Materi Atlas

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Atlas“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Pengertian-Atlas

Pengertian Atlas

Atlas adalah kumpulan peta yang dijilid sebagai sebuah buku. Nama atlas berasal dari nama dewa bangsa Yunani, yaitu Atlas, dewa yang memegang bumi di atas pundaknya. Pada umumnya peta-peta dalam atlas disusun secara teratur menurut pembagian wilayah dalam suatu negara, dan wilayah pada masing-masing benua. Dengan susunan seperti itu akan memudahkan bagi orang yang membutuhkannya.

Atlas terbitan baru ada yang sudah dilengkapi dengan gambar, tabel, dan indeks untuk nama-nama yang terdapat dalam atlas. Oleh karena atlas merupakan kumpulan peta, maka atlas dapat berfungsi sebagai sumber data. Data yang dapat diperoleh dari atlas antara lain: data kependudukan, jalur transportasi, daerah wisata, hasil bumi, hasil tambang, dan lain-lain.


Syarat-Syarat Atlas

Berikut ini adalah syarat-syarat atlas, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggambarkan suatu wilayah dengan data yang akurat.
  2. Memiliki formulasi warna atau simbol beda yang tepat sampai-sampai menarik.
  3. Dilengkapi dengan diagram-diagram dan data statistik wilayah yang dipetakan.
  4. Dalam menciptakan peta mesti mengekor aturan-aturan kartografi dan memakai proyeksi peta tertentu yang dicocokkan dengan tujuan.

Fungsi Atlas

Berikut ini adalah fungsi atlas, yaitu sebagai berikut:

  • Dapat menunjukkan tempat wilayah tertentu.
  • Dapat membendingkan luas, letak dan tempat tertentu dengan negara lain.
  • Dapat mencocokkan perbedaan relief antar wilayah.
  • Menunjukkan tempat kota sungai atau danu sesuai.
Artikel Terkait:  Alat Pengukur Curah Hujan

Unsur-Unsur Atlas

Berikut ini adalah unsur-unsur atlas, yaitu sebagai berikut:


1) Judul Atlas

Judul atlas adalah informasi mula dari atlas dan mesti menggambarkan keseluruhan isi atlas. Misalnya Atlas Dunia di dalamnya mengandung peta permukaan bumi baik daratan maupun perairan, peta benua-benua, peta distrik Kutub Utara dan Kutub Selatan dan peta negara-negara di benua.


2) Kumpulan Isi

Kumpulan Isi adalah nama-nama peta yang dibentuk lengkap dengan halaman lokasi peta disajikan. Kumpulan isi bermanfaat untuk menolong pemakai memudahkan dalam menggali peta yang diinginkan.


3) Kata Pengantar

Kata pendahuluan adalah ungkapan pembuat atlas berkaitan dengan isi dan tujuan penciptaan atlas.


4) Legenda

Legenda merupakan penjelasan yang menyatakan tentang simbol-simbol yang dipakai pada peta yang ada dalam atlas.


5) Tahun Pembuatan Atlas

Tahun Pembuatan Atlas dicantumkan supaya pemakai memahami kapan atlas tersebut dibuat berkaitan dengan kecocokan data yang disajikan dengan masa-masa pemakaian.


6) Kumpulan Indeks

Kumpulan Indeks berisi susunan nama-nama objek geografi, baik jasmani maupun sosial kebiasaan yang dibentuk menurut kelompok-kelompok tertentu, contohnya kota, gunung, pegunungan, pulau, kepulauan, sungai, danau, waduk, teluk, selat, laut, samudra tanjung, dan pelabuhan udara, sementara setiap kelompok dibentuk menurut huruf.


Contoh:

Apabila kita hendak mencari kota Deli di Pulau Sumatra, metodenya buka susunan indeks lantas cari kumpulan kota dengan urutan huruf “D”. Pada Indeks tertulis Deli 29 A2; dengan kata lain angka 18 mengindikasikan nomor urut halaman, huruf A ialah kolom antara dua garis bujur (vertikal) dan angka 2 ialah lajur antara dua garis lintang (horizontal).


Jenis-Jenis Atlas

Berikut ini adalah jenis-jenis atlas, yaitu sebagai berikut:


1) Atlas Wilayah

Atlas Wilayah

Atlas wilayah ialah atlas yang menyajikan informasi unsur-unsur geografi umum baik alamiah maupun kebiasaan suatu wilayah.

Artikel Terkait:  Jenis Hutan di Dunia

Beberapa misal atlas wilayah:

  • Atlas Nasional, menyajikan informasi geografis dan data yang ada pada distrik negara tertentu yang dilengkapi dengan peta tiap-tiap propinsi.
  • Atlas Regional, menyajikan informasi geografi dan data dari sejumlah negara dalam satu area tertentu maupun dalam area benua.
  • Atlas Dunia, menyajikan informasi geografi dan data yang ada pada benua–benua beserta negara-negara di dunia.

2) Atlas Tematik

Atlas Tematik

Atlas tematik ialah atlas yang menyajikan informasi tema tertentu yang sifatnya khusus. Beberapa misal atlas tematik yakni atlas anatomi, atlas patologi, atlas histologi (mengandung gambar-gambar unsur tubuh dan sel-sel insan yang dibutuhkan di bidang kedokteran) dan atlas geologi, (mengandung informasi tentang sekian banyak batuan atau mineral yang ada di bumi), atlas sejarah, dan lain-lain.


3) Atlas Semesta

Atlas Semesta

Atlas semesta ialah atlas yang menyajikan informasi suasana jagat raya berupa peta langit, rangkaian tata surya, rasi bintang, dan galaksi.


Manfaat Atlas

Berikut ini adalah manfaat atlas, yaitu sebagai berikut:

  1. Menunjukkan distrik tertentu. Atlas dapat dipakai untuk menunjukan sebuah wilayah tertentu di muka bumi ini. Hal ini disebabkan atlas menghimpun seluruh peta-peta, tergolong peta-peta Negara yang terdapat di dunia.
  2. Atlas dapat menyerahkan informasi tempat kota, sungai, atau telaga dengan informasi geografis yang cocok dengan suasana yang sebetulnya di lapangan.
  3. Atlas dapat dipakai untuk mencocokkan luas, letak, dan tempat tertentu, sampai-sampai pembaca dapat memahami luas, atau jarak yang sebetulnya dari sebuah atau antar kota dengan memakai skala yang terdapat pada atlas tersebut.
  4. Atlas dapat dipakai untuk mencocokkan perbedaan-perbedaan relief suatu wilayah dengan teknik melihat simbol-simbol yang terdapat di dalam peta, misalnya simbol warna, dan beda sebagainya.
  5. Di samping dapat dipakai untuk menggali informasi yang sehubungan dengan letak atau posisi suatu daerah, atlas pun dapat dipakai untuk menggali informasi tertentu seperti, hewan-hewan yang dilindungi, keganjilan dunia, pakaian adat, dan beda sebagainya.
Artikel Terkait:  Kepulauan Marshall

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Unsur-Unsur Atlas: Pengertian, Syarat, Fungsi, Jenis dan Manfaat

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga Lainnya: