Hutan Cadangan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Cadangan“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Hutan-Cadangan

Diantara tidak sedikit jenis- jenis hutan menurut lokasi tingginya, jenis hutan menurut jenis kegunaannya dan jenis lainnya, barangkali yang masih asing di telinga kita ialah mengenai hutan cadangan.


Pengertian Hutan Cadangan

Hutan cadangan adalah hutan yang difungsikan sebagai cadangan guna hutan produksi, hutan lindung, hutan wisata, hutan suaka alam maupun hutan lainnya, yang mana belum ditentukan secara pasti. Sehingga yang namanya hutan cadangan ini ialah lahan yang diisi oleh pepohonan laksana halnya hutan biasa, tetapi arah kemana hutan itu akan diangkut belum ditentukan. Dengan demikian hutan ini dapat digunakan sebagai cadangan hutan- hutan yang lainya, sekitar beum ditemukan secara pasti.


Karakteristik Hutan Cadangan

Hutan cadangan ialah satu jenis hutan menurut kategori faedah yang dimilikinya. Hutan cadangan meskipun memiliki faedah yang belum terarah dengan pasti tetapi sudah tidak sedikit digunakan oleh manusia, terutama dalam pertanian atau penanaman tumbuhan pangan dan pun dalam urusan pemukiman. Adapun sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan cadangan antara beda sebagai berikut:


1. Sering dimanfaatkan sebagai lahan pertanian maupun lahan pemukiman untuk penduduk yang berada di wilayah sekitarnya.

Karena mempunyai peruntukkan yang masih belum pasti, maka hutan cadangan tidak sedikit difungsikan sebagai lahan pertanian dari penduduk maupun sebagai lahan pemukiman. Kita semua memahami bahwa permasalahan untuk rata- rata negara (terlebih negara dengan pertumbuhan warga yang tinggi) ialah mengenai lahan pertanian dan pun pemukiman. Banyak hutan- hutan yang bobrok karena diburu bangunan. Maka dari itulah hutan cadangan ini juga dipakai sebagai lahan pertanian atau pemukiman sebab memang keperluan akan dua-duanya tidak bisa dibatasi. Maka dari itulah hutan cadangan tidak sedikit difungsikan sebagai lahan peranian maupun pemukiman penduduk yang rumahnya tidak jelas. Selain tersebut hasil budidaya tumbuhan pangan anda akan lebih dapat mencukupi kebutuhanmasyarakatnya.

Artikel Terkait:  Negara Swiss

2. Kaya akan sekian banyak macam tanam pangan maupun sumber pangan

Karakteristik hutan cadangan yang selanjutnya ialah kaya akan tumbuhan pangan. Hal ini jug tidak lepas dari pemanfaatkan hutan cadangan guna pertanian mastarakat. Berbagai tumbuhan pangan ini ditanam atau dibudidayakan di hutan cadangan cocok dengan keperluan masyarakat. Dengan demikian keperluan masyarakat akan tumbuhan pangan aan tidak jarang kali tercukupi. Bahkan tidak melulu untuk mencukupi keperluan saja, andai produksi pangan tidak sedikit maka dapat pula untuk dipasarkan sehingga dapat menghidupkan perekonomian dari penduduk yang berada di dekat kawasan tersebut.


3. Digunakan guna merawat tanaman (flora) dan juga fauna (fauna) dengan destinasi supaya tanaman dan fauna tersebut tidak punah

Karakteristik yang selanjutnya ialah hutan cadangan sebagai lokasi untuk merawat sekian banyak macam tumbuhan dan hewan dengan tujuan supaya flora dan hewan tersebut tidak punah. Flora atau tumbuhan dan juga hewan atau hewan memerlukan habitat eksklusif yang tidak sama dengan manusia, sampai-sampai harus diserahkan tempat yang cocok, laksana hutan cadangan ini.

Itulah sejumlah karakteristik yang dipunyai oleh hutan cadangan yang seringkali memang belum ditentukan fungsinya. Selain ciri khas kita pun perlu mengenal tentang fungsinya.


Fungsi Hutan Cadangan

Hutan cadangan memiliki sejumlah fungsi hutan antara beda sebagai berikut:

  • Sebagai lokasi melakukan kegiatan pertanian
  • Memelihara hewan dan tumbuhan
  • Menyeimbangkan udara di sekitarnya
  • Mencegah banjir
  • Memberikan kesejukan

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Hutan Cadangan adalah: Pengertian, Karakteristik Beserta Fungsi

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :