Hutan Sabana

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Sabana “. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Hutan-Sabana

Hutan adalah salah satu kekayaan alam yang terdapat Bumi. Tidak melulu kekayaan alam saja, hutan pun adalahsalah satu kehormatan hati yang dipunyai Indonesia. Banyak negara- negara yang merasa bangga memiliki hutan yang lebat daripada negara yang tidak memiliki hutan. Hal ini sebab hutan memang adalahhal yang paling dibutuhkan untuk semua makhluk yang terdapat di Bumi, bahkan Bumi sendiri pun membutuhkan hutan.

Hutan dijuluki sebagai paru- paru dunia. Artinya, tanpa adanya hutan, Bumi barangkali tidak akan dapat bernafas. Dan andai Bumi tidak dapat bernafas, maka Bumi akan menikmati mati. Bagaimanapun pun paru- paru ialah organ yang inti yang dipunyai oleh insan maupun fauna yang bernafas memakai paru- paru. Tanpa adanya paru- paru maka makhluk hidup itu tidak bakal bertahan lama.


Kehidupan di Bumi

Seperti yang anda ketahui bersama sesungguhnya permukaan Bumi  sebagai planet yang ditempati insan terdiri dari dua macam, yaitu daratan dan pun lautan. Lautan dan daratan pun memiliki porsi yang berbeda. Antara lautan dan daratan, permukaan Bumi lebih tidak sedikit terdiri dari lautan. Namun jumlah daratan yang terdapat di Bumi pun tidak sempit.

Hampir seluruh makhluk hidup yang terdapat di Bumi hidup di daratan, terkecuali binatang- hewan dan tanaman laut. Dari seluruh daratan yang dihuni oleh makhluk hidup tersebut, kenampakannya berbeda- beda. Ada daratan yang berupa gunung, dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, jurang, lembah, hutan, sawah, dan terdapat pula pemukiman. Semua terstruktur dan tertata apik sekali. Dari sejumlah kenampakan daratan tersebut, ada di antara kenampakan yang sangat urgen dan paling bermanfaat untuk lingkungan bahkan makhluk hidup yang terdapat di sekitarnya. Daratan yang dimaksud ialah hutan.


Jenis- Jenis Hutan

Sebagian besar dari kita tentu telah mengetahui tentang apa tersebut hutan. Ya, laksana yang sudah kita ketahui bersama sesungguhnya hutan adalahkenampakan daratan Bumi yang ditumbuhi oleh sekian banyak macam pohon atau tumbuh- tanaman yang hidup dalam sebuah lahan. Hutan, bilamana kita menyimak secara umum, tentu semuanya nampak sama. Namun ternyata hutan ini dapat dipisahkan menjadi sejumlah jenis. Jenis- jenis hutan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berbeda- beda. Beberapa jenis hutan antara beda sebagai berikut:

Artikel Terkait:  Jenis Awan yang Menimbulkan Hujan

1. Berdasarkan keterangan dari iklimnya, hutan dipisahkan menjadi sembilan jenis, yaitu:

  1. Hutan hujan tropis
  2. Hutan musim tropik
  3. Hutan iklim sedang
  4. Hutan pegunungan tropik
  5. Hutan gugur iklim sedang
  6. Hutan hujan iklim sedang yang tidak jarang kali tampak hijau
  7. Taiga
  8. Gurun
  9. Sabana

2. Berdasarkan keterangan dari jenis pohonnya, hutan dipisahkan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Hutan homogen
  2. Hutan heterogen

3. Berdasarkan keterangan dari Kegunaannya, hutan dipisahkan menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Hutan lindung
  2. Hutan suaka alam
  3. Hutan wisata
  4. Hutan produksi

4. Berdasarkan keterangan dari proses terjadinya, hutan dipisahkan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Hutan asli
  2. Hutan buatan

5. Berdasarkan keterangan dari tempatnya, hutan dipisahkan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Hutan pantai
  2. Hutan pegunungan
  3. Hutan rawa, dll.

Itulah jenis- jenis hutan yang disaksikan dari sejumlah kategori. Namun dari sejumlah ketgori tersebut, satu hutan dapat masuk kedalam lebih dari satu jenis bila disaksikan dari kategorinya masing- masing. Sehingga hutan tersebut dapat digolongkan dalam sejumlah jenis kategori. Dari sekian tidak sedikit hutan yang sudah kita ketahui bersama, kita melulu akan membicarakan mengenai satu jenis hutan saja. Hutan yang bakal kita kupas dalam tulisan ini ialah hutan sabana.


Hutan Sabana

Sebagian dari kita barangkali telah mengenal mengenai apa tersebut hutan sabana. Namun ada beberapa dari anda lagi yang barangkali masih asing bila mendengar tentanh hutan sabana. Sehingga timbullah pertanyaan laksana apa hutan sabana itu? Hutan sabana adalah salah satu jenis hutan yang lebih tidak sedikit ditumbuhi rerumputan, semak, atau perdu. Jika di Indonesia, anda lebih tidak jarang menyebut sabana sebagai padang rumput.

Namun walau namanya ialah padang rumput, tetapi sabana ini adalah padang rumput yang diselingi sejumlah pepohonan yang tumbuh menyebar di distrik padang rumput tersebut. Sehingga tidak boleh dibayangkan hutan sabana ini laksana hutan pada lazimnya yang dipenuhi oleh pohon-pohon hijau yag berdaun lebat dan pun tinggi. Hutan sabana malah seperti tanah lapang yang diisi rerumputan dan melulu diselingi sejumlah pohon saja. Pohon- pohon yang hidup menyebar di tanah padang rumput/ sabana itu antara lain ialah pohon palem dan pun akasia.


Pengertian Hutan Sabana

Hutan sabana ini terbentuk di wilayah perpaduan antara tropis dan sub tropis. Curah hujan yang tidak cukup menyebabkan distrik hutan sabana ini terbentuk. Sehingga hutan sabana ini lebih dikenal sebagai padang rumput tropis. Hutan sabana ini pun adalahsalah satu unsur dari daratan yang lumayan unik. Hal ini sebab iklim yang dipunyai tidak terlampau kering guna menjadi padang pasir, namun pun tidak lumayan basah guna menjadi hutan. Beberapa wilayah di dunia yang mempunyai cukup tidak sedikit hutan sabana ini ialah Australia, Amerika Selatan, dan pun Afrika. Namun, urusan ini bukan berarti Indonesia tidak memiliki hutan sabana. Wilayah Indonesia yang memiliki hutan Sabana ini ialah Nusa Tenggara Timur.

Artikel Terkait:  Negara Yang Terancam Tenggelam dan Hilang

Ciri-Ciri Hutan Sabana

Banyak tulisan yang sudah memuat tentang ciri- ciri yang dipunyai oleh hutan sabana ini . Namun, pada peluang ini anda akan kembali membicarakan mengenai ciri- ciri dari hutan Sabana. Ciri- ciri yang dipunyai oleh hutan sabana ini bakal membedakannya dengan hutan yang lainnya. Beberapa ciri yang dipunyai oleh hutan Sabana ini antara lain ialah sebagai berikut:

  • Hutan sabana memiliki suhu yang hangat dan tetap sama sepanjang tahunnya
  • Hutan sabana memiliki dua musim yang bertolak belakang, yakni musim kering dan musim basah
  • Pada ketika musim kering tiba, maka curah hujan yang turun hanyalah 4 inchi. Bahkan saat memasuki bulan Desember sampai Februari dapat jadi tidak terdapat hujan sama sekali
  • Ketika musim kering tiba, malah cuaca bakal terasa lebih dingin
  • Musim basah terjadi saat musim panas, yakni dibuka pada bulan Mei
  • Ketika musim basah tiba, maka curah hujan yang turun menjangkau 15 sampai 25 inchi sepanjang waktu.

Itulah sejumlah ciri dari hutan sabana. Ciri-ciri hutan sabana ini tidak dipunyai oleh hutan yang lainnya. Hal ini sebab wilayah dan pun iklim yang bertolak belakang dengan hutan yang lainnya. Karena hutan sabana berikut maka anda tidak dapat membayangkan bahwa hutan tidak jarang kali lebat dengan pepohonan. Hutan memang diisi oleh tumbuh-tumbuhan, tetapi tidak mesti pohon- pohon yang menjulang tinggi. Oleh sebab hutan sabana ini memiliki ciri-ciri yang menarik dan pun jenis tanaman bertolak belakang dari hutan kebanyakan, maka binatang- hewan yang hidup didalamnya pun pun khas.


Flora dan Fauna Hutan Sabana

Hutan sabana adalah hutan yang lebih serupa padang rumput. Hal inipun membuat tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan tersebut ialah flora dan hewan yang khas. Contoh tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan sabana ini ialah sebagai berikut:


  • Flora

Flora atau tanaman yang hidup di hutan sabana ini antara lain ialah rumput, sejumlah pohon laksana akasia dan pun pohon palem. Sebagian besar yang menutupi tanah yang terdapat hutan sabana ini ialah rumput. Hal ini sebab curah hujan yang tidak banyak yang menimpa distrik hutan ini menjadikan rumput satu- satunya tumbuhan yang bisa tumbuh subur. Namun walau demikian masih ada sejumlah pohon yang tumbuh ditengah- tengah padang rumput tersebut. Pohon- pohon ini tumbuh tidak beraturan dan jumlahnya pun melulu beberapa.


  • Fauna

Fauna atau hewan yang bermukim di distrik hutan sabana ini pun merupakan hewan yang khas. Beberapa hewan atau hewan yang hidup di distrik hutan sabana ini antara lain ialah gajah, zebra, singa, jerapah, dan pun kerbau.

Itulah sejumlah gambaran dari tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan sabana. Selain tumbuhan dan hewan yang telah dilafalkan di atas, masih terdapat juga sejumlah flora dan hewan yang hidup di hutan sabana ini.


Suhu dan Musim di Hutan Sabana

Meskipun sudah disebut- sebut sebelumnya, tetapi tidak terdapat salahnya bilamana jita membicarakan lagi tentang suhu dan pun musim yang dipunyai oleh hutan sabana ini. Mengenai suhu dan pun musim yang terdapat di hutan sabana ini akan diterangkan sebagai berikut:

Artikel Terkait:  Hutan Gugur

  • Suhu

Suhu udara yang terdapat di distrik hutan sabana ini ialah hangat. Kehangatan suhu udara ini bakal sama sepanjang tahunnya. Namun walau suhu yang terdapat di hutan sabana ini ingin hangat, hutan ini pun dapat diliputi suhu dingin. Namun suhu dingin ini malah akan terasa disaat musim kemarau tiba.


  • Musim

Musim yang terdapat di distrik hutan ini terdapat dua macam. Kedua macam musim ini bertolak belakang, yaitu musim kering atau kemarau dan pun musim basah atau musim hujan. Ketika musim kering atau musim kemarau ini melanda hutan ini maka curah hujan yang turun sangatlah sedikit, yaitu melulu 4 inchi saja. Bahkan diantara bulan Desember dan Februari dapat tidak turun hujan sama sekali. Sedangkan saat musim hujan atau musim basa, curah hujan yang turun dapat mencapai 15 inchi sampai 25 inchi.

Itulah cerminan umum tentang suhu dan pun musim yang dipunyai oleh hutan sabana ini. Bila kita simaklah maka masing-masing hutan memiliki suhu dan musim yang berbeda- lain sesuai dengan lokasi maupun iklim yang terdapat di distrik hutan tersebut. Meskipun hutan sabana ini tidak kaya bakal pepohonan, tetapi hutan sabana ini pun mempunyai sejumlah manfaat yang akan dialami oleh sekian banyak pihak (lingkungan dan pun makhluk hidup).


Manfaat Hutan Sabana

Hutan mempunyai tidak sedikit sekali manfaat. Manfaat hutan ini seringkali didasarkan pada pohon- pohon yang tumbuh subur di dalam hutan. Lalu bagaimanakah dengan hutan sabana ini? apakah manfaatnya lebih tidak banyak daripada hutan- hutan lain? Tentu saja hutan sabana mempunyai guna sesuai dengan ciri khas yang dimilikinya masing- masing. Beberapa guna yang dipunyai oleh hutan sabana ini antara beda sebagai berikut:

  1. Mencegah tanah longsor dan pun erosi tanah
  2. Menjadi rumah sekian banyak macam hewan dan pun tumbuhan
  3. Sebagai penyeimbang alam
  4. Menyimpan cadangan air
  5. Memberikan makanan untuk berbagai macam binatang
  6. Menambah nilai keindahan alam
  7. Sebagai lokasi wisata alam yang bisa dinikmati sendiri maupun bersama- sama
  8. Sebagai lokasi spot fotrografi yang bagus dan alami
  9. Meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di dekat wilayah hutan sabana tersebut.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Flora dan Fauna Hutan Sabana: Pengertian, Ciri, Suhu, Musim dan Manfaat

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :