Fungsi Air Hujan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Air Hujan“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Fungsi-Air-Hujan

Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup, karena semua kondisi menjadi lebih baik saat hujan. Hal ini terutama berlaku untuk organisme yang sangat bergantung pada air hujan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi air hujan yang turun untuk kelangsungan hidup makhluk hidup.


Fungsi Air Hujan

Berikut ini terdapat beberapa fungsi air hujan, terdiri atas:


1. Air hujan berperan penting dalam pertanian

Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi memiliki pengaruh yang sangat positif bagi kehidupan para petani. Tak heran jika para petani sangat senang saat hujan turun. Karena bisa berdampak positif pada tanaman mereka dan banyak petani yang sangat menunggu musim hujan. Dan setelah musim hujan, banyak petani yang menanam padi di sawah dan menunggu panen berhasil.


2. Air hujan berperan penting dalam kehidupan manusia

Air hujan yang mengalir dari langit sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup sehari-hari. Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi merembes ke dalam tanah dan menjadi air tanah. Manusia kemudian dikelola kembali dengan menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti:

Artikel Terkait:  Materi Angin Tornado
  • Untuk mencuci
  • Masak dan gunakan sebagai air minum
  • Untuk mandi sehari-hari
  • Cara menyiram tanaman

3. Air hujan sangat penting bagi perekonomian

Air hujan juga berperan dalam perekonomian manusia, karena juga berperan penting dalam pekerjaan manusia seperti pengolahan hutan, perikanan dan pertanian. Dan pada musim kemarau, niscaya masyarakat tidak hanya akan merasakan kekurangan air, tetapi juga ladang-ladang yang menjadi sumber penelitian ekonomi, seperti panen yang buruk, masalah penangkapan ikan dan pohon hutan yang tumbang. Saya sangat membutuhkan air.


4. Air hujan berperan penting dalam perikanan

Air hujan memainkan peran penting dalam industri perikanan karena mengalir ke laut, sungai, dan danau saat hujan. Sungai juga memiliki beberapa keunggulan dalam kehidupan manusia. Dan akan tersedia cukup air bagi ikan untuk berkembang biak di permukaan air, laut, sungai dan danau digunakan sebagai sumber kehidupan manusia karena ikan juga bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dikonsumsi sebagai peningkat protein. Tidak mengherankan di mana itu dilakukan. Air hujan memainkan peran 80% dalam kehidupan ikan di laut. Saat itu perikanan mengalami kerugian yang signifikan dalam pengelolaan ikan di laut pada musim kemarau.


5. Air hujan berperan penting dalam pelestarian lingkungan

Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi berperan penting dalam pelestarian lingkungan, seperti fotosintesis oleh tumbuhan, penanaman pohon di hutan, dan penanaman sendiri. Karena saat hujan, semua tanaman dan pohon tumbuh subur, indah dan sejahtera, mempercepat proses fotosintesis. Air hujan juga memainkan peran yang sangat penting dalam melestarikan kehidupan alam dan pelestarian lingkungan.


6. Air hujan sangat penting untuk kelangsungan hidup hutan

Air hujan sangat penting untuk kelangsungan hidup hutan. Terdapat banyak flora dan fauna yang bergantung pada air dan pepohonan di hutan, sehingga ketika jumlah curah hujan meningkat selama pergantian musim, air yang cukup disediakan untuk memenuhi kebutuhan, jadi semua yang ada di hutan. Organisme mengalami stabilitas dan keseimbangan. Fotosintesis atau minum untuk hewan di hutan.

Artikel Terkait:  11 Kota yang Dilalui Garis Khatulistiwa Di Indonesia & Gambar

7. Air hujan berperan penting dalam melindungi sumber air tanah

Air hujan berperan penting dalam melindungi sumber air tanah. Hal ini dikarenakan air hujan yang jatuh ke permukaan bumi diserap oleh lapisan permukaan tanah sebagai penampung yang disimpan pada kedalaman tertentu. Air hujan yang menyerap air tanah memungkinkan manusia menggali lubang dan menggunakan air ledeng untuk memasak, mencuci, dan menyirami tanaman.


8. Air hujan memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi erosi tanah

Tanah merupakan tempat kehidupan manusia, namun struktur tanah selalu membutuhkan air untuk menjaga kekuatan tanah. Erosi menyebabkan kerusakan alam dan dapat menimbulkan bencana yang sangat merugikan manusia. Ini dilakukan untuk pembalakan liar atau untuk pembangunan rumah yang permukaan tanahnya tidak sesuai untuk membangun rumah. Hal ini dikarenakan pada dasarnya sistem konstruksi tanah menerima air hujan dari langit dan dapat bertahan karena cukup menyerap air hujan dan tidak mengalami kemarau panjang. ..


9. Air hujan berperan penting dalam menjaga lingkungan dari bencana alam

Air hujan berperan penting dalam melindungi lingkungan dari bencana alam, dan air hujan yang jatuh ke permukaan bumi diserap oleh pepohonan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya selama bertahun-tahun, dan pepohonan penting bagi kehidupan manusia. Memainkan peran. Pohon dapat melindungi alam dan mencegah bencana.


10. Air hujan berperan penting dalam kecantikan wanita

Air hujan memegang peranan yang sangat penting dalam kecantikan wanita. Air hujan membutuhkan sedikit air hujan karena dapat mengurangi rambut rontok dan menjaga akar rambut dengan kandungan zat yang baik dan garam yang baik serta tingkat pH netral. Jadi tidak mudah jatuh.


11. Air hujan berperan penting dalam meningkatkan kualitas udara manusia

Air hujan yang turun dari langit menjadi kotor, namun saat hujan berbagai polutan di udara dimurnikan oleh air hujan dan dapat disegarkan kembali saat hujan reda, sehingga udara bernafas lebih baik. Saat kita menghirup udara.

Artikel Terkait:  Sumber Daya Alam Negara Laos

12. Air hujan sangat penting untuk air minum

Air hujan yang jatuh dari langit tidak bisa langsung diminum. Ada beberapa tenaga ahli yang menangani proses penjernihan air hujan yang berada di reservoir dan galon. Air hujan kemudian diperiksa oleh spesialis untuk menguji zat berbahaya. Proses pemurnian ini dilakukan untuk menghilangkan zat berbahaya yang terkandung dalam air hujan setelah air. Hujan telah menghilangkan zat berbahaya, tidak lagi berbahaya bagi kesehatan manusia, sehingga manusia dapat menggunakan air minum tanpa direbus


13. Air hujan sangat penting untuk kesehatan

Air hujan berfungsi sebagai penenang pikiran bagi manusia, namun nyatanya air hujan dapat digunakan sebagai obat alami. Dengan kata lain, saat mendengar suara hujan, Anda bisa merasakan efek segar dari bayangan air hujan yang jatuh dari langit, sehingga Anda bisa merasa tenang.


14. Air hujan sangat penting sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik

Pembangkit listrik biasa disebut pembangkit listrik tenaga air sangat bergantung pada air hujan, namun dalam proses pembangunan pembangkit listrik tenaga air biasanya mengambil air dari danau, sungai dan laut, namun air hujan yang jatuh ke laut, sungai dan danau adalah: Air hujan tetap menjadi kebutuhan utama pembangkit listrik tenaga air, karena akan mempengaruhi proses pembangkit listrik tenaga air.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 14 Fungsi Air Hujan Bagi Kehidupan Mahluk Hidup

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :