Hutan Kerangas

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Kerangas“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Hutan-Kerangas

Kawasan zona hutan merupakan suatu kawasan yang dapat dikatakan sangat berarti untuk planet bumi. Kawasan hutan ialah salah satu aspek utama dalam pembuatan relief permukaan bumi. banyak sekali daratan yang tercipta serta berganti penampakan permukaannya sebab keberadaan hutan. Tidak hanya itu hutan ialah suatu kumpulan vegetasi dalam sesuatu daerah dengan luasan tertentu yang mempunyai dampak sangat besar.

Dampak dari keberadaan hutan sendiri tidak bisa dipungkiri kalau mempunyai kaitan yang kokoh dengan area. Apalagi keberadaan dari kawasan hutan sendiri mempunyai simbiosis yang lumayan erat kaitannya dengan dinamika pergantian suasana. Sebagian guna serta khasiat tersebut meyakinkan kalau keberadaan hutan, merupakan suatu entitas yang tidak dapat digantikan.

Hutan sendiri mempunyai bermacam berbagai tipe dengan bermacam berbagai ciri. Terdapat banyak sekali tipe hutan di dunia yang dapat kita sebutkan satu persatu. Tiap hutan tersebut mempunyai karakteristik yang dapat dikatakan hendak berbeda satu sama lain. Walaupun kadangkala kita menciptakan hutan yang sama di wilayah lain, tetapi hendak senantiasa mempunyai perbandingan antara keduanya. Apalagi, tidak tidak sering kadangkala persamaan yang timbul cumalah persamaan kala digunakan buat menyebut nama hutan tersebut.

Kali ini kita hendak mangulas menimpa salah satu tipe hutan yang dapat kita temukan di sebagian daerah. Kali ini kita hendak mangulas menimpa Hutan Kerangas, suatu hutan yang pasti saja mempunyai keunikan serta ciri yang berbeda. Terdapat sebagian perihal yang butuh kamu tahu menimpa hutan ini, seperti


KARAKTERISTIK

Hutan kerangas dapat dikatakan ialah salah satu tipe hutan yang lumayan rentan terhadap kendala. Perihal tersebut disebabkan keadaan dari hutan tersebut yang tidak lumayan normal. Hutan kerangas umumnya cuma menumbuhi susunan tanah bagian podsol saja. Susunan tanah yang satu ini ialah susunan tanah yang dapat dikatakan miskin.

Susunan tanah ini sangat miskin hara, tidak hanya itu tekstur dari tanah ini sendiri berpasir yang tidak terpisahkan. Sehingga, dengan keadaan tersebut sekan nampak kalau kawasan hutan ini cukuo gersang serta tidak dapat di manfaatkan lagi. Disebabkan keadaan yang demikian, hingga aktivitas pemanfaatan dari Hutan kerangas sangatlah sedikit. Apalagi nyaris tidak terdapat. Sebagaimana yang kita tahu kalau terdapat banyak sekali kemampuan sumber energi hutan yang dapat di manfaatkan. Tetapi, pada hutan kerangas perihal tersebut sangat sedikit ditemui.

Artikel Terkait:  Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi

Pada sebagian hutan kerangas, kadangkala berdiri ataupun terletak di susunan tanah yang tersusun dari pasir silika. Tipe tanah yang satu ini mempunyai tingkatan porositas yang lumayan besar, hingga tidak mengherankan bila atmosfer gersang serta sedikitnya hara sangat menempel pada tipe tanah tersebut. Tetapi, terdapat pula hutan kerangas yang berkembang serta tumbuh di atas kawasan gambut. Sebagaimana yang kita tahu kalau tanah gambut ialah salah satu tipe tanah yang sangat miskin dengan hara. Tidak hanya itu tanah yang satu ini mempunyai tingkatan keasaman yang lumayan besar. Kosekuensi dengan berdiri serta hidup di atas tanah semacam itu, hingga vegetasi yang terdapat di dalam hutan kerangas mempunyai tingkatan menyesuaikan diri yang lumayan besar.


VEGETASI

Bila kita berdialog menimpa hutan, hingga kita tidak hendak dapat terlepas dari yang namanya vegetasi. Kita tentu hendak membicarakan menimpa tipe vegetasi yang hidup serta tumbuh di dalam kawasan tersebut. Tiap hutan mempunyai karakteristik vegetasi spesial yang bisa membiasakan diri dengan keadaan area tersebut. Begitu pula dengan hutan kerangas yang mempunyai vegetasi yang lumayan spesial.

Vegetasi pada kawasan hutan kerangas mempunyai keahlian menyesuaikan diri yang lumayan kokoh. Bila kita memandang sebagian tipe tanaman yang terdapat di dalamnya hingga kita bisa memastikan bertapa kuatnya mereka buat berupaya bertahan hidup. Keahlian vegetasi- vegetasi tersebut buat menyesuaikan diri sangat berhubungan erat dengan keadaan dari tanah hutan kerangas itu sendiri.

Salah satu karakteristik ataupun salah satu sisi yang jadi fokus menyesuaikan diri dari vegetasi di hutan kerangas merupakan, keahlian buat memperoleh faktor hara. Sebagian tanaman sanggup bertahan dengan jumlah faktor hara yang sedikit, serta sangat mempengaruhi pada ciri dari tanaman tersebut. Tetapi, sebagian tipe tanaman sanggup penuhi kekurangan faktor hara dari area dekat dimana dia berkembang.

Artikel Terkait:  Persebaran Hutan Musim di Dunia

Vegetasi yang terdapat di dalam hutan kerangas mempunyai tingkatan keberagaman yang sangat sedikit. Perihal ini disebabkan tidak seluruh tipe tanaman bisa bertahan hidup di atas tanah yang dapat dikatakan lumayan berat. Tetapi, walaupun begitu terdapat pula sebagian tipe tumbuhan baik berbentuk pepohonan ataupun sejenis semak yang masih dapat mendiami tanah tipe ini. terdapat sebagian tipe tumbuhan yang mendiami kawasan hutan kerangas, seperti

  1. Dacrydium elatum
  2. Agathis borneensis
  3. Tristania sumatrana
  4. Casuarina sumatrana
  5. Rhodamia cinerea
  6. Rhodomyrtus tomentosa
  7. Melastoma polyanthum
  8. Dillenia suffruticosa
  9. Vaccinium bancanum
  10. Vaccinium bracteatum
  11. Garcinia bancana
  12. Psychotria viridiflora

Tanaman di atas ialah sebagian tipe tanaman yang kerap ditemui di kawasan serta zona hutan kerangas. Perihal tersebut disebabkan tanaman di atas mempunyai keahlian buat bertahan hidup serta toleran terhadap keadaan tanah yang sangat sedikit hara.

Mayoritas dari tanaman yang terdapat di dalam kawasan hutan kerangas tidak bisa berkembang dengan besar serta besar. Vegetasi pada hutan kerangas hendak nampak pendek bila dibanding dengan bermacam vegetasi yang terdapat di kawasan hutan lain. Tidak hanya itu bentukan dari pepohonan yang terdapat dapat dikatakan lumayan kurus. Perihal tersebut ialah salah satu wujud konsekuensi yang wajib diterima oleh hutan kerangas akibat dari minimnya isi hara di dalamnya.

Pada susunan tanah bagian atas, hutan kerangas sendiri pula mempunyai keadaan yang lumayan spesial. Bagaikan mana yang sudah kita singgung tadinya kalau mayoritas susunan tanah hutan kerangas tersusun dari tipe pasir silika, ataupun sebagian tipe bahan yang mempunyai tingkatan porositas besar.

Kala tanah bagian atas mempunyai tingkatan porositas yang lumayan besar, hingga akibat yang langsung terasa merupakan sedikitnya keahlian tanaman buat mengikat air. Tetapi, vegetasi pada hutan kerangas menanggulangi perihal tersebut dengan memperkecil dimensi mereka sendiri. Tidak hanya itu sebagian tipe tanaman pula menyelimuti bagian daunya dengan susunan parafin. Perihal tersebut bertujuan buat bisa kurangi terbentuknya penguapan secara kelewatan.

Artikel Terkait:  Cara Mencegah Pembalakan Liar

Satu perihal yang butuh dicermati merupakan kala terjalin kehancuran pada hutan kerangas hingga proses regenerasinya hendak lumayan susah. Perihal ini disebabkan tanaman serta tumbuhan tersebut hendak kembali diwajibkan buat menyesuaikan diri dari dini. Sebaliknya sebagaimana yang kita tahu, dengan tanah yang sedikit faktor haranya, hingga probabilitas tanaman bisa bertahan dari dini sangatlah sedikit. Sebab itu banyak sekali usaha buat mempertahankan serta melindungi keadaan vegetasi yang terdapat di dalam kawasan hutan kerangas.


PERSEBARAN

Hutan kerangas memanglah ialah salah satu hutan yang dapat dikatakan mempunyai faktor hara yang sangat sedikit. Tetapi, bukan berarti persebaran hutan ini sangat kecil. Malah persebaran dari hutan yang satu dapat dikatakan lumayan luas serta banyak sekali. Kawasan hutan kerangas ini sendiri tidak cuma tersebar di Indonesia saja, tetapi terdapat pula hutan tipe ini yang diketemukan terletak di luar kawasan indonesia. sebagian wilayah persebaran dari hutan kerangas ini sendiri adalah

  1. Kalimantan
  2. Sumatera
  3. Singkep
  4. Bangka Belitung
  5. Serawak
  6. Sabah
  7. Brunei

Dari sebagian kawasan persebaran hutan kerangas yang terdapat di atas, Kalimantan ialah kawasan yang mempunyai persebaran hutan Kerangas sangat besar. Perihal ini pastinya sangat kita maklumi sebab kalimantan ialah salah satu kawasan yang mempunyai hutan terluas di dunia. Persebaran hutan kerangas di kalimantan sendiri dapat ditemui nyaris pada tiap daerah di pulau ini. Salah satunya kita dapat menciptakan hutan kerangas di zona Halaman Nasional Danau Sentarum.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Hutan Kerangas adalah: Karakteristik, Vegetasi dan Persebaran

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :