Cara Menghindari Petir

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Menghindari Petir“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Cara-Menghindari-Petir

Petir ialah salah satu gejala alam yang seringkali muncul bersamaan dengan hujan. Petir muncul dampak adanya awan yang berisi muatan positif dan negatif, awan itu mempunyai lain potensial yang amat besar sehingga menyebabkan terjadinya pengasingan muatan negatif dari awan ke Bumi.

Muatan positif terbesar sedang di bagian atas awan, muatan negatif besar pada unsur tengah, dan muatan positif kecil ada di unsur bawah. Muatan-muatan itu ditemukan pada cucuran air, partikel es atau bahkan keduanya.

Tidak melulu itu saja, situasi udara yang mempunyai kandungan air tinggi menciptakan daya isolasi menurun atau pulang menjadi konduktor, sampai-sampai arus menjadi gampang mengalir.


Bahayanya Petir

Petir menjadi format bahaya cuaca dan terjadi dengan tingkat rata-rata 50 hingga dengan 100 debit per detik di semua dunia. Oleh sebab itu, diciptakanlah pencegah petir dan konduktor logam yang dipasang pada bangunan atau gedung tinggi guna mengayomi struktur dengan teknik mengalirkan arus petir masuk ke dalam tanah semaksimal mungkin.

Meskipun begitu, petir tetap dapat menyerahkan resiko kematian andai tersambar. Banyak korban terbius dan melalaikan bahaya petir. Kebanyakan dari mereka malah sedang melakukan kegiatan atau gerakan yang merangsang tersambar petir ke arahnya.

Artikel Terkait:  Materi Danau

Cara Menghindari Petir

Lalu apa saja yang dapat dilaksanakan untuk bisa menghindari sambaran petir? Mari disimak sejumlah tips inilah ini!


1. Jangan Pernah Berteduh Di Bawah Pohon

Saat hujan turun secara tiba-tiba, mayoritas orang akan berjuang mencari lokasi berteduh untuk mengayomi diri dari terpaan air hujan. Salah satu lokasi yang paling tidak sedikit menjadi pilihan ialah di bawah pohon khususnya pohon besar.

Nyatanya terdapat bahaya berteduh di bawah pohon ketika hujan terutama saat disertai dengan petir. Pohon menjadi media terbaik sebagai distributor petir diperbanyak kondisi yang tinggi menciptakan pohon menjadi target utama untuk petir. Apabila sedang sedang di tengah hutan usahakan berteduh di bawah pohon yang lebih pendek daripada sekitarnya.


2. Segera Berlindung Di Dalam Ruangan

Apabila mendengar suara guntur, tidak boleh pernah mengupayakan untuk pergi terbit dari ruangan. Awal awal terjadinya petir seringkali muncul kilatan cahaya lantas disusul dengan suara bergelegar di langit.

Jika telah begitu segera hentikan segala bentuk kegiatan di luar ruangan dan cepat menggali tempat perlindungan. Apabila darurat harus beralih tempat usahakan pakai kendaran atau transportasi tertutup laksana mobil dan bis guna menghindari dari sambaran petir yang bisa datang secara tiba-tiba.


3. Matikan Peralatan Elektronik

Semua perlengkapan elektronik baik yang sedang di dalam lokasi tinggal atau ruangan apapun, dapat merangsang sambaran petir sebab mempunyai aliran listrik di dalamnya. Untuk tersebut sangat dianjurkan untuk segera memutus aliran listrik dan tidak memakai alat elektronik apapun bilamana sedang terjadi hujan dan petir.


4. Tidak Ada Salahnya Mencabut Kabel Telepon

Mungkin beberapa dari anda tetap mempunyai telepon yang tersambung dengan kabel di rumah. Ada baiknya guna tidak memakai dan cabut terlebih dahulu kabel yang menghubungan telepon ketika hujan dan petir. Perlu diketahui andai saluran atau kabel telepon berisi bahan yang gampang menghantarkan aliran listrik dan bisa jadi besar dapat merangsang terjadinya sambaran oleh petir.

Artikel Terkait:  Nama Laut Di Indonesia

5. Hindari Tempat Yang Banyak Terdapat Air

Bagi peminat olahraga air laksana berenang sangat dianjurkan untuk berhenti saat sedang terjadi hujan dan petir. Segera terbit dari empang renang dan menjauh dari lokasi tersebut. Seperti yang anda ketahui air menjadi media terbaik untuk menyalurkan arus listrik.

Di samping berenang, beberapa kegiatan lain yang bersangkutan dengan air laksana memancing, mencuci, mandi dan beda sebagainya guna segera berhenti sebentar atau hingga petir tidak berlahiran lagi.


6. Gunakan Selalu Alas Kaki

Jangan sesekali mengupayakan untuk melepas alas kaki ketika petir sedang bergemuruh. Tanah yang basah sebab air hujan menjadi media terbaik untuk petir guna menghantarkan arus listrik bilamana petir jatuh di dekat wilayah anda berdiri.

Jangan memakai alas kaki yang ada besi di dalamnya. Sebaiknya pakai alas kaki berbahan plastik atau karet untuk meredam arus listrik bilamana sedang terjadi hujan yang disertai petir.


7. Jangan Pernah Berada Di Tempat Terbuka

Ada tidak sedikit tempat yang dapat menciptakan seseorang terpapar sambaran petir terutama lokasi terbuka. Petir memiliki sifat menggali objek tertinggi guna menghantarkan listriknya. Dan ketika berada di ruang terbuka, tubuh manusia ialah objek tertinggi sehingga gampang sekali guna tersambar petir.

Segera pergi menggali tempat perlindungan terdekat andai sudah mendengar suara gemuruh dari kejauhan. Dan bilamana sedang sedang di padang rumput, cari dataran yang lebih rendah dan posisikan badang guna berjongkok dengan kedua tangan menempel lutut dan kepala dijepit atau berada salah satu kedua tangan.


8. Lepas Aksesoris Yang Mengandung Logam

Aksesoris yang menempel pada tubuh khususnya berbahan logam ternyata bisa menjadi bahan distributor arus listrik bilamana sedang terjadi petir. Bagi menghindari urusan yang tidak diharapkan usahakan segara lepas seluruh aksesoris itu terutama bilamana sedang sedang di luar ruangan dengan situasi hujan dan petir, lantas masuk ke dalam bangunan atau lokasi berlindung yang aman.

Artikel Terkait:  Pengertian Pelapukan

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang 8 Cara Menghindari Petir , Bahayanya Beserta Penjelasannya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :