Dampak Positif dan Negatif Vulkanisme

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Vulkanisme“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Dampak-Positif-dan-Negatif-Vulkanisme

Pengertian vulkanisme merupakan kegiatan kegunungapian yang terdapat di planet Bumi. Manusia, hewan dan pun tumbuh- tanaman hidup saling bersebelahan dengan gunung api, maka dari itulah vulkanisme pasti memiliki tidak sedikit dampak terhadap alam dan pun kehidupan. Dampak yang dimunculkan oleh kegiatan vulkanisme ini dapat jadi akibat positif maupun akibat negatif. Meskipun anda tahu bahwa gunung meletus sendiri dikategorikan sebagai bencana alam yang sudah tentu merugikan orang banyak. Namun siapa yang mengira bahwa dibalik bencana alam ini pasti ada sisi positifnya. Langsung saja, guna mengetahui akibat dari vulkanisme ini, sebagai berikut adalahpenjabarannya.


Dampak Positif Vulkanisme

Aktivitas kegunungapian menimbulkan tidak sedikit dampak, ada sejumlah dampak dari kegiatan vulkanisme ini yang mempunyai sifat positif. Adapun dampak- akibat yang mempunyai sifat positif antara beda sebagai berikut:


  • Menambah kesuburan tanah

Tahukah kita bahwa material- material yang sedang di dalam Bumi ini berisi zat- zat yang menciptakan tanah menjadi subur? Ya, unsur- bagian ini akan terbit ketika erupsi gunung api terjadi. Gunung api bakal memuntahkan sekian banyak material seperti definisi lahar, batuan, definisi awan panas sampai abu vulkanik. Nah, abu vulkanik yang berbahaya untuk pernapasan insan ini ternyata mempunyai sifat yang paling subur. Tanah yang terkontaminasi abu vulkanik maka bakal menjadi tanah yang subur dan kaya akan bagian hara. Dengan demikian tanah ini bakal bagus bilamana digunakan guna bercocok tanam. Itulah sebabnya mengapa wilayah yang berada di dekat gunung berapi lebih subur daripada daerah- wilayah lainnya.

Artikel Terkait:  Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

  • Menambah jumlah material bangunan yang terdapat dipermukaan bumi

Aktivitas vulkanisme yang diakibatkan oleh gunung berapi ini ternyata pun berkontribusi pada pembangunan. Meski disisi beda gempa vulkanik yang ditimbulkannya bakal merusak bangunan, tetapi bahan- bahan bagunan ternyata juga didapatkan dari kegiatan vulkanisme ini. Gunung api tidak sedikit memauntahkan material, yang diantaranya terdapat pasir dan pun batuan. Nah, pasir dan batuan berikut yang dipakai sebagai bahan bangunan. Pasir yang didapatkan dampak erupsi gunung berpi mempunyai kualitas lebih bagus daripada pasir sungai biasa. Selain tersebut batuan yang didapatkan oleh gunung berapi pun adalah batuan yang berbobot berkualitas dengan sekian banyak ukuran, baik kecil maupun besar.


  • Sebagai pembangkit listrik

Manfaat beda dari adanya kegiatan vulkanisme ini ialah sebagai pembangkit listrik. Bagaimana bisa? Hal ini dilaksanakan dengan memanfaatkan panas bumi yang dapat anda temukan di dekat gunung berapi. Panas bumi yang ada di dekat gunung ini dapat anda manfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga panas bumi. Dengan demikian, listrik bakal lebih gampang kita dapatkan dari sumber alami yang berada di dekat kita sendiri. Seperti yang anda tahu bahwa listrik diperlukan oleh seluruh orang di dunia ini, sampai-sampai hal ini telah pasti menyerahkan manfaat untuk kehidupan di dunia.


  • Menyediakan sumber air mineral

Gunung adalah sumber mata air yang baik. Tidak melulu pegunungan saja, tetapi termasuk pun gunung api. Mata air yang didapatkan dari area gunung berisi abnyak sekali kineral. Hal ini tentu paling baik bilamana dikonsumsi oleh masyarakat. Sumber air yang berisi tidak sedikit mineral paling baik dan paling aman guna dikonsumsi. Bahkan mata air dari gunung ini sifatnya lebih baik daripada sumber air tawar lainnya, laksana sungai ataupun danau. Maka dari itulah tidak sedikit manusia lebih menyenangi minum air mineral. Dan juga tidak sedikit produsen air mineral yang memungut sumber air dari pegunungan.

Artikel Terkait:  Batuan Granit

  • Sumber air panas yang berisi belerang

Di samping air mineral, gunung api pun menyediakan sumber air panas yang berisi tidak sedikit belerang. Hal ini sangat berfungsi sebagai terapi. Orang yang terpapar penyakit kulit seringkali akan menggali sumber air panas berisi belerang guna menyembuhkan penyakitnya.


  • Menambah keindahan

Tidak dipungkiri lagi bahwa gunung adalahobjek keindahan alam yang dinyatakan oleh manusia. Gunung sebagai objek wisata sebab keindahannya. Banyak masyarakat yang gemar berlibur ke gunung. Selain hendak melihat keindahan alam, tidak sedikit orang yang hendak berolahraga dan melakukan kegemaran berupa pemanjatan gunung.

Itulah sejumlah dampak dari vulkanisme yang merupakan akibat positif untuk kehidupan manusia. Dari uraian itu kita dapat melihat sesungguhnya gunung api menyediakan tidak sedikit fasilitas alami dan pun menghasilkan manfaat untuk kehidupan manusia, hewan dan pun tumbuh- tumbuhan. Dampak positif dari vulkanisme ini dapat dirasakan tidak melulu oleh orang yang berada di sekitar gunung saja, namun pun yang tidak berada di sekitar gunung.


Dampak Negatif Vulkanisme

Aktivitas vulkanisme atau gunung api sering disebut- sebut sebagai bencana alam yang tidak sedikit merugikan masyarakatnya. Hal itu memang benar adanya, sebab kita tahu bahwa di dunia ini Tuhan membuat segala sesuatu dengan paling sempurna. Ketika seseuatu urusan itu membarikan manfaat, maka urusan itu juga mempunyai sisi yang menciptakan kerusuhan atau mempunyai sifat merugikan. Adapun akibat negatif dari adanya peristiwa vulkanisme antara beda sebagai berikut:


  • Menimbulkan kehancuran alam

Peristiwa vulkanisme secara umum memang menimbulkan sejumlah kerugian, terlebih saat gunung api merasakan erupsi. Material- material yang dikeluarkan oleh gunung api ini bakal menimbulkan kehancuran pada alam. Material yang berupa lahar panas, awan panas dan pun mabjir lahar dingin akan menciptakan pepohonan mati, hewan mati dan pun menyebabkan tidak sedikit sekali kehancuran pada alam.

Artikel Terkait:  Materi Atlas

  • Menimbulkan gempa

Biasanya, sebelum gunung api merasakan erupsi maka bakal terjadi gempa. Gempa yang dimunculkan karena kegiatan gunung dinamakan gempa vulkanik. Gempa ini memang tidak terlalu memunculkan kerusakan bilamana dibandingkan dengan gempa tektonik. Namun gempa ini juga dapat menimbulkan kerusakan bilamana intesitasnya.


  • Menimbulkan awan panas dan material lainnya sehingga mengakibatkan kematian

Ketika peristiwa erupsi terjadi, maka bakal tidak sedikit makhluk hidup yang bakal mati. Tumbuhan ialah makhluk hidup yang paling tidak sedikit mati sebab adalahmakhluk hidup pasif. Di samping itu tidak sedikit pula hewan yang mati sebab terkena suhu panas dari gunung tersebut.


  • Menimbulkan kehancuran bangunan

Kerusakan bangunan dapat terjadi karena diakibatkan oleh gempa maupun terjangan awan panas maupun lahar panas atau definisi lahar dingin yang terbit dari gunung api tersebut.

Nah, itulah sejumlah dampak dari kegiatan vulkanisme yang adalahdampak mempunyai sifat negatif. Dampak- akibat tersebut dialami oleh mayoritas orang yang bermukim di wilayah tersebut atau orang- orang yang tinggalnya tidak di sekitar gunung, namun dilewati oleh material gunung yang sudah dimuntahkan.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Proses Terjadinya Gempa Bumi: Pengertian, Jenis, Tanda, Penyebab, Dampak, Penanggulangan

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: