Batu Gabro

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Batu Gabro“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Batu-Gabro

Batuan adalah salah satu unsur yang terdapat di planet Bumi. Jenis-jenis batuan ada tidak sedikit sekali baik yang sedang di permukaan Bumi atau kerak Bumi maupun yang terkubur di dalam Bumi. Batuan memiliki tidak sedikit sekali jenis. Jenis- jenis batuan ini antara beda batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Kemudian ketiga jenis batuan itu masih bakal dibagi- untuk menjadi batuan lainnya.

Maka dari itulah anda mengenal ada tidak sedikit sekali batuan di Bumi ini. di antara jenis batuan yang terdapat di Bumi ialah batuan gabro. Mungkin dari anda ada yang sejumlah sudah pernah mendengar nama batuan ini, namun sejumlah lagi barangkali masih asing. Baiklah, pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai batu gabro, yakni tentang apa informasi dari batuan itu baik ciri- cirinya, proses pembentukannya maupun guna yang dimilikinya.


Apa Itu Batuan Gabro?

Gabro adalah jenis batuan beku intrusif yang mempunyai warna gelap dan tersusun atas kristal-kristal mineral yang berukuran kasar. Batu Gabro ini mempunyai warna gelap sebab mineral utama yang menyusunnya ialah jenis mineral plagioklas dan pun pirauksen. Batu gabro biasanya di dapati di dasar samudera atau kerak samudera. Dari pengertiannya, dapat anda ambil benang merah bahwa ciri- ciri batuan gabro antara lain:

  • Berwarna gelas, seringkali hitam atau hijau tua
  • Kasar, sebab terdiri atas kristal-kristal yang berukuran kasar
  • Biasa ditemukan di kerak samudera

Sekilas, batuan gabro ini serupa sekali dengan batu basalt. Hal ini sebab komposisi mineral pembentukannya yang serupa. Bedanya ialah batuan basalt mempunyai mineral penyusun yang ukurannya lebih kecil dikomparasikan dengan batuan gabro. Hal ini sebab batuan basalt lebih cepat merasakan proses pendinginan daripada batuan gabro, sampai-sampai mineral yang terbentuk pun bakal mempunyai ukuran yang lebih besar dikomparasikan dengan batuan basalt. Maklum saja, kedua batuan ini terbentuk dari proses pendinginan lava yang berasal dari dalam perut Bumi. Bagi lebih mengetahui pembentukan batuan gabro secara lebih jelas, ayo kita simak uraian inilah ini.

Artikel Terkait:  Dampak Positif dan Negatif Tektonisme

Proses Pembentukan Batuan Gabro

Proses pembentukan batuan berbeda- benda antara jenis batuan satu dengan yang lainnya. Hal ini pun tidak lepas dari yang namanya material pembentuk batuan tersebut. Seperti halnya batuan gabro yang terbentuk dari proses pendinginan lava atau magma yang terbit dari perut Bumi. Kebanyakan orang menyampaikan bahwa kerak samudera tersusun oleh batuan basal yang melimpah.

Namun tahukah kita bahwa ternyata batuan basalt yang sedang di dasar samudera tersebut melulu tipis, di bawahnya malah akan anda temukan kandungan batuan gabro yang melimpah. Lalu kenapa demikian?

Hal ini sebab di permukaan kerak samudera, lava akan merasakan pendinginan yang cepat maka dari itulah mineral yang terbentuk bakal berukuran kecil. Sementara di bawahnya, mineral bakal lebih cepat berkembang sebab proses pendinginan yang lambat. Hal berikut yang mengakibatkan terbentuknya batuan gabro, yakni sebab pendinginan lava atau magma yang melambat sampai-sampai memberikan peluang pada mineral guna berkembang.


Manfaat Batuan Gabro

Kita seluruh setuju sesungguhnya semua jenis batuan yang terdapat di Bumi memiliki guna yang besar guna manusia. demikian halnya dengan batuan gabro ini. batuan gabro pun memiliki guna yang besar untuk insan dalam kehidupan sehari- hari. sejumlah manfaat dari batuan gabro antara beda sebagai berikut:

  • Sebagai ubin lantai
  • Sebagai batu nisan
  • Facing stone
  • Sebagai base material construction yang berperan paling penting untuk bidang konstruksi
  • Gabro yang sudah dihancurkan dipakai dalam pembangunan jalan, kereta api dan pun landasan konstruksi bangunan.

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Batu Gabro adalah: Pengertian, Proses Beserta Manfaatnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Artikel Terkait:  Negara Nauru

Baca Juga :