Contoh Lipatan dan Patahan

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Lipatan dan Patahan“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Contoh-Lipatan-dan-Patahan

Lipatan dan patahan adalah bentuk-bentuk permukaan bumi yang terbentuk dampak dari kegiatan lempeng yang terdapat di dalam bumi. Bentuk- format permukaan bumi tidak sama antara satu distrik dengan distrik lainnya. Diantaranya terdapat gunung dan pegunungan, terdapat lembah, bukit dan perbukitan, jurang dan beda sebagainya. Hal tersebut malah akan meningkatkan keindahan suasana di bumi. Lipatan dan patahan bakal berkontribusi besar guna membentuk sekian banyak macam format muka bumi tersebut. Adanya lipatan dan pun patahan ini dampak dari tenaga yang berasal dari dalam bumi atau biasa anda sebut sebagai tenaga endogen.


Pengertian Lipatan dan Patahan

Kita pasti pernah mendengar atau bahkan tak asing dengan lipatan dan pun patahan. Lipatan atau Fold adalah suatu gelombang pada lapisan tanah yang terjadi sebab adanya proses diatropisme atau proses pembentukan lapisan bumi yang tidak tercampuri oleh kegiatan vulkanisme. Lipatan pun adalahsuatu struktur geologi yang biasa anda jumpai pada batuan sedimen. Jenis- jenis lipatan ada tidak sedikit sekali diantaranya meliputi: lipatan tegak, lipatan miring, lipatan menggantung, lipatan isoklinal, lipatan rebah dan lipatan sesar.

Sementara patahan merupakan format permukaan bumi yang terjadi karena kegiatan lempang bumi. Seperti halnya lipatan, patahan pun terdiri atas sekian banyak macam. Macam- macam patahan ini dipisahkan karena format yang dimilikinya. Beberapa format patahan ini meliputi: patahan vertikal, patahan horizontal, block mountain dan pun oblique. Itulah definisi dari lipatan dan pun patahan yang terjadi di bumi. Kita mungkin tidak cukup menyadari bahwa sebetulnya patahan dan lipatan ini pun terjadi di dekat kita. Hal ini diperlihatkan dengan suasana bumi anda yang tidak sama rata di unsur permukaannya. Maka dari itulah anda akan membicarakan mengenai misal lipatan dan patahan yang terdapat di permukaan bumi.

Artikel Terkait:  Penyebab Terjadinya Angin Kencang

Contoh Lipatan dan Patahan

Lipatan dan Patahan adalah suatu urusan yang biasa terjadi di permukaan Bumi. Kita dapat membuktikannya melewati kenampakan alam di permukaan Bumi. Beberapa hasil patahan dan lipatan pun ada di distrik Indonesia. Beberapa misal lipatan dan pun patahan yang sedang di Indonesia antara beda sebagai berikut:


1. Contoh Lipatan

bukit barisanLipatan yang terjadi di permukaan Bumi dapat anda temukan di distrik Indonesia. Beberapa misal lipatan yang berada di distrik Indonesia antara beda sebagai berikut:


  • Bukit Barisan

Bukit deretan yang menghampar di Pulau Sumatera adalah salah satu misal dari lipatan. Bukit ini adalah hasil bentukan dari kegiatan lempeng- lempeng yang terdapat di bawah permukaan Bumi, yaitu lempeng tektonik yang bergerak.


  • Pegunungan Tengger

Di samping bukit barisan, misal dari lipatan lainnya ialah pegunungan Tengger. Pegunungan Tengger adalah pegunungan yang berada di distrik provinsi Jawa Timur. Pegunungan ini terbentuk sebab adanya kegiatan dari lempeng bumi yang aktif.


  • Pegunungan Ijen

Contoh dari lipatan lainnya ialah pegunungan Ijen. Pegunungan Ijen adalah hasil dari kegiatan lempeng – lempeng bumi yang bergerak atif di bawah permukaan bumi.

Nah itulah sejumlah contoh dari lipatan yang terdapat di permukaan Bumi. Jika anda lihat dari misal diatas maka misal lipatan ini berupa tonjolan yang terdapat di permukaan Bumi


2. Contoh Patahan

Di samping lipatan, terdapat pula misal patahan. Beberapa misal patahan juga dapat kita temukan di distrik Indonesia. Beberapa misal patahan di distrik Indonesia antara beda sebagai berikut:


  • Patahan Semangko

Contoh patahan yang terdapat di Indonesia ialah Patahan Semangko. Patahan Semangko ini menghampar mulai dari Aceh sampai Semaka, Provinsi Lampung.

Artikel Terkait:  Perbedaan Tornado Dan Puting Beliung

  • Patahan Lembang

Contoh Patahan selanjutnya ialah patahan Lembang. Patahan Lembang ini berada di distrik Bandung.


  • Patahan Opak

Selanjutnya terdapat patahan Opak. Patahan Opak adalahpatahan yang berada di distrik Yogyakarta.


  • Patahan Flores

Patahan Flores adalahpatahan yang terdapat di distrik Flores, Provinsi Nusa Tenggara.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 7 Contoh Lipatan dan Patahan Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: