Awan Cirrocumulus

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Awan Cirrocumulus“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Awan-Cirrocumulus

Setiap harinya anda pasti menyaksikan awan, baik di pagi atau senja hari. Di bumi ini awan ialah salah satu unsur yang urgen dalam kehidupan insan dan jenis-jenis awan itu sangatlah banyak. Awan sendiri bisa dijadikan sebagai pertanda cuaca, awan sebagai pelindung dari sinar matahari dan beda sebagainya. Berdasarkan tingkatannya, awan dipecah menjadi 4 tingkatan, yakni awan tinggi, awan sedang, awan rendah dan awan dengan pertumbuhan vertikal.

  • Keluarga Awan Tinggi – Keluarga awan ini bilamana berada di area tropis terletak salah satu ketinggian 6-18 km, andai berada di iklim sedang berada salah satu ketinggian 5-13 km dan bilamana berada di distrik kutub terletak salah satu ketinggian 3-8 km.
  • Keluarga Awan Sedang – Keluarga awan jenis ini bilamana berada di distrik tropis terletak salah satu ketinggian 2-8 km, andai di distrik iklim sedang berada salah satu ketinggian 2-7 km dan bilamana berada di distrik kutub terletak salah satu ketinggian 2-4 km.
  • Keluarga Awan Rendah – Keluarga awan ini terletak salah satu ketinggian tidak cukup dari 3 km.
  • Keluarga Awan dengan Perkembangan Vertikal – Keluarga awan ini terletak salah satu ketinggian 500-1500 m.

Pengertian Awan Cirrocumulus

Pada peluang kali ini anda akan membicarakan tentang awan cirrocumulus, dimana awan jenis ini masuk dalam kelompok keluarga awan tinggi. Dimana sebelumnya anda sudah membicarakan salah satu family awan tinggi yakni awan cirrus.

Artikel Terkait:  Fakta Hutan Amazon

Beberapa point tentang keterangan awan cirrocumulus ialah sebagai inilah :

  • Awan cirrocumulus ialah lapisan awan yang terlihat laksana ombak di pantai yang memiliki format bulat atau serpihan dan pun mempunyai warna putih yang berjajar atau berkelompok
  • Awan cirrocumulus memiliki format seperti terputus-putus dan terdiri atas kristal es sehingga menyusun seperti kelompok kambing tidak memunculkan bayangan
  • Awan cirrocumulus ialah awan kumpulan tinggi yang serupa dengan awan stratocumulus dan altocumulus, akan namun awan ini mempunyai bulatan-bulatan yang lebih kecil daripada kedua jenis awan itu jika disaksikan dari permukaannya.

Jadi awan cirrocumulus ialah awan yang memiliki format terputus-putus yang terdiri dari kristal es yang mempunyai bulatan-bulatan kecil yang lazimnya berwarna putih dan terlihat laksana sekelompok kambing serta tidak memunculkan bayangan.


Jenis Awan Cirrocumulus ( Cc )

Pada dasarnya masing-masing awan mempunyai jenis atau spesies tersendiri laksana yang dipunyai oleh awan cirrus. Dan awan cirrocumulus ini pun mempunyai jenis atau spesies tersendiri. Berikut ialah 4 jenis dari awan cirrocumulus :

  1. Cirrocumulus Stratiformis ( Cc-Str )

    Cirrocumulus Stratiformis ialah jenis awan yang hadir dengan ukuran yang paling kecil dan menutupi mayoritas langit. Jenis awan ini tergolong dalam awan yang mempunyai lapisan tipis. Awan ini mempunyai ruang atau friksi diantara setiap awan yang berada dalam lapisan. Awan ini berada di elevasi 6000 m.

  2. Cirrocumulus Lenticularis ( Cc-Len )

    Cirrocumulus Lenticularis ialah adalah awan bertekstur halus yang memiliki format seperti lensa atau almond. Awan ini seringkali terbentuk di puncak gelombang atmosfer, dimana sejumlah diantaranya dapat dilihat oleh mata. Awan jenis ini penyebarannya tertata dan memanjang. Awan ini terbentuk saat udara yang stabil beranjak keatas (menguap) dan seringkali dikarenakan oleh hal orografis, bakal tetapi seringkali terjadi di wilayah pegunungan dan berada di elevasi 6000 m.

  3. Cirrocumulus Castellanus ( Cc-Cas )

    Cirrocumulus Castellanus ialah jenis awan yang memiliki format seperti menara tetapi susunannya bulat yang terjadi saat uap air naik dari masing-masing garis awan ataupun dari lapisan awan. Munculnya awan ini menandakan bahwa di atmosfer sudah terjadi ketidakstabilan. Awan ini terbentuk saat kondensasi terjadi di dasar awan yang mengakibatkan pemanasan didalamnya. Hal ini mengakibatkan udara bakal naik dari dasar awan, dan bilamana udara sudah naik ke awan maka kondensasi tidak bakal stabil lantas terbentuklah awan ini.

  4. Cirrocumulus Floccus ( Cc-Flo )

    Cirrocumulus Floccus ialah jenis awan yang berbentuk helai kecil dengan ekor awan yang berbentuk bulat, tetapi bagian dasarnya kasar. Awan ini sama laksana jenis cirrocumulus castellanus yang menandakan bahwa sudah terjadi ketidakstabilan di lapisan atmosfer pada tingkatan awan. Awan ini pun dapat terbentuk dari awan cirrocumulus castellanus, dimana kondisinya sudah berevolusi sesudah dasar awan pribumi menghilang.


Karakteristik Awan Cirrocumulus

Setiap awan tidak jarang kali mempunyai ciri-ciri tersendiri dan berikut ialah penjelasan tentang bentuk, fisis dan ciri khas dari awan cirrocumulus


1. Bentuk atau Wujudnya

Pada lazimnya awan tidak jarang kali memiliki format yang menarik dan karakteristik masing-masing yang tidak dipunyai oleh awan lainnya. Bentuk dari awan cirrocumulus seringkali berupa lensa atau perca atau laksana biji-bijian yang pusarannya tidak cukup dari 1 derajat. Awan ini tipis dan berwarna putih serta mempunyai bayangan.

Di muka bumi ini awan cirrocumulus tidak jarang terlihat laksana serpihan-serpihan kecil atau massa bulatan ayang yang paling kecil. Penyebarannya pun paling teratur dan bilamana dicermati bakal terlihat laksana sisik ikan. Dimana penyebarannya yang tertata inilah semua pelaut tidak jarang menyebutnya sebagai langit Macharel.


2. Fisisnya

Pada dasarnya awan cirrocumulus terdiri dari kristal-kristal es dan mempunyai tetes-tetes air yang dingin atau tidak jarang disebut sebagai super cooled droplets yang mempunyai sifat gampang membeku. Namun, pada lazimnya awan ini jarang sendiri, seringkali bercampur dengan awan cirrus ( Ci ) atau awan cirrostratus ( Cs ). Apabila Cc beberapa besar lebih banyak dari Cs dan Ci, maka CH=9.


3. Karakteristik

Karakteristik dari awan cirrocumulus ialah sebagai inilah :

  • awannya tipis
  • berbentuk perca-perca berwarna putih
  • terputus-putus dan sarat kristal es
  • lapisan tanpa bayangannya terdiri dari elemen-elemen yang kecil berbentuk laksana biji
  • biasanya mengumpul atau memencar
  • susunannya teratur
  • mempunyai umur yang singkat dan dapat pulang menjadi cirrostratus
  • terkadang dapat bercampur dengan salju

Setelah memahami tentang awan cirrocumulus, betapa baiknya kita pun perlu mengetahui kenyataan menarik dari awan. Berikut diantaranya ialah :

  • awan yang terbentuk di tanah dinamakan dengan kabut
  • yang tampak di langit dapat jadi efek dari pesawat terbang, awan ini dinamakan centrail
  • meski tampak mengambang, tetapi awan cumulus tunggal beratnya menjangkau ratusan ton
  • planet-planet beda yang pun mempunyai atmosfer pun mempunyai awan laksana planet Venus, Jupiter dan Saturnus

Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Awan Cirrocumulus adalah: Pengertian, Jenis dan Karakteristik

Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


Baca Artikel Lainnya: