Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Sejarah yaitu Tentang “Candi Peninggalan Kerajaan Kediri“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Candi-Peninggalan-Kerajaan-Kediri

Kerajaan Kediri dapat disebut sebagai Kerajaan Panjalu atau Kerajaan Kediri. Kerajaan Kediri terletak di kota Daha dan didirikan pada 1042-1222. Wilayah ini lebih dikenal sekarang sebagai wilayah Kediri di Jawa Timur. Seperti halnya kerajaan di Indonesia pada umumnya, kerajaan ini juga memiliki warisan sejarah Kerajaan Kediri. Seperti apa bentuk kerajaan Kediri? Bentuk warisan Kediri mungkin dalam bentuk kuil, buku, dan prasasti.

Salah satu Peninggalan Kerajaan Kediri adalah buku terkenal, Buku Kresnayana. Lalu ada peninggalan yang cukup terkenal dari prasasti Kediri, prasasti dari jaring. Kategori warisan candi dari warisan Kerajaan Kediri dapat menjadi kuil revaluasi yang terkenal. Dalam diskusi ini, saya akan membagikan materi tentang candi peninggalan kerajaan Kediri.


Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Bentuk pertama dari peninggalan Kerajaan Kediri adalah candi. Candi budaya Kediri ini dibagi menjadi beberapa jenis dan dibagi menjadi beberapa wilayah yang berbeda. Nama-nama candi bersejarah Kerajaan Kediri adalah:


  1. Candi Gurah

Candi-Gurah

Warisan pertama Kerajaan Kediri adalah Kuil Gura. Warisan kediri ini terletak di Kabupaten Gurah, Kediri, Jawa Timur. Ukuran Kuil Guru adalah 9 x 9 m. Peninggalan bersejarah Kerajaan Kediri, seperti Kuil Gura, berada dekat dengan kuil-kuil lain dari Kerajaan Kediri. Penemuan Kuil Gurah terjadi pada tahun 1957 di tanah Bpk. Said. Namun pada saat itu, juga ditemukan beberapa patung dan bangunan lain.

Artikel Terkait:  Kongres Wina 1814-1815

  1. Candi Penataran

Candi-Penataran

Candi peninggalan Kerajaan Kediri berikutnya adalah candi Penataran. Warisan Kediri ini terletak di utara kota Blitar atau di lereng Gunung Kelud di barat daya. Di Jawa Timur, ada candi terbesar dan terindah, Candi Penataran. Selain itu, ada beberapa prasasti di sekitar bangunan Candi Penataran. Warisan sejarah Kerajaan Kediri dibangun pada abad ke 12 hingga 14 M menurut para peneliti. Konstruksi candi sudah ada sejak masa pemerintahan Raja Wikramawardhana, yaitu Raja Srengga. Candi Penataran memiliki struktur batu andesit dalam bentuk teras.

Warisan Kerajaan Kediri dalam bentuk Candi Penataran memiliki gaya Hindu. Pada saat itu, Raja Hayam Wuruk telah mengunjungi Kuil Penataran sebagai kuil suci untuk melakukan pemujaan Shiva terhadap Acalapan Hayang sebagai Girindra. Kuil Penataran juga disebut sebagai Kuil Palah. Di sekitar kompleks Candi Kediri ada sebuah prasasti Palah, yang dibangun pada 1194. Konstruksi dilakukan antara 1190 dan 1200 selama masa pemerintahan Kediri. Karena prasasti Palah ini, Candi Penataran memiliki nama lain, yaitu, Kuil Palah.


  1. Candi Tondowongso

Candi-Tondowongso

Ahli waris selanjutnya untuk Kerajaan Kediri adalah candi Tondowongso. Penemuan Kediri ini ditemukan pada 2007 di Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kediri, Jawa Timur. Candi Trondowongso memiliki bentuk dan gaya patung yang dibangun setelah penelitian sejak abad ke-9. Pada abad ini dikenal sebagai waktu prosesi awal di Polifoni Tengah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Namun pemerintah belum memperhatikan candi budaya bersejarah ini di Kediri, sehingga masih terlihat mengkhawatirkan.


  1. Candi Mirigambar

Candi-Mirigambar

Candi budaya berikutnya dari Kerajaan Kediri adalah Candi Mirigambar. Penemuan dari Kediri ini ditemukan di daerah desa Mirigambar, kabupaten Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur. Para ahli memperkirakan bahwa Candi bersejarah Kerajaan Kediri telah ada di Saka sejak 1214-1310. Candi Mirigambar memiliki struktur bangunan bata merah. Saat itu, pada tahun 1965, candi ini dilindungi oleh para pejabat desa Mirigambar, sehingga masih dapat dikunjungi hingga hari ini.

Artikel Terkait:  Sejarah Perang Vietnam

  1. Candi Tuban

Candi budaya berikutnya dari Kerajaan Kediri adalah Candi Tuban. Warisan Kediri hanya satu basis, jadi situasinya berlawanan dengan Kuil Mirigambar. Bahkan warisan sejarah kerajaan Kediri, seperti Candi Tuban, dimakamkan untuk pembangunannya. Kuil Tuban berjarak 500 meter dari Kuil Mirigambar.


Daftar Pustaka:

  1. Ari L, Dwi, dan Leo Agung. 2004. Sejarah Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Media Tama
  2. Heru P, Eko dkk. 2006. Sejarah Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : CV Sindhunata.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Sejarah Tentang 5 Candi Peninggalan Kerajaan Kediri, Penjelasan dan Gambar

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: