Fungsi Danau

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Danau“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Fungsi-Danau

Danau adalah kumpulan air tawar dan air asin, dikumpulkan di cekungan permukaan dan dikelilingi oleh daratan. Terbentuknya danau dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pencairan gletser, mata air, dan aliran sungai. Danau biasanya berada di daerah pegunungan, yang sebagian besar merupakan air tawar. Laut Kaspia merupakan danau terluas di dunia, dengan luas permukaan 394.299 km2, atau gabungan dari enam danau besar. Terdapat ribuan danau di Indonesia, di antaranya sekitar 840 danau besar dan 735 danau kecil atau sering disebut dengan sana. Salah satu danau terbesar dan paling terkenal di negara kita adalah Danau Toba di Sumatera Utara. Ketika luas permukaan danau sekitar 1.130 km2 dan jumlah air mencapai 240 km3.


Fungsi Danau

Dengan daya tampung air yang cukup, keberadaan telaga tersebut membawa banyak manfaat bagi kehidupan di sekitarnya. Manfaat atau keistimewaan danau adalah:


1. Untuk persediaan air bersih

Meski mengalami kemarau panjang, persediaan air danau tampak tak ada habisnya. Ini karena kapasitasnya yang besar. Selain itu, sebagian besar danau mengandung air tawar. Alhasil, danau kerap dimanfaatkan organisme di sekitarnya sebagai sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi, dan mencuci.

Artikel Terkait:  Komponen Peta

2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Penggunaan lain air danau yang melimpah adalah sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sekitar 20% listrik dunia menggunakan tenaga air. Keuntungan dari pembangkit listrik ini adalah ia merespon dengan sangat cepat dengan mengubah energi air menjadi energi mekanik dan kemudian menjadi energi listrik. Mekanisme pembangkit listrik ini adalah dengan menghubungkan generator ke turbin yang digerakkan oleh air. Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air disebut tenaga air.


3. Sebagai sarana pengairan

Masyarakat sekitar danau, terutama yang memiliki lahan pertanian atau lahan pertanian, juga dapat memanfaatkan air danau sebagai alat irigasi untuk memenuhi kebutuhan air lahan pertanian atau pertanian, terutama pada saat musim kemarau tiba. .. Ini membantu lahan pertanian dan pertanian terus panen meski musim kemarau dan menjaga kesejahteraan masyarakat sekitar.


4. Budidaya perikanan darat

Untuk menunjang kehidupan ekonomi daerah tersebut, masyarakat sekitar danau bersama dengan pemerintah daerah dapat menggunakan sistem jaring apung dengan memanfaatkan danau sebagai lahan perikanan darat. Beberapa daerah di Indonesia yang mengembangkan sistem ini antara lain Jawa Barat, Waduk Jatirufur, dan beberapa daerah lainnya.


5. Lokasi sarana rekreasi dan olah raga

Dari segi keindahannya, telaga merupakan kawasan panorama yang sangat indah yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Indonesia memiliki beberapa danau yang terkenal dengan keindahannya, antara lain Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Kerimtu di Flores, Danau Batur di Bali, dan Danau Sinkarak di Sumatera Barat. Di sana, wisatawan bisa melakukan berbagai hal seperti rekreasi dan olahraga. Dengan adanya kunjungan wisatawan tersebut akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar danau.

Untuk rekreasi lainnya:

  • Manfaat sungai
  • Fungsi hutan lindung
  • Fungsi hutan bakau
Artikel Terkait:  Fungsi Penghijauan

6. Untuk mengendalikan bencana alam seperti banjir dan erosi

Iklim Indonesia sangat beragam, dengan berbagai kondisi alam dan meteorologi. Pada musim kemarau, danau dapat dijadikan sebagai sumber air bagi kehidupan di sekitarnya. Di sisi lain, pada musim penghujan, danau juga sangat bermanfaat untuk pengendalian bencana alam seperti banjir dan erosi, yaitu menampung kelebihan air hujan.


7. Sebagai habitat hewan dan tumbuhan

Keberadaan danau terbukti memberikan kontribusi yang signifikan bagi kesejahteraan makhluk di sekitarnya. Danau juga dikenal sangat kaya akan nutrisi yang dikandungnya. Inilah mengapa danau merupakan tempat yang baik untuk hidup bagi beberapa spesies flora dan fauna. Ini menunjukkan bahwa danau merupakan salah satu sumber kekayaan hayati di Bumi.


8. Sebagai sarana penelitian dan pendidikan

Danau juga dapat berfungsi sebagai sarana penelitian dan pendidikan. Banyak peneliti telah melakukan penelitian untuk mempelajari berbagai hal yang ada di danau, seperti ekosistem danau dan subjek penelitian lainnya.


9. Sebagai alat transportasi

Beberapa area terpisah satu sama lain oleh keberadaan danau dan interkoneksi bisa memakan waktu cukup lama. Hal ini menjadikan danau sebagai alternatif transportasi penghuni kedua wilayah tersebut.


10. Sebagai penghasil hasil tambang

Beberapa danau di Indonesia seperti Danau Matana dan Danau Towuti di Sulawesi Selatan mengandung mineral logam seperti nikel. Ini digunakan oleh pemerintah untuk bekerja dengan perusahaan asing untuk memanfaatkan produk pertambangan ini menggunakan sistem bagi hasil. Ini berfungsi sebagai sumber pendapatan negara dan bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi warga sekitar.

Kita tahu bahwa danau berfungsi sebagai salah satu sumber daya alam yang telah memberikan banyak kontribusi bermanfaat bagi kehidupan organisme di sekitarnya. Namun, perlu diingat bahwa danau tidak selalu dapat melakukan ini. Hal ini disebabkan kontraksi dan endapan lumpur di danau. Ini terjadi karena jumlah air yang tertahan berkurang dan penggundulan hutan menyebabkan proses sedimentasi. Selain itu, peningkatan jumlah penduduk di sekitarnya juga akan berdampak pada berkurangnya luas danau.

Artikel Terkait:  Fauna Oriental

Dengan berkurangnya luas danau, fungsi danau sebagai waduk berkurang. Penurunan fungsi ini dapat menyebabkan bencana banjir dan kekeringan baik di dalam maupun di luar kawasan danau. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan kebijakan yang mirip dengan berikut ini:

  1. Konservasi, termasuk sarana perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan untuk memelihara kehidupan secara lestari dan keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya.
  2. Rehabilitasi bertujuan untuk meningkatkan dan mengembalikan fungsi danau sebagaimana mestinya.
  3. Gunakan dengan benar agar bermanfaat bagi kehidupan Anda saat ini. Namun, selain pemanfaatan tersebut, pekerjaan pemeliharaan yang tepat juga harus dilibatkan agar fungsi dan pemanfaatan danau dapat dinikmati di masa depan. Upaya tersebut adalah sebagai berikut.
  • Kegiatan penanaman kembali di sekitar danau untuk mencegah erosi dan penurunan permukaan tanah
  • Menjaga kelestarian hutan dari kegiatan pembangunan hutan yang menyebabkan deforestasi
  • Jangan membuang sampah atau limbah ke danau.

Fungsi danau sangat penting sebagai ciptaan ketuhanan yang harus dijaga dan dilestarikan untuk melindungi manusia dari berbagai bencana dan manfaat ekonomi lainnya.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 10 Fungsi Danau Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :