Hutan Rawa Air Tawar

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Rawa“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Hutan-Rawa-Air-Tawar

Hutan telah diketahui bagaikan tempat dari bermacam berbagai spesies makhluk hidup baik itu tumbuhan ataupun fauna. Hutan pula mempunyai banyak khasiat paling utama untuk kelangsungan hidup segala makhluk hidup yang tinggal di Planet Bumi. Sebagian khasiat yang dapat diperoleh dari hutan ialah bagaikan:

  • Tempat dari sumber energi alam semacam air serta hasil hutan( kayu, tumbuhan)
  • Bagaikan tempat tinggal bintang yang dilindungi ataupun yang terancam punah
  • Bagaikan sumber oksigen ataupun paru– paru dunia.

Hingga sangat disayangkan bila sebagian tahun ini kerap terjalin permasalahan kebakaran hutan salah satunya kebakaran hutan di Amazon yang memperoleh banyak sorotan dari bermacam negeri di dunia. Semacam yang kita tahu bila jumlah spesies hewan yang terdapat di dunia, sangat banyak berasal dari hutan Amazon.

Berdialog menimpa hutan, nyatanya di dunia ini terdapat bermacam- macam tipe hutan yang tersebar di sebagian tempat, apalagi dalam suatu wilayah terdapat mungkin mempunyai lebih dari satu tipe hutan. Hutan dikelompokkan jadi sebagian tipe misal bersumber pada pada:

  • Jenis tumbuhan yang ditanam
  1. hutan homogen
  2. hutan heterogen
  • Berdasarkan pada fungsinya
  1. hutan suaka alam
  2. hutan produksi
  3. hutan lindung
  • Bersumber pada ketinggian tempat
  1. hutan pantai
  2. hutan dataran rendah
  3. hutan kabut
  4. hutan pegunungan atas serta bawah
  5. hutan elfin

Serta masih banyak tipe hutan di dunia yang lain. Salah satu tipe hutan yang bersumber pada pada kondisi tanah ialah hutan rawa air tawar. Hutan rawa air tawar banyak ditemui di bermacam tempat yang banyak tergenang oleh air tidak terkecuali di Indonesia. kemudian apa itu hutan rawa air tawar serta gimana karakteristik– karakteristik hutan tersebut? Berikut pembahasannya.


Jenis – Jenis Hutan Rawa

Saat sebelum mangulas lebih lanjut menimpa hutan rawa air tawar, kita butuh mengenali terlebih dulu tentang apa itu hutan rawa. Hutan rawa ialah hutan yang berkembang serta pula tumbuh di kawasan ataupun daerah yang digenangi oleh air tawar. Hutan rawa umumnya banyak ditemui bersebelahan maupun terletak di balik hutan mangrove dengan keadaan air yang payau. Tetapi, dalam waktu tertentu hutan rawa dapat pula tercipta di wilayah– wilayah yang terletak tidak jauh dari aliran sungai bila hujan yang turun pada sesuatu wilayah menimbulkan wilayah tersebut senantiasa tergenang oleh air. Ada pula tipe– tipe hutan rawa antara lain:

  1. Hutan rawa gambut. Identitas hutan rawa gambut merupakan tercipta dari sisa– sisa hewan dan tanaman yang dalam prosesnya membutuhkan waktu yang sangat lama ataupun lelet. Dampaknya tanah yang terletak di hutan rawa gambut memiliki isi bahan organik sangat besar. Sebagian besar hutan rawa gambut banyak ditemui di daerah pesisir serta lebih diketahui dengan istilah lahan basah pesisir serta lahan basah daratan yang terletak di balik hutan bakau.
  2. Hutan rawa air tawar. Suatu hutan rawa dengan isi mineral yang sangat besar pada permukaan tanahnya. Umumnya hutan rawa air tawar banyak ditumbuhi oleh tumbuhan hutan yang lumayan rimbun. Hutan ini pula terletak di antara 2 sungai serta jauh masuk ke daerah pedalaman. Dengan kata lain, hutan rawa air tawar terletak di antara hutan rawa gambut serta hutan dataran rendah.
  3. Rawa tanpa hutan. Ialah sesuatu wilayah rawa yang jadi bagian dari ekosistem rawa hutan. Namun, hutan ini cuma ditumbuhi oleh tanaman berdimensi kecil dan semak belukar.
Artikel Terkait:  Kristalisasi Magma

Karakteristik Hutan Rawa Air Tawar

Hutan rawa air tawar ataupun freshwater swampforest merupakan suatu kawasan hutan yang mempunyai perbandingan dari segi tanah. Hutan rawa air tawar memiliki isi mineral yang amat besar di bagian permukaan tanah. Ada pula karakteristik– karakteristik dari hutan rawa air tawar ialah:

  • Hutan tersebut terletak di wilayah yang senantiasa tergenang oleh air tawar pada tanahnya dan tidak dipengaruhi oleh pergantian hawa.
  • Umumnya banyak ditumbuhi oleh tanaman ataupun vegetasi yang masuk ke dalam jenis senantiasa hijau ialah tanaman berbentuk pepohonan dengan besar dekat 40 m serta ada sebagian susunan tajuk. Tidak heran bila hutan rawa air tawar mirip dengan hutan hujan tropis.
  • Banyak ditumbuhi oleh tumbuhan berakar lutut dengan tunas terendam oleh air
  • Tanah yang senantiasa tergenang oleh air tawar sampai membuat struktur tanah jadi lumpur.
  • Umumnya terletak di balik hutan payau serta tanah aluvial dengan aerasi kurang baik, tingkatan keasaman air ataupun pH kurang dari 6 serta pada bagian dasar banyak ditemui gambut.

Semacam yang sudah disinggung di atas kalau vegetasi yang berkembang di hutan rawa air tawar sangat bermacam- macam tetapi perihal ini pula tergantung dari keadaan tanah. Secara universal spesies tumbuhan yang banyak ditemui di hutan rawa air tawar Eucalyptus degulpta, Palaquium leiocarpum, Gareinia spp., Campnosperma macrophylla, Shorea uliginosa, Koompassia spp., Xylopia spp. Tidak cuma itu saja, tiap spesies tumbuhan tersebut senantiasa ditemui dalam kondisi berkelompok dengan kata lain tanaman tersebut sangat sedikit jenisnya sehingga persebaran tanaman yang ada pada hutan rawa air tawar cenderung tidak rata.


Fungsi Dari Hutan Rawa Air Tawar

  1. Bagaikan sumber cadangan air dikala masa kemarau datang.
  2. Cagar alam biosfer. Salah satunya berbentuk Cagar Biosfer Giam Siak Kecil yang dijadikan bagaikan kawasan dengan keselarasan ikatan antara pembangunan ekonomi, pemberdayaan warga sampai proteksi area.
  3. Menghindari terbentuknya intrusi yang berasal dari air laut masuk ke dalam air sungai ataupun air tanah.
  4. Menghindari terbentuknya banjir kala masa hujan datang ataupun volume air bertambah.
  5. Bagaikan sumber tenaga ataupun sumber santapan untuk sebagian tipe makhluk hidup yang tinggal di hutan rawa air tawar.
  6. Bagaikan rumah ataupun tempat tinggal untuk sebagian tipe tumbuhan serta hewan.
  7. Menolong penyerapan karbon yang dicoba oleh tumbuhan dengan metode melaksanakan proses fotosintesis.
Artikel Terkait:  Materi Rotasi Bumi

Persebaran Dan Contoh Vegetasi Hutan Rawa Air Tawar Di Indonesia

Di Indonesia hutan rawa air tawar banyak ditemui di bagian timur pulau Sumatra, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku serta pula Papua di bagian selatan. Semacam yang sudah dipaparkan di atas bila tanaman di hutan rawa air tawar bergantung dari keadaan tanah.

  • Di Papua hutan rawa air tawar banyak ditumbuhi oleh Campnosperma sp., Melaleuca sp., Terminallia sp., serta Erythrina fusca.
  • Di Sumatra sebagian besar tumbuhan berjenis Dipetorakarp ialah Hopea mengerawan, Dryobalanops oblongifolia, Dipterocarpus lowii, Anisoptera marginata, S. Macroptera, S. Platycarpa, S. Singkawang serta masih banyak yang lain.
  • Di Kalimantan tipe tumbuhan yang kerap ditemui ialah Dipeterocarpus oblongifolius serta Mangifera gedebe.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 5 Karakteristik Hutan Rawa Air Tawar: Fungsi dan Persebarannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :