Contoh Hutan Lindung

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Hutan Lindung“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Contoh-Hutan-Lindung-Di-Indonesia

Ketika kita berkata mengenai tanaman maka ada tidak sedikit hal yang dapat kita perhatikan. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa tanaman adalah salah satu makhluk hidup yang tidak sedikit tersebar di bumi. Populasi dan jumlah dari tanaman yang terdapat di planet bumi bahkan dapat dikatakan jauh lebih banyak daripada jumlah populasi manusia tersebut sendiri.

Setiap wilayah dengan sekian banyak macam kondisinya memiliki format dan karakteristik tumbuhan masing-masing. Perbedaan dan keberagaman situasi lingkungan alam adalahsalah satu hal yang memprovokasi persebaran tumbuhan dan hewan yang terdapat di muka bumi. Persebaran dari tumbuhan inilah yang lantas dapat memenuhi dan membentuk sekian banyak macam format kenampakan yang terdapat di Planet bumi. Kenampakan bentukan dari persebaran tumbuhan ini memiliki karakteristik masing-masing.

Jika merundingkan mengenai jenis-jenis persebaran dari tumbuhan tersebut sendiri, maka pada dasarnya ada tidak sedikit sekali jenis yang dapat kita sebutkan. Namun, seringkali persebaran dari tanaman yang terdapat di muka bumi ini menyusun sebuah area yang mempunyai nama hutan.

Jika berkata hutan maka kita dapat menuliskan sekian banyak macam jenis hutan di dunia menurut tempat dan faedah yang terdapat di dalamnya. Kita dapat saja melafalkan seperti hutan mangrove, hutan cadangan, hutan konservasi dan sekian banyak macam jenis hutan yang lain.

Kali ini anda akan membicarakan mengenai salah sat jenis hutn yang terdapat di bumi. Jenis hutan yang satu ini lebih tidak jarang disebut sebagai hutan lindung. Beberapa misal hutan lindung bakal menjadi tema pokok ulasan kita kali ini. Ada sejumlah contoh hutan yang dapat kita ketahui keberadaannya seperti,

Sebelum anda mulai membicarakan mengenai sejumlah contoh hutan lindung, maka usahakan anda berkenalan dengan hutan lindung tersebut sendiri. Secara harfiah dari hutan lindung sendiri adalahsebuah area hutan baik yang terdapat secara alami maupun produksi yang mempunyai pengaruh besar pada tata kehidupan masyarakat. Biasanya hutan lindung ini dapat menyediakan dan menjaga eksistensi cadangan air, menyangga laju erosi, dan sejumlah manfaat beda yang ada. Keberadaan dari hutan lindung sendiri telah dibentengi keberadaanya oleh sejumlah peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, laksana UU No 32 tahun 1990, lantas ada pun UU No 41 tahun 1999. Dari isi yang terdapat dalam ketentuan tersebut, maka muncullah sejumlah hutan lindung yang terdapat di Indonesia, seperti


Daftar Isi

Artikel Terkait:  Hutan Kerangas

Contoh Hutan Lindung

Berikut ini terdapat beberapa contoh hutan lindung, yaitu sebagai berikut:


1. Hutan Lindung Sungai Wain

hutan-lindung-sungai-wain

Hutan Lindung Sungai Wain Contoh hutan lindung yang kesatu akan anda bahas ialah Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan yang satu letaknya terdapat di wilayah kalimantan. Sebagaimana yang anda ketahui bahwa kalimantan adalah salah satu provinsi dengan hutan terluas di Indonesia. dari sekian banyak macam jenis area hutan yang terdapat di kalimantan, maka Hutan Lindung Sungai Wain ialah salah satunya. Hutan yang satu ini secara keseluruhan dipakai untuk mengawal dan melindungi eksistensi dan habitat dari orang utan.

Pengelolaan dari Hutan Lindung Sungai Wain yang di berikan kepada pemerintah Kalimantan Timur, menjadikan area ini sebagai salah satu area yang familiar sebagai di antara objek wisata alam yang paling menarik. Hutan Lindung Sungai Wain di samping menjadi area lindung pun menjadi suatu kawasan pendidikan lingkungan untuk wisatawan yang pun datang berkunjung.


2. Hutan Lindung Wehea

Hutan-Lindung-Wehea

Hutan Lindung Wehea Kawasan hutan lindung yang selanjutnya juga masih berada di area kalimantan timur. Kawasan hutan lindung yang satu ini dinamakan sebagai Hutan Lindung Wehea. Bisa disebutkan kawasan Hutan Lindung Wehea ini pun adalahsalah satu misal hutan konservasi di Indonesia. Hal itu dikarenakan area hutan yang satu ini pun menjaga keberlangsungan hidup suku pribumi kalimantan yakni suku dayak.

Selain bermanfaat sebagai hutan lindung area Hutan Lindung Wehea juga dapat dikatakan sebagai area hutan adat suku dayak. Hutan Lindung Wehea sendiri pada tahun 2009 silam pun sempat menemukan penghargaan kalpataru dari pemerintah republik Indonesia. Hal itu dikarenakan adanya usaha pelestarian secara besar-besaran oleh masyarakat selama hutan.


3. Hutan Lindung Alas Kethu

Hutan-Lindung-Alas-Kethu

Hutan Lindung Alas Kethu Contoh hutan lindung yang selanjutnya berada di area Wonogiri Jawa Tengah. Hutan lindung yang satu ini mempunyai luas yang tidak terlampau besar. Selain tersebut jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di dalamnya juga tidak terlampau beragam.

Hutan lindung yang mempunyai luas selama 40 hektar ini di kekuasaan oleh jenis tumbuhan mahoni, jati, kayu putih dan sejumlah jenis pohon akasia. Kawasan hutan yang satu ini selain bermanfaat sebagai area hijau yang terdapat di Wonogiri, pun adalahladang ekonomi untuk masyarakat sekitar. Tak tidak banyak masyarakat yang menggantungkan perekonomiannya di area hutan lindung yang satu ini.

Artikel Terkait:  Jenis Hutan di Dunia

4. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

Hutan-Lindung-Taman-Raya-Bung-Hatta

Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta Satu lagi area hutan lindung di Indonesia yang tak boleh terlewat berada di area bukittinggi. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta adalah sebuah area hutan lindung yang mempunyai luas tidak cukup lebih 70.000 hektar. Kawasan hutan yang satu ini memiliki tidak sedikit sekali spesies tumbuhan dan hewan di dalamnya.

Meskipun kenampakan dari hutan yang satu ini lebih di kekuasaan oleh sekian banyak macam jenis perbukitan yang mengelilinginya. Kawasan hutan lindung yang satu ini adalahsebuah area yang lumayan terkenal, urusan itu karena area hutan lindung yang satu ini mempunyai sebuah tumbuhan yang lumayan unik. Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta adalah salah satu area yang tidak sedikit ditemukan tanaman Raflesia Arnoldi.


5. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman-Nasional-Bukit-Barisan-Selatan

Terletak di provinsi Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. dengan luas 324.000 ha. Taman nasional ini telah dijadikan warisan dunia oleh UNESCO. Taman ini dijadikan taman nasional pada tahun 1982.

Kawasan hutan lindung ini memiliki sekian banyak jenis vegetasi yang paling beragam. Hewan dan tanaman yang tumbuh disana paling banyak. Contoh tanaman yang hidup di hutan ini antaralain, sekian banyak jenis palem dan tanaman raksasa yang paling terkenal yakni rafflesia Arnoldi. Hewan yang hidup di area ini antaralain, gajah, badak, harimau, dan sekian banyak jenis fauna yang biasa hidup di wilayah ini.


6. Hutan lindung Sesaot

Hutan-lindung-Sesaot

Salah satu hutan lindung yang sedang di bagian unsur timur Indonesia yakni Lombok. Luas hutan lindung ini selama 6000 ha. Hutan lindung ini terdiri atas hutan alami dan buatan. tempat hutan lindung ini tepatnya di desa Sesaot, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Hutan ini menawarkan keindahan alam khas wilayah Nusa Tenggara Timur. Hutan ini meluangkan pemandangan alam yang menajubkan, ditengah hutan ini ada aliran sungai dimana sumber mata airnya berasal dari gunung Rinjani.

Bagian hutan bauatan memiliki sejumlah fasilitas diantaranya lokasi outbond, gazebo, makanan khas, dan lain-lain. Akomodasi guna menuju wilayah ini dapat dicapai melalui jalur laut-darat atau jalur udara-darat.


7. Hutan Lindung Baning

Hutan-Lindung-Baning

Hutan yang terletak ditengah kota Sintang, Kalimantan Barat. Luas hutan tidak cukup lebih 215 ha dengan didominasi tumbuhan pepohonan hijau. Kawasan hutan ini lahan yang berbentuk datar sampai-sampai tidak rawan terjadi longsor.

Hutan lindung ini sudah dikelola menjadi hutan wisata alam dengan menwarkan sekian banyak jenis kemudahan yang sehubungan dengan wisata alam. Hutan ini pun ditempati sekian banyak jenis fauna salah satunya merupakan biawak. Di hutan ini sangat gampang untuk menemukan fauna biawak.

Artikel Terkait:  Negara Yang Belum Diakui Kemerdekaannya

8. Taman Nasional Betung Kerihun

Taman-Nasional-Betung-Kerihun

Kawasan taman nasional ini berada di wilayah Kalimantan Barat. Luasnya yang menghampar antara gunung Betung sampai Kerihun. Hutan ini mempunyai kekayaan alam berupa tumbuhan dan hewan yang paling beragam. Hutan ini menyimpan sekian banyak jenis potensi alam yang paling besar.

Contoh mamalia yang terdapat didaerah ini ialah Orang utan. Hutan ini pun terdapat sekian banyak jenis tumbuhan yang paling beragam. Ekosistem di wilayah hutan ini terdiri atas sejumlah jenis hutan diantaranya hutan rawa, aluvial, sekunder tua, berbukit, dan pegunungan.


9. Taman Hutan Tumpang Pitu

Taman-Hutan-Tumpang-Pitu

Salah satu hutan lindung yang berada di wilayah Jawa Timur. Lokasi hutan ini tepatnya di perbatasasn antara Lamongan dan Banyuwangi. Lokasinya sedang di pegunungan tumpang pitu. Tumpang pitu memiliki guna yang besar guna masyarakat sekitar, sementara untuk faedah utama hutan lindung ini merupakan untuk serapan air dan menyangga dari bencan tsunami yang barangkali terjadi.

Namun akhir-akhir ini ada alih faedah lahan hutan lindung menjadi hutan produksi. Hal tersebut dilaksanakan seiring dengan ditemukannya emas yang berada di wilayah tersebut. Walaupun masyarakat melawan pekerjaan tersebut namun pemerintah setempat sudah mengizinkan pekerjaan tersebut.


10. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman-Nasional-Gunung-Leuser

Salah satu area hutan lindung yang paling terkenal. Luas hutan ini selama 1.094.692 ha terletak di provinsi Aceh dan Sumatera Utara, gabugan dari sejumlah bagian yakni suaka marga satwa gunung leuser, suaka marga satwa kluet, suaka marhasatwa langka barat, suaka margasatwa langka selatan, suaka margasatwa sekundur, suaka margasatwa kappi, taman wisata gurah, dan hutan lindung terbatas serta hutan produksi.

Taman nasional ini memiliki sejumlah fungsi antara lain, Perlindungan sistem pengampu kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tanaman dan satwa beserta ekosistemnya, dan pemanfaatan sumber daya hayati dan ekosistemnya dengan mempertimbangkan kelestariannya.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 10 Contoh Hutan Lindung Di Indonesia Beserta Gambarnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :