Daerah Persebaran Hutan Mangrove

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Persebaran Hutan Mangrove“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Daerah-Persebaran-Hutan-Mangrove

Mangrove disebut pun dengan tumbuhan bakau. Adalah tumbuhan yang memiliki karakteristik akar napas. Akar napas sendiri adalah akar yang mencuat ke permukaan air. Oleh sebab akarnya mencuat ke permukaan air maka tumbuhan ini paling efektif untuk mengatasi atau menangkal terjadinya erosi pantai, terlebih yang diakibatkan oleh ombak laut. Dengan demikian tumbuhan mangrove atau bakau ini sengaja tidak sedikit ditanam di wilayah pantai terlebih yang rentan dengan abrasi (erosi yang diakibatkan oleh ombak laut).

Pohon bakau memang tidak sedikit dikampanyekan guna ditanam sampai-sampai dapat mengamankan atau mengurangi kejadian abrasi dan turut mengawal pulau atau daratan di Indonesia. Pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai pohon mangrove atau bakau dan pun persebarannya di Indonesia.

Sebelum kita membicarakan mengenai persebaran pohon mangrove atau bakau di Indonesia, bakal lebih baik andai kita membicarakan mengenai guna atau faedah dari hutan mangrove atau bakau tersebut sendiri. Adapun sejumlah manfaat hutan mangrove atau bakau antara beda sebagai berikut:


Daftar Isi

Artikel Terkait:  Hutan Gugur

Daerah Persebaran Hutan Mangrove

Berikut ini terdapat beberapa daerah persebaran hutan mangrove, yaitu sebagai berikut:


  •  Mencegah intrusi air laut

Salah satu faedah dari pohon mangrove ialah mencegah intrusi air laut. Intrusi air laut adalahperembesan air laut ke daratan sampai-sampai akan mengakibatkan mata air yang terdapat di daratan pulang menjadi air payau. Nah, urusan ini dapat dicegah dengan penanaman pohon mangrove di dekat pantai.


  • Mencegah abrasi air laut

Manfaat dari pohon bakau yang selanjutnya ialah mencegah abrasi pantai. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa abrasi ialah erosi yang diakibatkan oleh ombak laut. Nah pohon bakau dapat mencegah abrasi.


  • Pencegah dan penyaring alami

Pohon bakau dapat menjadi penyaring alami, terlebih dari sampah- sampah yang berserakan. Akar bakau juga dapat mempercepat penguraian sampah organik sampai-sampai tidak bakal mengotori wilayah pantai.


  • Sebagai lokasi tinggal dan sumber makanan untuk berbagai jenis satwa

Pohon bakau yang terdapat di pinggiran pantai dapat menjadi lokasi hidup untuk berbagai jenis satwa, terlebih lagi satwa perairan. Perlu anda ketahui bahwa di dekat mangrove ini paling kaya bakal organisme, bermacam- macam organisme hidup di dekat pohon mangrove.


  • Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan wilayah pesisir

Fungsi atau guna pohon mangrove selanjutnya ialah membantu dalam pembentukan pulau dan menstabilkan wilayah pesisir, sebab akar bakau mengayomi daratan dari air laut.

Nah itulah sejumlah manfaat atau faedah dari pohon mangrove atau bakau. Dengan guna sedemikian tidak sedikit maka penanaman pohon bakau gencar dilaksanakan dan eksistensi pohon bakau sudah tidak sedikit ditemukan di semua wilayah Indonesia.

Persebaran hutan mangrove di Indonesia telah tidak diragukan lagi keberadaannya. Terlebih lagi Indonesia adalahnegara kepulauan yang mempunyai jutaan kilometer garis pantai yang rentan terhadap erosi air laut. Keberadaan hutan mangrove di Indonesia nyaris ada di seluruh pulau di Indonesia dari pulau besar maupun kecil. Luas dari hutan mangrove di distrik Indonesia sendiri menjangkau 3.716.000 hektare. Berikut ini adalahpulau- pulau yang menjadi persebaran hutan mangrove di Indonesia.

Artikel Terkait:  Fungsi Kelembaban Udara

1. Sisi barat dan unsur timur pulau Sumatera

Persebaran hutan mangrove tidak sedikit ada di Pulau Sumatera. Sebagai pulau yang besar, eksistensi hutan mangrove di Sumatera tidak full yakni melulu di pesisir pantai unsur barat dan timur. Luas dari hutan mangrove yang terdapat di Pulau Sumatera sendiri menjangkau 417.000 hektare.


2. Beberapa titik di Pulau Jawa

Pulau Jawa tidak terlampau luas bilamana dibandingkan dengan pulau Sumatera dan garis pantai pun pun tidak terlampau panjang. Namun eksistensi hutan mangrove di Pulau Jawa tidak dapat dipungkiri. Hutan mangrove di pulau Jawa ini tidak begitu banyak, hanya sejumlah titik saja yakni di pantai unsur utara Jawa unsur barat. Luas daripada hutan Mangrove di Pulau Jawa sendiri menjangkau 34.400 hektar.


3. Sepanjang pesisir pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan ialah pulau yang sangat besar di Indonesia. Pulau Kalimantan pun dikenal sebagai pulau yang tidak sedikit mempunyai hutan. tetapi seperti yang anda tahu bahwa hutan mangrove melulu ada di pesisir pantai saja. Oleh sebab itulah di Pulau Kalimantan, hutan mangrove juga melulu ada di pesisir pantai. Meski demikian, eksistensi hutan mangrove di Kalimantan terbilang merata, yakni nyaris di sepanjang pesisir pantai di Kalimantan. Adapun luas hutan mangrove di Kalimantan menjangkau 165.000 hektare.


4. Sepanjang pesisir pulau Sulawesi

Di samping di Pulau Kalimantan, eksistensi hutan mangrove merata pun ada di Sulawesi. Hutan mangrove di Sulawesi menjangkau luas 53.000 hektar.


5. Bagian barat pulau Papua

Tahukah kita bahwa eksistensi hutan mangrove di Indonesia sangat banyak ialah di Pulau Papua. Hutan mangrove di Papua ini luasnya menjangkau jutaan hektar. Luas hutan mangrove yang dipunyai papua menjangkau 2.943.000 hektar. Wow, angka fantastis.

Artikel Terkait:  Jenis-Jenis Hutan Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

6. Bali dan Nusa Tenggara

Keberadaan hutan mangrove pun ada di distrik Bali dan Nusa Tenggara. Luas hutan mangrove di distrik ini menjangkau 3.700 hektar.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 6 Daerah Persebaran Hutan Mangrove yang ada Di Indonesia

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :