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan mangrove atau hutan gambut ini. Karakteristik yang disebutkan lumayan untuk memisahkan hutan ini dengan hutan lainnya. Di Indonesia, hutan pantai ini tidak sedikit ada di Sumatera unsur timjur, Irian Jaya, dan Kalimantan.


2. Hutan rawa

Jenis hutan yang selanjutnya menurut lokasi tumbuhnya ialah hutan rawa. Seperti halnya hutan pantai yang berada di distrik pesisir pantai, hutan rawa ini pun adalahhutan yang berada di wilayah rawa atau disekitar rawa- rawa. Hutan rawa ini pun mempunyai sejumlah karakteristik yang akan memisahkan dengan hutan yang lainnya. Dengan kata lain, ciri khas yang dipunyai oleh hutan ini merupakan ciri khas khusus. Beberapa ciri khas yang dipunyai oleh hutan rawa antara lain ialah sebagai berikut:

  • Tanaman tampak tidak jarang kali hijau
  • Dasar hutan berupa rawa- rawa dan tidak jarang kali tergenang oleh air
  • Pohon yang tumbuh termasuk tinggi
  • Air yang terdapat di hutan adalahjenis air tawar

Itulah sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan rawa. Hutan rawa ini adalahkekayaan yang mesti anda lestarikan sebab berisi faedah atau guna hutan yang paling banyak. Di Indonesia, hutan rawa ini tidak sedikit ada di wilayah Pantai Timur Sumatera, Kalimantan, dan pun Kalimantan Barat.

Artikel Terkait:  Efek Rumah Kaca

3. Hutan pegunungan

Jenis hutan yang selanjutnya menurut lokasi tumbuhnya ialah hutan pegunungan. Hutan pegunungan adalah hutan yang berada di wilayah pegunungan. Hutan pegunungan memiliki karakteristinya sendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Berada di distrik pegunungan
  • Pepohonan yang terdapat di hutan itu ditumbuhi oleh lumut sebab udara yang lembab
  • Memilihi suhu udara yang rendah

Itulah ciri khas yang dipunyai oleh hutan dataran rendah. Contoh hutan dataran rendah ialah hutan hujan tropis yang tidak sedikit ada di Dangkalan Sunda laksana di Sumatera dan pun Kalimantan.


4. Hutan pegunungan rendah (sub-mountaine forest)

Hutan yang selanjutnya yang menjadi unsur dari jenis hutan menurut elevasi tempatnya ialah hutan pegunungan rendah. Hutan ini adalahhutan yang berada di distrik pegunungan tetapi tidak terlampau tinggi. Beberapa ciri khas yang dipunyai oleh hutan ini antara lain ialah sebagai berikut:

  1. Berada di distrik pegunungan yang tidak terlampau tinggi
  2. Ketinggian lokasi sekitar 1.300 sampai 2.500 meter di atas permukaan air laut.
  3. Banyak memerikan manfaat untuk masyarakat yang bermukim di gunung maupun yang terdapat di dawah distrik
  4. gunung tersebut.
  5. Manfaat hutan ini yang ditebarkan antara beda sebagai wilayah resapan air/ tangkapan air, dan pun flora hewan yang dijadikan sumber makanan atau obat- obatan.

Itulah sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan pegunungan rendah ini. Oleh sebab manfaatnya yang banyak, maka hutan ini mesti anda usahakan kelestariannya.


5. Hutan pegunungan atas (mountaine forest)

Jenis hutan yang terakhir disaksikan dari elevasi tempatnya ialah hutan pegunungan atas. Hutan pegunungan atas adalahhutan yang berada di distrik pegunungan unsur atas. Beberapa ciri khas yang dipunyai oleh hutan ini antara lain ialah sebagai berikut:

  1. Berada di distrik pegunungan unsur atas, yaitu di atas 3.500 meter dari permukaan air laut
  2. Berfungsi sebagai cagar alam (baca: cagar alam di Indonesia) dan taman wisata
  3. Termasuk ke dalam tipe hutan hujan tropik pegunungan
  4. Jenis tumbuhan yang tumbuh laksana pohon- pohon dan liana serta epiphyte
Artikel Terkait:  Materi Banjir Bandang

Itulah sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan pegunungan atas ini. Oleh karena kegunaannya yang menjadai cagar alam, maka anda harus mengawal kelestarian hutan ini.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 5 Jenis-Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya dan Cirinya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :