Ciri-Ciri Musim Gugur

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Musim Gugur“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Ciri-Ciri-Musim-Gugur

Planet Bumi memiliki tidak sedikit garis- garis impian angan-angan  khayal yang tidak bisa kita lihat secara kasat mata. Garis- garis impian khayal ini melulu dapat anda lihat andai planet Bumi digambar dalam bidang datar yang dinamakan peta, maupun dalam format bumi tiruan yaitu globe. Garis- garis impian khayal yang terdapat di Bumi ini dinamakan dengan garis lintang dan garis bujur. Keberadaan garis lintang dan garis bujur ini membawa tidak sedikit sekali dampak untuk Bumi. salah satu akibat yang diterima oleh Bumi ialah pergantian musim dan pun pembagian iklim di dunia. Seperti halnya di Indonesia yang berada di area garis khatulistiwa sampai-sampai pembagian iklim di Indonesia menemukan iklim tropis.


Iklim di Bumi

Iklim merupakan suasana cuaca yang mencakup wilayah yang luas. Iklim dapat memprovokasi adanya musim di sebuah tempat. Seperti di Indonesia yang mempunyai iklim tropis yang memiliki musim hujan dan kemarau. Untuk daerah- wilayah yang sedang di di distrik lebih dingin, mempunyai iklim lain. Beberapa iklim di Bumi antara lain:

  • Iklim tropis
  • Iklim sub tropis
  • Iklim dingin
  • Iklim sedang

Itulah sejumlah iklim yang terdapat bumi yang dipecah menurut letaknya disaksikan dari posisi garis lintang dan garis bujur. Iklim- iklim tersebut memunculkan musim- musim yang berbeda- beda. Yang sangat banyak ialah wilayah dengan empat musim, yaitu musim gugur, musim dingin, musim semi dan musim panas. Pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai di antara musim dari keempat musim tersebut, yaitu musim gugur.

Artikel Terkait:  Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Iklim

Ciri- ciri Musim Gugur

Negara yang mempunyai empat musim memang mempunyai siklus musim yang bergantian yaitu musim panas, lantas musim gugur, kemudian musim dingin dan musim semi. Musim- musim ini datang bergiliran dan cocok dengan siklusnya. Salah satu musim yang sangat menarik ialah musim gugur. Musim gugur adalah musim yang datang sesudah musim panas.

Musim gugur seringkali datang di dekat tanggal 23 September hingga dengan tanggal 21 Desember di belahan bumi utara, dan tanggal 21 Maret sampai tanggal 21 Juni di belahan bumi selatan. Kedatangan musim gugur dapat kita lihat melewati ciri- ciri musim gugur, yang diantaranya sebagai berikut:


1. Daun mulai berwarna merah kecoklat- coklatan

Tanda- tanda terjadinya musim gugur yang sangat terlihat ialah warna dedaunan yang pulang menjadi merak kecoklat- coklatan. Tumbuhan- tanaman yang hidup di distrik empat musim ialah tumbuhan tertentu, dengan kata lain tidak seluruh tumbuhan bisa hidup di distrik empat musim ini. Bahkan hewan yang hidup juga juga hewan pilihan. Adapun tanaman yang bisa hidup ini memiliki keterampilan untuk merubah warna daunnya saat mulai menginjak musim gugur. Warna daun yang semula hijau dapat pulang menjadi merah dan lantas coklat sebelum gugur.


2. Meningkatnya presipitasi

Ciri- ciri yang menandai datangnya musim gugur ialah meningkatnya presipitasi atau semacam hujan. Penguapan ini berasal dari perairan yang terdapat di kerak Bumi yang terpapar sinar matahari. Sebenarnya sehari- hari perairan pun mengalami presipitasi, tetapi intensitas ini meningkat saat memasuki musim gugur, dan bertambahnya presipitasi ini pun adalahpenanda bahwa musim gugur bakal segera tiba.


3. Tumbuhan mulai tampak layu

Di samping dedaunan mulai berubah warna menjadi merah kecoklat- coklatan, ciri- ciri beda yang terlihat dari tumbuhan saat memasuki musim gugur ialah tumbuhan mulai tampak layu dan kesegarannya menurun. Tumbuhan telah tidak tampak segar lagi laksana semula dan sebentar lagi bakal menggugurkan daunnya.

Artikel Terkait:  Materi Angin Tornado

4. Hawa terdiri dari 60% dingin dan 40% panas

Ketika musim gugur tiba, hawa udara yang terasa ialah dingin dan panas. Porsi hawa panas dan dingin lebih tidak sedikit hawa dingin. Hawa dingin lebih tidak sedikit yakni 60% dan hawa panas lebih tidak banyak yakni 40%. Meskipun selisih hawa dingin dan hawa panas ini melulu sedikit tetapi hal ini tetap berbeda. Namun terdapat pula sejumlah negara yang mempunyai musim gugur yang hangat.


5. Hewan- fauna mulai bersiap pulang sarangnya

Ciri- ciri beda datangnya musim gugur juga dapat kita lihat dari tingkah laku binatang, yakni saat binatang- hewan mulai pulang ke sarangnya. Hal ini menjadi pertanda bahwa musim gugur bakal segera tiba. Hal ini karena hewan kan bermigrasi saat musim dingin dan musim panas tiba, dan setelahnya bakal kembali lagi ke sarangnya.


6. Terkadang suasanya tampak lebih gelap

Pada ketika musim gugur, matahari tidak bercahaya secara maksimal seperti saat musim panas. Akibatnya, keadaan lebih tampak gelap tidak laksana musim panas biasanya.


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Berikut 6 Ciri-Ciri Musim Gugur Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: