Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Ekonomi yaitu Tentang “Kebutuhan Manusia“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Faktor-yang-Mempengaruhi-Kebutuhan-Manusia

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhannya sendiri yang harus dipenuhi. Yang dimaksud dengan kebutuhan adalah segala sesuatu atau semua yang perlu dicapai yang dapat menopang dan berkembang. Ada beberapa jenis kebutuhan manusia yang dipenuhi dalam kehidupan, jika kita perhatikan intensitasnya, kebutuhan itu dibagi menjadi kebutuhan absolut, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Jika menurut sosial dan budaya dibagi menjadi kebutuhan sosial dan psikologis. Sementara itu, tergantung pada subjek, itu dibagi menjadi kebutuhan individu dan kolektif.
iklan

Baca Juga : Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Walaupun setiap manusia harus memenuhi semua kebutuhan hidupnya, tentu saja kebutuhan masing-masing manusia berbeda satu sama lain. Terutama di era yang terus berkembang, yang berarti kebutuhan manusia terus meningkat dan individu memiliki kebutuhan yang berbeda, bahkan kebutuhan ini sangat banyak dalam jumlah yang tidak terbatas. Berbagai kebutuhan yang berbeda ini membuat upaya untuk memenuhi kebutuhan manusia satu sama lain menjadi berbeda.

Misalnya, kebutuhan orang-orang yang tinggal di pegunungan tentu berbeda dengan yang tinggal di daerah pesisir. Jadi apa saja hal yang membuat kebutuhan manusia berbeda satu sama lain?


Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Berikut ini adalah penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dalam kehidupan mereka, yaitu sebagai berikut:


1. Faktor pendapatan

Faktor pendapatan

Tidak hanya faktor pekerjaan, ukuran pendapatan yang dipegang oleh setiap orang akan sangat mempengaruhi kebutuhan setiap orang.

Sebagai contoh: hanya orang-orang dengan pendapatan rendah yang hanya akan memenuhi kebutuhan dasar mereka. Tetapi bagi orang-orang dengan pendapatan tinggi, tingkat kebutuhan yang mereka butuhkan tentu lebih tinggi.

Seseorang yang berpenghasilan rendah tentu akan kesulitan memenuhi kebutuhan selain kebutuhan pokok.

Sedangkan bagi orang-orang dengan pendapatan yang signifikan, mereka tentu dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier.


2. Faktor usia

Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kebutuhan mereka dan masing-masing individu berasal dari faktor usia. Kebutuhan setiap kelompok umur akan sangat berbeda.

Artikel Terkait:  Materi Pelaku Ekonomi

Sebagai contoh: hanya kebutuhan anak-anak yang akan sangat berbeda dengan orang dewasa.


3. Faktor Tingkat kepuasan

Setiap individu harus memiliki tingkat kepuasan antara satu dan yang lainnya tidak sama. Tingkat kepuasan inilah yang pada akhirnya akan dikaitkan dengan kebutuhan hidup yang mereka miliki.

Jika seseorang memiliki kesulitan merasa puas dengan apa yang mereka miliki dalam hidup, itu pasti akan meningkatkan kebutuhan mereka dibandingkan dengan orang lain.

Contohnya: kepuasan seseorang terhadap suatu penawaran dapat membuat konsumen lebih mungkin memiliki barang atau menggunakan layanan.


4. Faktor Hobi

Faktor Hobi

Faktor lain adalah faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain: hobi atau hobi yang dimilikinya.

Contohnya: orang yang memiliki hobi bola voli tentu saja membutuhkan sepatu voli dan bola voli. Namun, berbeda dengan orang yang hobi bersepeda, mereka membutuhkan lebih banyak peralatan bersepeda.


5. Faktor pendidikan

Faktor pendidikan

Tentu saja, faktor pendidikan yang diambil juga dapat memengaruhi kebutuhan setiap manusia. Berbagai tingkat pendidikan akan sangat mempengaruhi kebutuhan manusia.

Sebagai contoh: kebutuhan siswa sekolah dasar tentu saja tidak sama dengan kebutuhan siswa sekolah menengah, dan kebutuhan siswa jauh lebih berbeda.


6. Faktor Kondisi alam

Faktor pertama yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah faktor kondisi alam. Kondisi alam itu sendiri terkait erat dengan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia.

Intinya, setiap individu akan selalu melakukan upaya dan upaya untuk memenuhi kebutuhan tergantung pada kondisi alam di mana orang itu hidup.

Contohnya: orang yang hidup dalam cuaca dingin tentu membutuhkan selimut atau pakaian tebal yang dapat menahan dingin.

Tetapi berbeda bagi orang yang tinggal di daerah yang relatif hangat, tentu akan membutuhkan pakaian yang lebih tipis dengan bahan dingin.


7. Faktor keyakinan agama dihormati

Faktor keyakinan agama dihormati

Ajaran dan kepercayaan agama yang diadopsi akan memastikan bahwa kebutuhan yang mereka miliki akan selalu berbeda satu sama lain. Misalnya, bagi umat Islam, makanan yang termasuk dalam kategori haram seperti babi tentu saja tidak boleh dimakan karena Islam melarangnya.

Lain halnya dengan umat Hindu yang dilarang makan sapi, karena mereka menganggap sapi sebagai hewan suci.

Di antara kasus-kasus di atas, tentu saja, Anda sudah dapat melihat bahwa perbedaan yang akan menyebabkan kebutuhan masing-masing tidak akan sama. Setiap agama membutuhkan cara untuk memenuhi kebutuhannya yang digunakan untuk menjalankan ibadah.

Tidak hanya itu, ketika ada perayaan keagamaan, orang juga akan melihat dengan sangat jelas perbedaan kebutuhan masing-masing agama.

Contohnya: Muslim yang merayakan Idul Fitri tentu membutuhkan pakaian muslim untuk merayakan liburan.

Sementara umat Hindu ketika merayakan Nyepi, mereka membutuhkan patung sebagai simbol budaya mereka.

Artikel Terkait:  Materi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

8. Faktor adat istiadat

Adat istiadat yang ada dan saat ini berlaku di masyarakat akan sangat mempengaruhi kebutuhan setiap manusia.

Memang, adat dan tradisi yang ada akan mempengaruhi perilaku dan tujuan hidup kelompok masyarakat yang ada di sana.

Karena tradisi dan adat istiadat yang dimiliki masing-masing tidak sama, yang membuat masing-masing saling membutuhkan tentu berbeda.

Contohnya: upacara pernikahan masing-masing adat Lampung akan berbeda dari pernikahan yang menggunakan adat Palembang, sehingga persyaratannya juga berbeda.


9. Faktor profesi atau pekerjaan

Faktor profesi atau pekerjaan

Setiap manusia harus memiliki pekerjaan dan profesi yang tidak sama satu sama lain, yang mengarah pada kebutuhan hidup yang berbeda.

Contohnya: profesi guru tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan profesi bangunan.

Jika pembicara membutuhkan alat tulis, buku, dan peralatan pendidikan lainnya, demikian juga pembangun, yang membutuhkan alat seperti palu, parang, gergaji, dan tang.


10. Faktor Tingkat peradaban

Semakin tinggi peradaban / usia dalam suatu masyarakat, ini akan membuat kebutuhan masing-masing berbeda dan juga akan membuat kualitas dan kualitas kebutuhannya semakin tinggi.

Jika pada zaman kuno, kebutuhan manusia masih sangat sedikit tetapi sering dengan berlalunya waktu dan perkembangan peradaban yang ada dan bahwa kebutuhan manusia manusia memiliki lebih banyak.

Setiap manusia akan selalu berusaha memenuhi semua kebutuhan hidupnya untuk mencapai kemakmuran dalam hidupnya.

Contohnya: jika manusia tidak membutuhkan kendaraan di masa lalu, kendaraan sekarang mungkin menjadi kebutuhan utama dan penting karena dapat merasionalisasi waktu yang tersedia bagi mereka sehingga mereka dapat dengan cepat menyelesaikan pekerjaan mereka atau tiba dengan cepat ke tujuan.

Tidak hanya itu, kebutuhan manusia akan keinginan modern harus memiliki selera yang meningkat bagi manusia untuk memiliki keinginan kebutuhan kualitas yang lebih tinggi.

Dengan ini, itu membuat tingkat peradaban yang terkandung dalam masyarakat sangat berpengaruh pada kebutuhan manusia.


11. Faktor gender (jenis kelamin)

Perbedaan gender atau gender tentu juga akan sangat mempengaruhi kebutuhan seseorang yang tentu saja tidak bisa dilupakan.

Karena kebutuhan pria akan sangat berbeda dengan kebutuhan pria, karena kebutuhan wanita kemungkinan besar akan lebih dari kebutuhan pria.

Seorang wanita benar-benar membutuhkan tas, makeup, berlian, gaun, perhiasan, dan banyak lagi. Namun, pria lebih cenderung membutuhkan hal-hal tertentu yang berkaitan dengan olahraga, mobil dan lainnya.


12. Faktor teknologi

Jika di masa lalu ada kemungkinan ponsel atau televisi tidak benar-benar diperlukan, tetapi dengan perkembangan zaman dan teknologi, manusia membutuhkan alat yang dapat memfasilitasi pekerjaan dan hal-hal lain dalam kehidupan kita.

Diakui, pada saat ini juga, manusia tidak lagi terkejut dapat berbicara dan berkomunikasi melalui telepon.

Artikel Terkait:  Materi Strategi Pemasaran

Tetapi sekali, jika kita ingin berkomunikasi, tentu saja kita benar-benar membutuhkan surat, telegram dan bantuan lainnya. Ini terjadi karena disebabkan oleh teknologi yang terus berkembang.

Dengan hp, tentu memudahkan orang berkomunikasi.

Sejauh ini, ponsel telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kaitannya dengan makanan dan pakaian.


13. Faktor Total populasi

Faktor Total populasi

Di sini, makna populasi adalah jumlah individu yang hidup dalam komunitas atau lingkungan keluarga. Jika anggota terus tumbuh, kebutuhan mereka tentu akan terus tumbuh juga.

Berbeda dengan kasus di mana Anda saat ini belum menikah dan tidak memiliki anak, kebutuhan akan jauh lebih sedikit.


14. Faktor penyakit

Munculnya penyakit internal dalam tubuh seseorang tentu akan mengarah pada perubahan kepuasan kebutuhan, perubahan fisik dan psikologis.

Ini disebabkan beberapa fungsi organ yang terkandung dalam tubuh yang membutuhkan pemenuhan kebutuhan yang lebih besar dari yang biasanya.


15. Faktor Iklan atau promosi

Di era yang serba modern, tentunya kebutuhan setiap manusia akan dipengaruhi oleh banyaknya produk dan promosi yang dilakukan melalui media massa yang ada saat ini.

Contohnya: sangat sering seseorang mudah dipengaruhi untuk membeli sesuatu karena iklan atau promosi yang disiarkan di televisi, radio atau jejaring sosial lainnya.

Pada dasarnya, periklanan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi pemikiran setiap konsumen jika produk tersebut benar-benar diperlukan dan memenuhi kebutuhan yang dicari oleh konsumen.


16. Faktor Status sosial

Faktor Status sosial

Status sosial adalah posisi atau level dalam kehidupan sosial yang diperoleh secara otomatis.

Sebagai contoh: orang-orang dari kelas atas / priyai memiliki kebutuhan yang sangat berbeda karena status sosial mereka dalam suatu masyarakat


17. Faktor mode

Jika kita memperhatikan mode saat ini atau fahion secara tidak langsung. Sebelumnya, kami hanya membutuhkan kemeja biasa agar terlihat keren, tetapi sekarang orang mulai membutuhkan jaket, cardigan, dan jaket keren.

Faktanya, faktor mode ini tampak sangat nyata di kalangan wanita dan pria yang tinggal di kota.


18. Faktor Fisik

Fisik manusia berbeda-beda. Perbedaan tersebut menyebabkan kebutuhan yang berbeda-beda. Kondisi fisik laki-laki berbeda kebutuhannya dengan kondisi fisik perempuan.

Contohnya: laki-laki membutuhkan jas sedangkan perempuan membutuhkan baju kebaya.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Ekonomi Tentang 18 Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: