Dampak Positif dan Negatif Tektonisme

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Tektonisme“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Dampak-Positif-dan-Negatif-Tektonisme

Pengertian Tektonisme adalah salah satu dari jenis tenaga endogen. Tenaga endogen sendiri adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang terjadi dampak adanya suhu panas pada inti bumi. Tektonisme adalah tenaga- tenaga yang didapatkan dari lempeng- lempeng bumi. Tektonisme pun terjadi dampak adanya gerakan di dalam bumi. Gerakan ini menghasilkan desakan yang sifatnya menarik, mendorong, horizontal maupun vertikal.

Akibat dari gerakan-gerakan ini maka terjadi lipatan dan pun patahan di permukaan bumi.Akibat terjadinya lipatan dan pun patahan ini maka relief di permukaan bumi menjadi tidak rata. Hasil dari patahan dan lipatan ini berupa pegunungan, perbukitan, gunung, bukit, lembah, maupun jurang. Tektonisme pasti memberikan tidak sedikit pengaruh untuk kehidupan yang terdapat di Bumi. Mengenai akibat dari tektonisme, anda akan mebahasnya secara lebih rinci pada tulisan ini.

Tektonisme adalah salah satu jenis dari tenaga yang terdapat di dalam bumi. Di bawah kerak bumi ini terdapat tidak sedikit lempeng- lempeng yang merangkai bumi. Gerakan lempeng- lempeng ini pasti akan mengakibatkan getaran yang dapat dirasakan hingga permukaan bumi. Dengan demikian ada tidak sedikit dampak yang dapat dimunculkan dari tektonisme ini. Dampak dari tektonisme dapat saja berupa akibat positif maupun akibat negatif. Mengenai akibat yang dimunculkan memang beberapa besar ialah dampak yang merugikan, tetapi ada pula akibat yang berupa akibat positif. Bagi lebih memahami tentang akibat positif dan negatif tektonisme, inilah ini ialah uraiannya.


Daftar Isi

Artikel Terkait:  Materi Samudra Atlantik

Dampak Positif Aktivitas Tektonisme

Peristiwa tektonisme yang terjadi di bumi memiliki sekian banyak dampak. Meskipun secara umum kita menyaksikan bahwa tektonisme tidak sedikit menimbulkan akibat negatif, tetapi ternyata tektonisme memiliki akibat positif untuk negara. Beberapa akibat positif yang dimunculkan dari kegiatan tektonisme antara beda sebagai berikut:


  • Pembentuk gunung, baik gunung api maupun tidak berapi

Aktivitas tektonisme yang terjadi di bumi bakal membawa akibat salah satunya ialah terbentuknya relief- relief permukaan bumi yang tidak rata, laksana gunung, pegunungan, bukit dan perbukitan dan pun lembah maupun jurang. Relief- relief muka bumi ini adalah keuntungan tersendiri untuk makhluk hidup, baik manusia, hewan dan pun tumbuh- tumbuhan. Selain sebab keindahan alamnya, relief pun mendatangkan deviden lain.


  • Menghasilkan tempat-tempat sumber tambang

Aktivitas tektonisme merupakan kegiatan yang terdapat di permukaan bumi. kegiatan ini mengakibatkan berbagai format permukaan bumi, laksana lipatan dan pun patahan. Akibat adanya lipatan dan patahan ini maka hasil bumi akan gampang terlihat ke atas. Maksudnya ialah banyak logam- logam yang terdapat di dalam bumi yang bakal terlihat sehingga memunculkan tambang- tambang baru. Berbagai tambang laksana emas, timah, tembaga, dan logam-logam lainnya bakal ditemukan, baik dari gunung maupun dari permukaan bumi yang berupa cekungan. Tambang- tambang ini pasti memiliki tidak sedikit manfaat, salah satunya sebagai sumber daya alam dan dapat juga menjadi sumber penghasilan untuk masyarakat.


  • Menghasilkan objek pemandangan alam yang indah

Bentukan- bentukan relief permukaan bumi adalah objek pemandangan yang paling indah. Bumi yang mempunyai relief tidak rata ini memunculkan pemandangan yang spektakuler. Bayangkan saja andai bumi rata, maka bakal tidak begitu menarik. Relief laksana tonjolan dan pun cekungan ini adalah bentukan dari kegiatan tektonisme. Keduanya menyerahkan warna yang sangat unik sehingga menjadi objek pemandangan alam yang paling indah.

Artikel Terkait:  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Itulah sejumlah dampak yang dimunculkan dari kegiatan tektonisme yang merupakan akibat positif. Dampak- akibat positif yang terjadi dampak adaya peristiwa vulkanisme ini beberapa besar sehubungan tentang bentukan alam dampak adanya kegiatan tektonisme tersebut sendiri, laksana gunung, lembah, jurang dan beda sebagainya.


Dampak Negatif Aktivitas Tektonisme

Selain kegiatan tektonisme yang membawa akibat positif, akitivitas tektonisme pun akan membawa akibat negatif. Bahkan akibat negatif yang dimunculkan dari kegiatan tektonisme ini biasa anda temukan di dekat tempet bermukim kita. Bagi lebih jelas mengenai akibat negatif dari kegiatan tektonisme antara beda sebagai berikut:


  • Menyebabkan gunung meletus atau merasakan erupsi

Dampak dari kegiatan tektonisme yang sangat kelihatan ialah terjadinya kegiatan gunung berapi. Goncangan yang terjadi dari dalam bumi mengakibatkan material- material yang tersimpan apik di dalam bumi menjadi bergejolak dan memungkinkan untuk terbit melalui pipa yang terdapat di dalam gunung. Apabila material- material ini sudah keluar, maka gunung akan merasakan erupsi. Erupsi yang dilaksanakan oleh gunung berapi dapat berupa erupsi eksplosif maupun efusif. Tipe semburan yang menumpahkan material kemana- mana dengan intensitas yang besar, maka urusan ini menjai suatu kerugian untuk masyarakat.


  • Mengurangi lahan pertanian atau perkebunan

Aktivitas tektonisme dapat mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian maupun perkebunan. Hal ini pun masih sehubungan dengan kegiatan kegunungapian yang terjadi sebab tektonisme. Aktivitas kegunungapian yang menyemburkan awan panas dengan jumlah yang besar bakal dapat merusak tanaman-tanaman warga. Demikian pun dengan lahar panas yang jumlahnya berlebihan maka bakal menyebabkan tidak sedikit tanaman yang masti dan merusakkan lahan pertanian dan pun perkebunan kepunyaan masyarakat. Di samping itu, kegiatan tektonisme pun menyebabkan lereng gunung dapat menjadi lebih curam. Jika lebih curam, maka area lereng itu tidak bakal dapat guna ditanami.

Artikel Terkait:  Cara Menetralkan pH Tanah Secara Alami

Memicu terjadinya bencana alam yang tidak sedikit merugikan

Aktivitas tektonisme pun menjadi sumber dari bencana alam lainnya. Beberapa bencana alam yang bisa terjadi ialah gempa bumi, tanah longsor, sampai bencana tsunami bilamana gempa tektonik yang terjadi berpusat di laut dengan kedalaman yang tidak terlampau dalam.

Nah, itulah sejumlah dampak negatif yang terjadi dampak aktivitas tektonisme di dalam bumi. Dampak-dampak negatif dari tektonisme ini beberapa besar bersangkutan dengan kegunungapian yang terbentuk sebab adanya tektonisme. Gunung-gunung yang terbentuk dampak tektonisme dapat berupa gunung api maupun bukan. Aktivitas tektonisme sendiri juga dapat terjadi di daratan maupun di lautan atau perairan.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 6 Dampak Positif dan Negatif Tektonisme dan Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: