Batu Diorit

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Batu Diorit“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Batu-Diorit

Batuan adalah salah satu unsur yang terdapat di planet Bumi. Batuan jenisnya ada tidak sedikit sekali baik yang sedang di kerak Bumi maupun yang terkubur di dalam Bumi. Batuan memiliki tidak sedikit sekali jenis. Jenis- jenis batuan ini antara beda batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Kemudian ketiga jenis batuan itu masih bakal dibagi- untuk menjadi btaun lainnya. Maka dari itulah anda mengenal ada tidak sedikit sekali batuan di Bumi ini. di antara jenis batuan yang terdapat di Bumi ialah batu diorit.

Mungkin dari anda ada yang sejumlah sudah pernah mendengar nama batu ini, namun sejumlah lagi barangkali masih asing. Baiklah, pada peluang kali ini anda akan membicarakan mengenai batu diorit, yakni tentang apa informasi dari batu itu baik ciri- cirinya, proses pembentukannya maupun guna yang dipunyai oleh batu diorit.


Pengertian Batu Diorit

Batu diorit adalah salah satu dari jenis batuan beku yang tersusun antara batu granit sampai batu gabro atau batu basalt. Batu diorit ini adalah batuan hasil intrusi yang terjadi di kerak benua baik secara dike maupun sill. Batu diorit ini biasanya terbentuk di atas lempeng konvergen dimana subduksi lempeng samudera menyusup ke bawah lempeng benua. Batu diorit ini adalah batuan beku yang kasar atau sedang. Batu diorit berwarna gabungan antara warna abu- abu dan pun warna hitam dan biasanya mempunyai corak tertentu yang nampak hitam putih.

Artikel Terkait:  Negara Yang Bahasanya Mirip Indonesia

Proses Pembentukan Batu Diorit

Semua batuan di bumi ini terbentuk sebab sebuah proses. Kebanyakan batuan terbentuk sebab material- material yang sedang di dalam bumi meluncur terbit dan lantas mengalami pembekuan (batuan yang terbentuk sebab proses ini disebut dengan batuan beku). Ada pula batuan yang terbentuk sebab perpindahan material dari satu lokasi yang berkumpul di lokasi baru dan seiring dengan berjalannya waktu lantas material- material itu membeku dan menyusun sebuah batu. urusan ini pun terjadi pada batu diorit dimana pembentukannya pun terjadi sebab sebuah proses. Beberapa proses terbentuknya batu diorit antara beda sebagai berikut:

  • “Partial melting” dari lempeng samudera bakal menghasilkan magma basaltik yang naik dan mengintrusi batuan granit yang terdapat di lempeng benua.
  • Terjadi proses difusi magma basaltik dan pun magma granit yang bakal naik di lempeng benua baik secara dike maupun sill.
  • Lelehan itu akan menghasilkan komposisi antara basalt dan granit
  • Lelehan ini bakal mengkristal secara lambat dan lantas membentuk batu yang dikenal dengan batu diorit.

Nah itulah sejumlah langkah proses terjadinya batu diorit. Dari uraian tersebut terlihat bahwa batu ini memiliki kesamaan dengan granit maupun basalt dan pun gabro. Lalu, apa sajakah guna yang dipunyai oleh batu diorit ini?


Manfaat Batu Diorit

Hampir seluruh jenis batuan di Bumi mempunyai manfaatnya masing- masing. Lalu, apakah guna yang dipunyai oleh batu diorit? Batu diorit lebih tidak sedikit digunakan dalam bidang bangunan. Beberapa guna yang dipunyai oleh batu diorit antara beda adalah:

  • Sebagai batuan ornamen dinding
  • Lantai bangunan gedung
  • Pengeras jalan
  • Sebagai pondasi bangunan
  • Sebagai gemstone atau batu yang dipakai sebagai perhiasan
Artikel Terkait:  Materi Cuaca

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Batu Diorit adalah: Pengertian, Proses Beserta Manfaatnya

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Juga :