Jenis Hutan Mangrove

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Mangrove“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Jenis-Jenis-Hutan-Mangrove-Di-Dunia

Abrasi adalah pengikisan atau erosi tanah yang terjadi di wilayah ekosistem pantai yang diakibatkan oleh ombak laut. Ombak laut yang terus menerus menerpa bibir pantai lama kelamaan akan memunculkan kikisan di bibir pantai tersebut. Pengikisan ini bilamana dibiarkan tentu akan membawa akibat buruk, laksana tergerusnya pasir sampai-sampai daratan semakin mengecil.

Perlu anda ketahui bahwa abrasi bilamana dibiarkan akan mempunyai sifat merugikan terlebih dalam jangka masa-masa yang lama. Maka dari itulah abrasi mesti ditangkal sebisa mungkin supaya daratan tetap terlindungi dan tidak semakin habis. Berbagai teknik dilakukan oleh pemerintah untuk menangkal terjadinya abrasi pantai dan salah satunya ialah dengan menempatkan pohon bakau di dekat pantai.

Pohon mangrove ialah pohon yang tidak jarang kita temui di dekat pantai. Pohon mangrove atau pohon bakau memiliki karakteristik yaitu mempunyai akar napas. Akar napas adalah akar yang timbul atau hadir ke permukaan sampai-sampai dari daratan kita dapat melihat akar- akar pohon ini. Mengapa pohon bakau dipilih sebagai pohon benteng di bibir pantai? Salah satu alasannya karena ciri khas yang dipunyai oleh pohon ini yakni berupa akar napas.

Akar- akar napas berikut yang akan merintangi ombak- ombak laut itu supaya tidak menggerus bibir pantai. Tanaman bakau atau yang biasa dinamakan dengan mangrove adalahtanaman yang sangat sesuai untuk mengayomi bibir pantai ini. Nah hutan bakau atau hutan mangrove ini ternyata ada sekian banyak jenis lho. Pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai jenis- jenis hutan mangrove ini.

Artikel Terkait:  Materi Angin Puting Beliung

Hutan mangrove adalahhutan yang memiliki tidak sedikit jenis. Sekilas terlihat sama saja bilamana kita perhatikan. Namun dibalik tersebut semua terdapat jenis- jenis tertentu yang dipunyai oleh hutan mangrove ini. Beberapa jenis dari hutan mangrove bakal kita sampaikan dibawah ini.


1. Rhizophoraceae

Rhizophoraceae

Jenis hutan mangrove kesatu yang dapat anda temukan, terutama di Indonesia ialah Rhizophoraceae atau yang tidak jarang disebut dengan pohon Bakau. Pohon bakau biasa anda temukan di pesisir pantai. Pohon bakau terdiri atas sejumlah keluarfa. Adapun sejumlah keluarga dari pohon bakau antara beda adalah:

  • Bakau / Stilted Mangrove (Rhizhophorz)
  • Tancang / Orange Mangrove (Bruguiera)
  • Tangere / Yellow Mangrove (Ceriops)

Itulah sejumlah keluarga dari pohon bakau. Biasanya family bakau ini anda temukan dalam satu atau sejumlah wilayah. Pohon bakau berfungsi untuk bisa menghalau ombak yang akan mengakibatkan abrasi di pantai.


2. Sonneratiaceae (Perepat atau Gogem)

Sonneratiaceae

Jenis hutan mangrove kedua yang dapat kita temui ialah jenis Sonneratiaceae. Jenis Sonneratiaceae ini melulu ada satu macam yakni Sonneratia atau yang biasa dinamakan dengan Mangrove Apple. Pohon ini bisa hidup di atera yang terrendam air melulu 10 sampai 19 kali saja dalam satu bulan. Sehingga dapat anda katakan bahwa habitat dari pohon ini bukanlah di lokasi yang tidak jarang kali basar atau terendam air. Terkadang anda akan menjumpai akar tanaman- tumbuhan ini tidak jarang kali mencuat ke atas (di atas permukaan tanah) saat wilayah habitatnya tidak terendam oleh air.


3. Avicenniaceae (Pohon api- api)

Avicenniaceae

Jenis mangrove yang selanjutnya ialah Avicenniaceae atau yang dikenal dengan sebutan pohon api- api. Pohon api- api adalah salah satu jenis pohon Mangrove. Pohon api- api ini memiliki keserupaan akrakteristik dengan pohon di atas yakni Mangrove Applae. Pohon api- api mempunyai satu jenis saja yakni Avicennia yang terdiri atas white atau grey mangrove. Pohon Mangrove Api- api ini pun mempunyai habitat yang sama dengan Pohon Mangrove Apple, yakni di lokasi yang terendam air sejumlah 10 sampai 19 kali per bulan. Jenis pohon api- api ini paling tidak sedikit tumbuh dan anda temukan di wilayah yang sangat dekat dengan laut, media tumbuh pohon ini ialah tanh yang supaya bepasir.

Artikel Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Masyarakat di Daerah Beriklim Muson Tropis

4. Famili Meliaceae (Nyirih)

Famili-Meliaceae

Jenis hutan mangrove yang keempat ialah hutan mangrove yang ditumbuhi oleh Famili Meliaceae atau tumbuhan Nyirih. Tanaman ini adalahsalah satu jeis mangrove yang terbagi atas dua jenis lagi yakni Xylocarpus dan Hibiscus spp. Jenis Xylocarpus ini berasal dari Keluarga Nypa spp dan dapat anda jumpai di daerah- wilayah tertntu, yakni di wilayah yang masih dipengarui oleh pasang- surut air laut. Sementara Hibiscus spp adalahjenis mangrove yang sangat sering dan paling tidak sedikit kita jumpai di area- lokasi yang terendan air sevara musiman, sebab tanaman ini mendominasi lokasi tersebut.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 4 Jenis-Jenis Hutan Mangrove Di Dunia Beserta Gambar

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :